Guru Belajar Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)

Guru Belajar Seri PPPK - Apa itu program Guru Belajar seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)? Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru Non PNS dalam memahami tujuan pembelajaran mandiri calon Guru PPPK.

Program ini merupakan salah satu Program Guru Belajar Multi Seri yang terdiri dari seri Pendidikan Keterampilan Hidup, seri Asesmen Kompetensi Minimum, seri Pendidikan Inklusif dan seri Masa Pandemi Covid-19.


Program Guru Belajar Seri PPPK adalah Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan Kompetensi guru dalam beradaptasi dan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Atau, program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru Non PNS dalam memahami tujuan pembelajaran mandiri calon Guru PPPK.




Tujuan Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja



  1. Guru mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal yang membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.
  2. Guru mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, ringkas).
  3. Guru mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilannya.


Tahapan Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja



1. Tahap 1 (Orientasi). Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai tantangan belajar mandiri, tujuan, manfaat, dan alur sistem belajar mandiri calon Guru PPPK, penjelasan pentingnya komunitas pembelajaran, penjelasan teknis dan penggunaan sistem bahan belajar mandiri.


2. Tahap 2 (Fasilitasi Calon Guru PPPK). Pada tahap ini peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.

3. Tahap 3 (Try-Out). Membiasakan calon guru PPPK mencoba soal-soal sesuai bidang studinya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman substansi materi sesuai bidang studinya.


Yang Didapatkan Peserta Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja



  1. Pengalaman belajar yang seru.
  2. Pengalaman belajar bersama sesama guru.
  3. Lebih siap menghadapi seleksi guru PPPK.


Yang Bisa Menjadi Peserta Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja



  1. Semua guru non PNS.
  2. Telah memiliki Akun SIMPKB. Bagi Guru yang belum memiliki Akun SIMPKB, Sinau-Thewe.com telah menyediakan informasi tentang Cara Mendapatkan Akun SIMPKB Bagi PTK Baru Tahun 2020/2021.


Jadwal Pelaksanaan



Untuk jadwal pelaksanaan belum tercantum secara rinci, meskipun demikian berikut ini adalah gambaran Jadwal Pelaksanaan Program Berdasarkan Tahapannya :
  1. Orientasi
  2. Fasilitasi Calon Guru PPPK
  3. Try-Out
Guru Belajar Seri PPPK belum dibuka sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga Bapak/Ibu Guru yang akan mengikuti Guru Belajar Seri PPPK belum bisa melakukan login. Diharapkan untuk memantau perkembangan secara berkala pada laman https://portal-belajar.simpkb.id/.

Demikian informasi tentang Guru Belajar Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) yang dapat Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Guru Belajar Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel