Rangkuman Seni Musik Kelas 7 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Seni Musik Kelas 7 Unit 1 "Bernyanyi Solo" Kurikulum Merdeka - Capaian Pembelajaran Unit 1 ini yaitu antara lain peserta didik dapat dengan baik menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi musik khususnya vokal. Mengidentifikasikan, menyimak dan memainkan karya-karya musik (bernyanyi) dengan beragam era dan style/gaya.

Mendapatkan pengalaman dan berharga bagi perbaikan dan kemajuan diri sendiri secara utuh dan bersama. Menjalani kebiasaan yang baik dalam berkegiatan musik serta mendokumentasikan musik secara audio dan video dengan cara yang sederhana.




Rangkuman Materi Seni Musik Kelas 7 Unit 1 Kurikulum Merdeka


A. Kegiatan Pembelajaran 1 Siapakah Idolamu?


Di dalam penilaian lomba menyanyi ada beberapa kriteria penilaian yang biasanya digunakan seperti teknik vokal (intonasi, teknik pernafasan, resonasi, artikulasi, dan lain lain), interpretasi (penguasaan musik & genre musik, penghayatan, akting), dan penampilan (kepercayaan diri, tata rias rambut, wajah dan busana, penguasaan dan aksi panggung).


B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Berlatih Teknik Vokal


1. Postur Tubuh Saat Bernyanyi

Perlu diingat bahwa tubuh adalah instrumen musik anda. Postur bernyanyi yang benar memungkinkan napas mengalir dengan bebas ke seluruh rentang vokal Anda. Membungkuk membatasi napas dan mempengaruhi nada suara Anda.

Inilah yang harus dilakukan oleh masing- masing bagian tubuh Anda:
a. AO Joint: Keseimbangan kepala Anda terletak pada sendi ini (sendi Atlanto Occipital).
b. Leher: merupakan bagian dari tulang belakang. Rileks dengan bagian tulang belakang lainnya dengan menjulurkannya agak ke depan.
c. Bahu: tidak boleh bergerak saat bernyanyi. Jangan berdiri tegak dengan kaku! Sebaliknya, angkat bahu Anda ke posisi yang santai dan netral.
d. Lengan: Saat Anda tidak sedang memberi isyarat, rilekskan lengan di samping tubuh.
e. Torso: Bagian tubuh utama Anda berisi paru-paru Anda, bersama dengan banyak otot yang membantunya bekerja.
f. Pinggul: Posisikan pinggul Anda tepat di bawah batang tubuh Anda sehingga dapat memberikan dukungan yang maksimal.
g. Lutut: Lutut Anda agar tidak tertekuk atau terkunci.
h. Kaki: Kaki harus terpisah selebar bahu, dan salah satu kaki berada sedikit di depan kaki lainnya untuk memudahkan mengatur keseimbangan dan gerakan tubuh.


2. Teknik Pernafasan

Manusia memiliki tiga jenis pernapasan yang dapat digunakan yaitu:
a. Pernapasan Dada. Pernapasan ini menggunakan rongga dada dalam menampung udara dengan mengembangkan dan mengempiskan paru-paru.
b. Pernapasan Perut. Teknik ini memanfaatkan rongga perut untuk menampung udara.
c. Pernapasan Diafragma. Dalam dunia teknik olah vokal, pernapasan diafragma adalah teknik pernapasan yang paling baik. Untuk melakukan pernapasan diafragma, maka kita akan menggunakan dua rongga utama untuk menyimpan udara yaitu rongga dada dan rongga perut.

Langkah-langkah teknik pernapasan diafragma :
a. Duduk di lantai keadaan rileks
b. Letakkan satu tangan di perut Anda dan satu lagi di dada Anda.
c. Hirup udara lewat hidung dalam 2 detik, pergerakan tangan pada dada lebih sedikit dibandingkan dengan yang di perut.
d. Keluarkan udara dalam dua detik melalui mulut yang sedikit terbuka hingga perut mengempis.
e. Lakukan hingga 10 kali dengan kondisi bahu yang lemas dan posisi punggung yang tegak.


3. Teknik Vokal

Beberapa teknik vokal yang perlu diketahui:
a. Artikulasi. Artikulasi adalah cara pengucapan kata dan huruf dengan baik dan benar.
b. Intonasi. Intonasi adalah ketepatan suatu nada (pitch). Intonasi merupakan kemampuan vokal untuk mencapai tinggi rendah nada secara tepat (on pitch).


4. Vokalisi

Vokalisi merupakan pemanasan yang dilakukan sebelum bernyanyi dengan nada-nada tertentu dengan bersenandung (humming) atau pengucapan huruf vokal/ konsonan.


C. Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Terus Berlatih


1. Register Suara

Register suara merupakan pembagian wilayah suara didasari oleh resonansi, timbre, sumber suara, dan tinggi rendahnya nada suara. Macam-macam register suara pada manusia:
a. Suara asli/Chest Voice (Suara Dada) adalah hasil suara yang terjadi di ruang resonansi pada rongga mulut dan dada. Chest Voice merupakan suara asli yang terjadi saat kita bernyanyi dan berbicara.
b. Suara Tengah/Middle Voice adalah suara yang berada antara head voice dan chest voice.
c. Suara Kepala/Head Voice adalah suara dari resonansi di rongga hidung dan kepala. Umumnya terdengar pada anak-anak, pria remaja dan wanita. Sifatnya nyaring, ringan, lembut, dan merdu.
d. Suara Palsu/Falsetto merupakan head voice yang resonansinya tidak mencapai rongga hidung/kepala. Pada umumnya falsetto hanya dimiliki oleh pria dewasa yang memiliki jakun karena pria dewasa memiliki jakun yang menghalangi kotak suara mencapai rongga hidung.

2. Jenis-jenis Suara (Wilayah Suara)

Setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda karena anatomi tubuh setiap orang adalah khas dan unik, pasti bisa membedakan mana suara penyanyi A atau mana suara penyanyi B berdasarkan karakter vokalnya.

Defenisi Wilayah Suara
a. Sopran adalah jangkauan tertinggi dari jenis suara wanita.
Karakteristiknya:
Rentang: Biasanya di C Tengah hingga G Tinggi, meskipun beberapa soprano
dapat bersuara jauh melampaui C Tinggi dan jauh lebih rendah dari C Tengah. Karakter suara: cerah.

b. Alto adalah jangkauan suara wanita dalam menyanyi yang berada lebih rendah di bawah suara soprano dan lebih tinggi daripada suara tenor.
Karakteristiknya:
Rentang: Biasanya di G3 hingga E5
Karakter suara: rendah, gelap, berat, dalam, dan berwibawa.

c. Tenor adalah jangkauan tertinggi dari jenis suara pria.
Karakteristiknya:
Rentang: Biasanya di B3 hingga G4.
Karakter suara: cerah.

d. Bass adalah jenis suara pria yang paling rendah.
Karakteristiknya:
Rentang: Biasanya E3 hingga C4.
Karakter suara: paling dalam, paling gelap, dan paling berat di antara yang suara pria.


D. Kegiatan Pembelajaran 4 Jadilah Bintang


1. Phrasering adalah teknik pemenggalan kalimat lagu. Tujuannya untuk memenggal kalimat musik secara benar agar pesan dan isi lagu dapat tersampaikan.
Jenis phrasering:
a. Phrasering Kalimat Bahasa. Pada sebuah lagu terdapat satu atau beberapa kalimat Bahasa dan kalimat musik.
b. Phrasering Kalimat Musik. Kalimat musik terdiri atas serangkaian nada dalam bentuk motif atau tema lagu. Motif adalah penggalan dari kalimat musik ke dalam dua birama, empat birama atau bisa juga sampai delapan birama yang terbanyak.

2. Genre Musik abad 20/21 adalah sebuah gaya, aliran, tema musik yang berkembang dan memiliki komunitas yang menyukai dan menikmati musik dengan genre tersebut. Beberapa genre musik yang popular di Indonesia saat ini:
a. Musik pop (berasal dari kata popular) adalah sebuah genre musik yang banyak diminati oleh masyarakat, karena bentuknya yang tidak rumit, struktur lagu yang sederhana dengan menggunakan syair dengan motif melodi yang berulang.

b. Rock adalah aliran musik yang populer pada pertengahan tahun 1960-an. Musik rock memiliki struktur melodi sederhana dengan karakter vokalis yang khas dan suara instrument seperti drum, guitar yang menonjol dan kuat.

c. RnB atau Rhythm and Blues adalah perpaduan dari beberapa jenis musik seperti jazz, blues, gospel, rock dan pop. Sejarah musik RnB diawali dengan pengaruh musik blues dan digemari oleh orang orang Afrika-Amerika sejak akhir 1930-an.

d. Hip hop pada dasarnya merupakan sebuah kultur dan art movement yang lahir pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, yang diperkenalkan pertama kali oleh masyarakat komunitas Afro-Amerika, Latin Amerika, Karibea Amerika.

e. Jazz adalah merupakan genre musik yang lahir dari pada akhir abad ke 19 dan pada awalnya berkembang di New Orleaans, Amerika Serikat, dan berkembang dikalangan penduduk yang berasal dari Afrika.

e. Dangdut merupakan genre musik khas Indonesia yang dipengaruhi oleh musik India, Melayu, dan Arab dengan ciri-ciri dentuman tabla (alat musik perkusi India) dan gendang.

3. Teknik Miking adalah teknik penggunaan mikrofon yang baik. Teknik miking ini diperlukan pada saat rekaman di studio atau saat pertunjukan langsung, agar suara yang dihasilkan benar-benar berkualitas.


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 7 Mapel Seni Musik Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Seni Musik Kelas 7 Unit 1 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Seni Musik Kelas 7 Unit 1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel