Cara Mengatasi Penghapusan Akun Belajar.id

Penghapusan Akun Belajar.id karena Pemutakhiran Data - Melalui akun Belajar.id, pengguna (Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dapat menikmati layanan / fasilitas belajar secara elektronik yang disediakan oleh Kemendikbudristek. Meskipun demikian, ternyata akun Belajar.id memiliki batas waktu penggunaan. Artinya pengguna tidak bisa secara terus-menerus menggunakan akun Belajar.id.

Penonaktifan akun Belajar.id akan dilakukan secara otomatis apabila pengguna tidak lagi terdaftar dalam Satuan Pandidikan / Sekolah pada Aplikasi Dapodik dengan beberapa kategori sebagai berikut :
  • PTK berpindah ke jenjang yang berbeda.
  • Data di Dapodik tidak ada, misal karena sekolah ditutup.
  • PTK berhenti bekerja (misal karena pensiun, mengundurkan diri, pemecatan, atau meninggal dunia).
  • Peserta Didik berpindah sekolah atau naik jenjang ke bentuk pendidikan di luar cakupan Kemendikbudristek (misal dari SMA ke MA).

Jika pengguna akun Belajar.id termasuk dalam salah satu kategori di atas, maka Kemendikbudristek akan menginformasikan melalui email bahwa sistem akan secara otomatis menghapus akun Belajar.id setelah 30 hari dari email notifikasi ini dikirim.

Jadi, sebelum akun Belajar.id dihapus, pastikan telah memindahkan data Gmail, Google Drive dan Google Classroom dari akun lama Anda menggunakan Google Takeout Transfer.




Pengguna Akun Belajar.id yang Berpindah Jenjang


Khusus bagi Pengguna akun Belajar.id yang berpindah jenjang, terdapat dua hal penting sebelum mengajukan akun Belajar.id yang baru :
  • Anda akan mendapatkan akun Belajar.id di jenjang baru, maksimal 3 hari setelah email notifikasi penghapusan dikirim melalui email. Kemudian silahkan lakukan pengecekan akun di laman Belajar.id menggunakan NPSN jenjang baru.
  • Jika Anda memiliki akun SIMPKB atau sudah menautkan Akun Belajar.id di SIMPKB, silahkan hapus tautan akun lama Anda dan tautkan kembali dengan akun baru Anda.


Tips Mengatasi Penghapusan Akun Belajar.id



Notifikasi penghapusan akun Belajar.id juga merambah pada pengguna yang status datanya masih aktif di Dapodik (tidak mutasi, tidak berhenti bekerja ataupun tidak pindah jenjang). JIka ada pengguna yang mengalami hal tersebut, pengguna dapat melaporkan kendala tersebut melalui tombol "Butuh Bantuan" dengan menyertakan :
  • NIK
  • NUPTK
  • Screenshot (tangkapan layar) data profil pengguna di Dapodik beserta informasi/keterangan tanggal terakhir pengguna melakukan Sinkronisasi Dapodik.

Catatan : Disarankan pengguna melakukan Sinkronisasi data Dapodik dengan sambungan internet dahulu sebelum mengambil screenshot (tangkapan layar), agar penginputan / perubahan data yang pengguna lakukan di Dapodik dapat terbaca oleh sistem belajar.id.


Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Penghapusan Akun Belajar.id Melalui Email yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Penghapusan Akun Belajar.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel