Jadwal Asesmen Nasional Diundur dan Contoh Soal AKM

Asesmen Nasional 2021 - Dalam rapat kerja Mendikbud dengan Komisi X DPR RI yang di selenggarakan secara virtual pada hari Rabu, Tanggal 20 Januari 2021, Mendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021.

Asesmen Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan mulai Bulan Maret 2021, diundur menjadi Bulan September sampai dengan Bulan Oktober 2021. Beberapa alasan yang disampaikan oleh Mendikbud terkait mundurnya jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional adalah :
  • Memastikan persiapan logistik serta infrastruktur.
  • Mempersiapkan protokol kesehatan yang lebih optimal.
  • Waktu yang masih tersisa bisa digunakan untuk mensosialisasikan dan berkoordinasi lebih masif dengan pemerintah daerah mengenai pelaksanaan AN.

Mendikbud juga menegaskan bahwa Asesmen tetap perlu dilaksanakan agar bisa menghitung learning loss dan mengetahui Satuan Pendidikan yang membutuhkan bantuan Kemendikbud. Selain itu, digunakan untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19




Berikut rincian jadwal Asesmen Nasional yang baru:


  • Bulan Maret - April 2021 digunakan untuk koordinasi, sosialisasi dan pelaksanaan teknis persiapan Asesmen Nasional.
  • Bulan April - Agustus 2021 akan dilaksanakan Simulasi Asesmen Nasional di Satuan Pendidikan.
  • Bulan September - Oktober 2021 dilaksanakan Asesmen Nasional
  • Bulan Desember pengumuman Asesmen Nasional.


Dalam rapat tersebut, Mendikbud juga mengatakan bahwa Asesmen Nasional tidak sama dengan Ujian Nasional (UN), baik dari sisi fungsi maupun substansi. Asesmen Nasional dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan, serta memperbaiki sistem Pendidikan Dasar dan Menengah.

Seperti diketahui bersama bahwa Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


AKM diikuti oleh peserta didik, dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Sedangkan Survei Karakter diikuti oleh peserta didik dan guru, untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai -nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh kepala satuan Pendidikan, untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Sebagai sumplemen tambahan pengetahuan tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Asesmen dan Pembelajaran menyediakan Soal AKM Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Dimana contoh soal tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar oleh Peserta Didik, Guru maupun Satuan Pendidikan untuk dapat di Implikasikan Pada Pembelajaran.

Demikian informasi tentang Jadwal Asesmen Nasional Diundur dan Contoh Soal AKM yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jadwal Asesmen Nasional Diundur dan Contoh Soal AKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel