Materi & Buku B. Indonesia Kelas 1 SD Sekolah Penggerak

Buku Siswa & Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 1 Pada Kurikulum Merdeka / Sekolah Penggerak - Kurikulum Merdeka memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya.

Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyediakan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku Teks Siswa dan Guru Kurikulum Merdeka ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.




Materi Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka



Materi pada buku ini mengembangkan kecakapan menyimak, membaca dan mengamati, berbicara, berdiskusi dan mempresentasikan, serta menulis awal peserta didik kelas satu.

Melalui kegiatan yang menyenangkan dapat menanamkan kebiasaan membaca. Dengan membacakan buku dan mendongengkannya setiap hari, para peserta didik akan mencintai bacaan. Tentunya, guru perlu memilihkan sumber bacaan bermutu yang sesuai dengan daya konsentrasi dan kemampuan membaca mereka.

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka membahas 8 (delapan) bab, yaitu :
  1. Bab 1 : Bunyi Apa?
  2. Bab 2 : Ayo Bermain!
  3. Bab 3 : Awas Kuman!
  4. Bab 4 : Aku Bisa!
  5. Bab 5 : Teman Baru
  6. Bab 6 : Berbeda itu Tak Apa
  7. Bab 7 : Aku Ingin
  8. Bab 8 : Di Sekitar Rumah


Download Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka



Profil Pelajar Pancasila yang menjadi dasar penyusunan buku Bahasa Indonesia ini dirumuskan sebagai berikut, “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Profil Pelajar Pancasila merumuskan enam karakter sebagai dimensi kunci yang saling terkait dan menguatkan. Keenam dimensi itu adalah :
  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Mandiri;
  3. Bernalar kritis;
  4. Kreatif;
  5. Bergotong-royong; dan
  6. Berkebhinekaan global.

Enam dimensi tersebut menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya berfokus kepada kemampuan kognitif, namun juga kepada sikap dan perilaku yang sesuai dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Profil Pelajar Pancasila telah merangkum kompetensi yang dibutuhkan peserta didik untuk menjelang tantangan abad ke-21. Enam dimensi tersebut diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Buku Siswa dan Buku Guru. Bagi yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Materi & Buku B. Indonesia Kelas 1 Sekolah Penggerak yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi & Buku B. Indonesia Kelas 1 SD Sekolah Penggerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel