Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Unduh Perangkat Ajar Mapel PPKn Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka - Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Penguatan kompetensi tersebut ditanamkan melalui proses pembelajaran, dimana guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai Perangkat Ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Perangkat Pembelajaran atau Perangkat Ajar adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan Pendidik dan Peserta Didik melakukan kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 7 yang digunakan sebagai pegangan bagi Guru/Pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam Kurikulum Merdeka ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek ini tidak bertujuan untuk mencapai target Capaian Pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.




Download Perangkat Pembelajaran Kelas 7 SMP Mata Pelajaran PPKn Kurikulum Merdeka



Perangkat Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka berisi berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) yang berisi :
  • Kalender Pendidikan / Kaldik
  • Program Tahunan / Prota
  • Program Semester / Prosem PPKn
  • Capaian Pembelajaran / CP PPKn
  • Alur Tujuan Pembelajaran / ATP PPKn
  • Modul Ajar PPKn
  • Buku Pegangan Guru & Siswa Mapel PPKn

Pada Capaian Pembelajaran dikenal istilah fase, Fase A, B, dan C diperuntukkan bagi sekolah dasar, fase D untuk SMP, dan Fase E untuk kelas X SMA/SMK sedangkan kelas XI dan XII menggunakan Fase F. Adanya dua fase pada SMA/SMK dikarenakan adanya peminatan sehingga struktur kurikulum pada kelas XI dan XII menjadi berbeda.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secarfa sistematis dan logis berdasarkan urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir sebuah fase. ATP memuat kompetensi, konten, dan variasi.

Sedangkan Modul Ajar atau RPP pada dasarnya mirip, hanya saja pada Kurikulum Merdeka Modul Ajar tersebut dilengkapi materi, lembar aktivitas siswa, hingga evaluasi untuk mengukur ketercapaian.

Sebagai media berbagi, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Perangkat Ajar Matematika Kelas 7 Jenjang SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Bagi yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel