Unduh & Cara Instal Safe Exambroser ABM 2023

Cara Instal Asesmen Bakat Minat Tahun 2023 - Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Tujuan : Memberikan informasi ke siswa, sekolah, ataupun orang tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.

Manfaat : Memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.




Aspek Asesmen Bakat


01 Verbal. Mengukur kemampuan pemahaman konsep-konsep berbentuk verbal atau teks yang bersifat abstrak, kompleks, dan implisit, serta mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas yang berhubungan dengan informasi atau gagasan yang diekspresikan secara verbal, misalnya memahami konsep suatu gagasan, menjabarkan konsep ke dalam sesuatu yang bersifat operasional, mengategorikan kata berdasarkan persamaan dan perbedaannya

02 Kuantitatif. Mengukur kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan informasi dalam bentuk numerik atau kuantitatif dengan efektif, dan mengungkap performa siswa dalam menghadapi aktivitas seperti menggunakan operasi bilangan, mengestimasi, memprediksi, dan menentukan hubungan dari informasi informasi berupa angka dan simbol matematika.

03 Penalaran. Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah serta menemukan prinsip yang melandasi hubungan antar konsep/informasi yang bersifat kompleks. Aspek ini mengungkap performa siswa dalam berpikir logis, mengambil keputusan yang tepat, dan membuat pertimbangan dengan menggunakan informasi yang lebih komprehensif.

04 Spasial. Mengukur kemampuan memahami informasi berbentuk gambar dan memecahkan masalah dari stimulasi gambar. Aspek ini mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan yang melibatkan gambar misalnya mengamati peta, menelaah bangun ruang dari berbagai perspektif, menentukan titik koordinat, atau membuat sketsa gambar 3 dimensi.

05 Mekanika. Mengukur kemampuan pemahaman prinsip-prinsip kerja mekanika dasar sehingga mampu memahami cara kerja peralatan atau mesin-mesin sederhana maupun yang lebih kompleks. Aspek ini mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berkaitan dengan peralatan seperti mesin atau perkakas, melakukan perakitan, bongkar pasang peralatan, atau memasang komponen suatu barang.

06 Bahasa. Mengukur kemampuan dalam menangkap gagasan dari suatu kalimat atau bacaan serta mengomunikasikan gagasannya menggunakan bahasa baku/tata bahasa yang benar. Aspek ini bertujuan mengungkap performa siswa ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang berhubungan dengan teks, seperti membuat dan menelaah hasil laporan, mengedit suatu berita, serta membuat karangan tertulis.

07 Klerikal. Mengukur kemampuan menyelesaikan tugas tugas kompleks yang membutuhkan kecepatan, ketelitian, konsistensi, dan daya ingat, serta mengungkap performa siswa ketika melakukan pekerjaan sederhana berulang seperti menyortir barang, mengetik, dan mengumpulkan sesuatu yang berulang ulang dengan cepat.


Spesifikasi Minimal Komputer Siswa


1. Sistim oprasi Windows 8 atau,
2. MacOS
3. Koneksi jaringan internet yang stabil.


Cara Instal Exambroser ABM 2023


Sistem Operasi Windows
1. Extract file .zip yang sudah diunduh
2. Install dengan cara double klik pada file ABMIntaller.exe
3. Setelah installasi selesai, jalankan file ABMClient_Siswa.seb untuk membuka aplikasi pada komputer client (siswa).
4. Masukkan password 123 saat pertama kali menjalankan aplikasi.

Sistem Operasi Mac
1. Extract file *.zip yang sudah diunduh
2. Install dengan cara double klik pada file Exambrowser-Installer.dmg.
3. Setelah installasi selesai, jalankan file ABMClient_Siswa.seb untuk membuka aplikasi pada komputer client (siswa).
4. Masukkan password 123 saat pertama kali menjalankan aplikasi.


Petunjuk Umum Mengerjakan Soal


Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan dalam Bahasa Inggris yang nanti digunakan dalam lingkup pembelajaran dikampus. Tes ini merupakan literasi Bahasa Inggris yang berupa pertanyaan-pertanyaan dari wacana atau pertanyaan yang diberikan. Jumlah pertanyaan adalah 25 butir soal dan disediakan waktu 30 menit.

Anda dapat mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu lalu lanjutkan ke soal berikutnya. Manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik. Jawablah semua soal yang sesuai dengan pilihan jawaban Anda. Tidak ada pengurangan nilai untuk soal yang salah.


Cara Login Aplikasi ABM Tahun 2023


1. Siapkan Kartu Login ABM Tahun 2023.
2. Masukan Username dan Password yang tertera pada Kartu Login.
3. Pada bagian Konvirmasi Data, silahkan cek dan pastikan data sesuai, kemudian klik Lanjutkan.
4. Masukan Token dan klik tombol Mulai Tes.
5. Jika sudah selesai, untuk keluar dari aplikasi pada sistem Operasi Windows, tekan tombol ctrl + q, selanjutnya masukan password 123. Sistem Operasi Mac, tekan tombol Command + q, selanjutnya masukan password 123.


Unduh Aplikasi Excambroser Asesmen Bakat Minat Tahun 2023


1. Windows: s.id/abm_win
2. MacOS: s.id/abm_mac


Demikian informasi tentang Unduh & Cara Instal Safe Exambroser ABM 2023 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unduh & Cara Instal Safe Exambroser ABM 2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel