Juknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) Tahun 2023

POS Ujian Sekolah (US) SD,SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2022/2023Pengelolaan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada saat ini telah mengalami berbagai perubahan yang sangat signifikan. Dinamika pendidikan sangat dirasakan oleh semua insan pendidikan, perubahan dan penyempurnaan regulasi yang menyangkut Standar Nasional Pendidikan.

Penyempurnaan regulasi tersebut berimbas pada beberapa regulasi lain yang juga disempurnakan seperti Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Pelayapan Minimal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Implementasi Kurikulum.

Dalam hal mendukung regulasi sistem pendidikan, Satuan Pendidikan cukup dengan mendorong tumbuhnya praktik pebelajaran yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh dengan memberikan keleluasaan untuk berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik.




Regulasi tersebut tidak hanya dalam proses belajar mengajar, namun juga evaluasi. Ujian Sekolah (US) merupakan salah satu evaluasi yang dilaksanakan seutuhnya oleh satuan pendidikan salah satu syarat kelulusan peserta didik.

Perlu diketahui bahwa Kemendikbud memberikan kebebasan kepada penyelenggara Ujian Sekolah yang dalam hal ini Satuan Pendidikan untuk memilih jenis atau bentuk Ujian Sekolah yang dikehendaki. Bentuk Ujian Sekolah antara lain :
  • Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh siswa dalam bentuk penghargaan, hasil lomba dan sejenisnya.
  • Penugasan kepada siswa.
  • Tes yang dilaksanakan secara daring atau luring.
  • Bentuk lain yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah dengan mengacu pada azas penilaian.

Agar penyelenggaraan Ujian Sekolah dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan akuntabel maka diperlukan Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang mengacu pada regulasi yang berlaku dan memperhitungkan tingkat akseptabilitas yang secara proporsional dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait.

POS Ujian Sekolah mengatur secara teknis terhadap penyelenggaraan ujian dimana didalamnya terdapat beberapa lampiran yang tidak dapat dipisahkan. Lampiran tersebut terdiri atas :
  • SK Panitia Ujian Sekolah
  • Daftar Peserta Ujian Sekolah
  • Jadwal Ujian Sekolah
  • Denah Tempat Duduk Peserta Ujian Sekolah
  • Denah Ruang Ujian Sekolah
  • Tanda Bel Ujian Sekolah
  • Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah
  • Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah
  • Pakta Integritas Penyelenggaraan Ujian Sekolah

Untuk membantu Satuan Pendidikan dalam menyusun POS Ujian Sekolah, Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Contoh Panduan Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dapat diunduh pada tautan berikut :


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website.


Demikian informasi tentang Juknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) Tahun 2023 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Juknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) Tahun 2023"

  1. Mksh refrensinnya, sangat bermnfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak, terimakasih telah berkenan berkunjung.

      Delete
  2. Terimakasih referensinya, minta izin ...sedot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kakak, terima kasih telah berkenan berkunjung.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel