RPP Blended Learning SD Kelas 3

Contoh RPP Blended Learning SD - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), merupakan aspek penting seorang guru di dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Berbagai teknik pembelajaran perlu ditingkatkan di dalam mengikuti suatu perkembangan jaman.

Apalagi ditengah pandemi dimana seluruh pembelajaran tidak bisa 100% menggunakan sistem tatap muka, sehingga perlu dirumuskan suatu Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang mengakomodir baik sistem daring maupun sistem pembelajaran tatap muka yaitu RPP berbasis  Blended Learning.

RPP Blended Learning adalah RPP yang mencampurkan sistem tatap muka dengan sistem daring sehingga tercipta formula yang tepat dari rencana pembelajaran yang sesuai dengan situasi pandemi.

Dengan kata lain, pembelajaran berbasis blended learning adalah pembelajaran yang mengkombinasi strategi penyampaikan pembelajaran menggunakan kegiatan tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline), dan komputer secara online (internet dan mobile learning).




Langkah-Langkah Merancang RPP Blended Learning



Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, ketika hendak menyusun perencanaan pembelajaran inovatif Blended Learning yaitu :
1. Menentukan model “blended learning” yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, fasilitas belajar, ketersediaan akses terhadap teknologi, durasi jam pelajaran, dan penguasaan aplikasi teknologi e-learning oleh guru.

2. Menyusun rencana pembelajaran inovatif “blended learning” yang mencakup kegiatan: 
  • Menentukan tema pembelajaran, menuliskan kembali: identitas RPP, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dari RPP konvensional ke dalam RPP “blended learning”.
  • Menganalisis rumusan tujuan pembelajaran yang ada pada RPP konvensional sebelum dituangkan ke dalam RPP “blended learning”.
  • Menentukan metode penilaian dan kegiatan pembelajaran “blended learning” untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menganalisis kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada RPP (konvensional) yang telah dibuat sebelumnya dan menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran “Blended Learning”.

3. Menyiapkan bahan, alat/media, dan sumber belajar tatap muka dan daring.


Unduh RPP Blended Learning Kelas 3 SD



Sebagai media berbagi informasi pendidikan, pada kesempatan yang baik ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh RPP Blended Learning Kelas 3 SD/MI Tahun Pelajaran 2021/2022. RPP ini dapat digunakan sebagai acuan Bagi Bapak / Ibu yang akan menyusun RPP Blended Learning.

Bagi Bapak / Ibu yang menginginkan, silahkan klik tautan berikut ini :


Demikian informasi tentang RPP Blended Learning SD Kelas 3 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP Blended Learning SD Kelas 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel