Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat di PMM

Contoh Laporan Observasi Kinerja Guru di PMMObservasi bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi berbagai aspek pembelajaran, termasuk perangkat pembelajaran, metode pengajaran, model pembelajaran, pendekatan, media pembelajaran, bahan ajar, serta asesmen yang digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Observasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Dengan memahami praktik mengajar yang efektif, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap prestasi akademis siswa. Selain itu, observasi ini dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam proses belajar mengajar dalam kelas agar selalu tercipta suasana pembelajaran yang bermakna.




Kegiatan observasi ini merupakan proses take and give antara guru mata pelajaran dengan teman sejawat.. Dari kegiatan ini, baik observer, maupun guru memeroleh pengalaman bermakna, sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan di satuan pendidikan.

Adapun tujuan dari observasi kelas kinerja guru adalah, untuk:
  1. Mengidentifikasi keberhasilan dan tantangan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran oleh Guru.
  2. Mengevaluasi efektivitas metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan.
  3. Menilai penggunaan media pembelajaran, bahan ajar, dan asesmen dalam mendukung proses pembelajaran.
  4. Memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan.


Komponen yang Diobservasi



Beberapa komponen yang di observasi antara lain :

I. Perangkat Pembelajaran (Tujuan Pembelajaran, Rencana Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pemanfaatan Sumber Belajar, Penilaian dan Evaluasi, Dukungan Khusus, Penggunaan Teknologi, Integrasi Kearifan Lokal, Kesiapan dan Kelengkapan.

II. Metode Pengajaran. Guru dapat menggunakan metode pengajaran antara lain Ceramah, Diskusi Kelompok, PembelajaranBerbasis Proyek, Demonstrasi Praktikum, Brainstorming.

III. Model Pembelajaran dan Pendekatan. Beberapa model pembelajaran & pendekatan yang dapat digunakan antara lain Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Inkuiri, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Konstruktivisme.

IV. Media Pembelajaran dan Bahan Ajar. Media pembelajaran dan bahan ajar yang dapat digunakan antara lain Presentasi Multimedia, buku teks, Sumber Belajar Online, Materi Audiovisual.

V. Asesmen. Jenis asesmen yang dapat diterapkan antara lain Asesmen Formatif, Asesmen Sumatif, Tugas Proyek.


Unduh Contoh Laporan Observasi Kinerja Guru di PMM



Mekanisme penyusunan laporan observasi kelas disesuaikan dengan kondisi dan para penyusun dapat mengreasinya sendiri. Namun, umumnya seperti berikut ini.
  1. Judul
  2. Lembar Pernyataan
  3. Lembar Pengesahan
  4. Daftar Isi
  5. Pendahuluan
  6. Pelaksanaan Observasi
  7. Penutup
  8. Lampiran



Demikian informasi tentang Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat di PMM yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Laporan Observasi Rekan Sejawat di PMM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel