Jadwal, Materi & Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Program Guru BelajarGuru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Kegiatan ini berisi serangkaian kegiatan pembelajaran secara mandiri melalui program pembelajaran otomatisasi dengan alokasi waktu selama 32 jam pertemuan yang dapat diatur secara fleksibel.

Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum disusun dengan memadukan tahapan dan pendekatan modular yang memfasilitasi peserta melakukan personalisasi pembelajaran. Selain itu, program ini dapat mendorong guru untuk saling belajar dengan guru yang lain dalam hal berbagi praktik baik pembelajaran. Selamat belajar!




Apa itu Program Guru Belajar?



Adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Program Guru Belajar yang dapat diikuti setelah Seri Pandemi Covid-19, Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH), dan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Seri Pendidikan Inklusif.

Bimtek Guru Belajar Seri AKM dilaksanakan selama 5 hari dimana Bimtek Angkatan 1 dilaksanakan pada tanggal 4 - 8 Januari 2021 yang di ikuti oleh Guru pada Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK di seluruh Indonesia.

Satu syarat agar dapat mengikuti program Guru Belajar Seri AKM yaitu wajib memiliki Akun SIM PKB. Karena kegiatan ini murni dilakukan secara daring melalui Akun SIM PKB milik Guru yang bersangkutan.




Sebelum mengikuti Bimtek Guru Belajar Seri AKM, ada dua tahapan yang wajib di ikuti terlebih dahulu oleh Guru yaitu Orientasi Bimtek dan Mengerjakan Soal Pra Bimtek.

Pada tahap Orientasi Bimtek Guru Belajar Seri AKM, Guru akan menyimak sebuah video yang berisi paparan yang di lakukan oleh Kemdikbud yang kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan soal pra bimtek sebanyak 30 butir soal pilihan ganda.

Soal ini tidak mempengaruhi kelulusan, soal ini hanya digunakan untuk mengukur kompetensi dasar pengetahuan Guru sebelum mengikuti Bimtek Guru Belajar Seri AKM.




Materi Bimtek Guru Belajar Seri AKM



Secara umum, Bimtek Guru Belajar seri AKM terdiri dari 8 materi, antara lain :
  1. Orientasi Guru Belajar Seri AKM terdiri dari 3 Topik dan 1 Quiz
  2. Pengantar Program Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari 2 Topik dan 1 Quiz
  3. Konsep Asesmen Nasional 6 Topik dan 2 Quizzes
  4. Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional terdiri dari 5 Topik dan 2 Quizzes
  5. Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD terdiri dari 6 topik dan 2 Quizzes
  6. Asesmen Numerasi Tingkat SD teridiri dari 6 Topik dan 2 Quizzes
  7. Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari 8 Topik dan 2 Quizzes
  8. Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri 1 Topik dan 1 Quiz

Pada materi ke-8, Guru akan melaksanakan Post Test Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM yang terdiri 1 Topik dan 1 Quiz, dan apabila pada nilai Quiz tidak mencapai KKM maka Guru akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai. 




Catatan :
"Asesmen pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Ini adalah tahap akhir dari program, yaitu asesmen pasca program. Anda akan menjawab serangkaian soal yang terdiri atas 30 soal pilihan ganda dan membandingkannya dengan hasil pencapaian Anda pada tahap asesmen pra program. Jika pencapaian Anda masih dibawah 70%, Anda diberi kesempatan 2 (dua) kali untuk mengulang kembali asesmen pasca program ini. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengulangi kembali materi dalam topik-topik bimtek, sesuai kebutuhan Anda".

"Ingat, Anda hanya mempunyai dua (2) kali kesempatan untuk mengulang asesmen pasca. Apabila semua kesempatan sudah diambil dan pencapaian Anda masih dibawah 70%, maka Anda akan dinyatakan tidak lulus. Meski tidak lulus pada angkatan sekarang, Anda tetap dapat mengikuti ulang pada angkatan berikutnya. Selamat bekerja dan melanjutkan ke tahapan pengimbasan".




Jadwal Guru Belajar Seri AKM



A. Pendaftaran : Mendaftar dengan memilih jadwal Bimtek yang tersedia 22 Desember 2020 - 23 Februari 2021

B. Jadwal Bimtek
  • Angkatan 1 Tanggal 4-8 Januari 2021
  • Angkatan 2 Tanggal 9-13 Januari 2021
  • Angkatan 3 Tanggal 14-18 Januari 2021
  • Angkatan 4 Tanggal 19-23 Januari 2021
  • Angkatan 5 Tanggal 24-28 Januari 2021
  • Angkatan 6 Tanggal 29 Januari - 2 Februari 2021
  • Angkatan 7 Tanggal 3-7 Februari 2021
  • Angkatan 8 Tanggal 8-12 Februari 2021
  • Angkatan 9 Tanggal 13-17 Februari 2021
  • Angkatan 10 Tanggal 18-22 Februari 2021
  • Angkatan 11 Tanggal 23-27 Februari 2021

C. Pengimbasan : Semua Angkatan Tanggal 9 Janauri - 27 Februari 2021


Materi Bimtek Guru Belajar Seri AKM dapat di Unduh Disini.


Demikian informasi tentang Jadwal, Materi & Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jadwal, Materi & Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel