RPP SKD Kompetensi Dasar Kewargaan Digital

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: ………………………………………
Kelas/Semester
: X  / Gasal
Tahun Pelajaran
: 2019 / 2020
Mata Pelajaran
: Simulasi dan Komunikasi Digital
Kompetensi Keahlian
: Seluruh Kompetensi Keahlian
Materi Pokok
: Kewargaan Digital
Alokasi Waktu
: 6 JP @ 45 Menit (2 x Pertemuan)


1.    Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti :
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar dari KI-3
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.6.1  Memperluas konsep Kewargaan Digital.
3.6.2  Melakukan konsep internet safety.
3.6.3  Mencegah cyberbullying dan cyberharassment.
3.6.4  Menerangkan simbol Creative Commons.
Kompetensi Dasar dari KI-4
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.7.1 Membangun konsep internet safety.
4.7.2 Memilah informasi secara online.
4.7.3 Menggunakan simbol Creative Commons.

2.    Tujuan Pembelajaran
3.8.1.1    Dengan membaca dan diskusi, peserta didik dapat memperluas konsep kewargaan digital dengan baik.
3.8.2.1    Dengan membaca materi serta ujicoba, peserta didik dapat melakukan konsep internet safety dengan baik.
3.8.3.1    Dengan diskusi, peserta didik dapat mencegah cyberbullying dan cyberharassment dengan tanggungjawab.
3.6.4.1      Dengan literasi, peserta didik dapat menerangkan symbol creative commons.
4.8.1.1    Melalui praktikum, peserta didik dapat membangun konsep internet safety dengan baik.
4.8.2.1    Melalui praktikum, peserta didik dapat memilah informasi secara online dengan baik.
4.7.3.1    Melalui praktikum, peserta didik dapat menggunakan symbol creative commons.

3.    Materi Ajar
a.    Konsep Kewargaan Digital
b.    Cyberbulliying dan Cyberharrasment
c.    Menggunakan internet dengan aman
d.    Simbol Creative Commons

4.    Sumber Belajar
a.    http://www.m-edukasi.web.id/2014/09/buku-simulasi-digital-kelas-x-semester.html...
b.    Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X Jilid 1 Semester Genap, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.    Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X Bagian 2, Direktorat Pembinaan SMK.

5.    Media Belajar
a.    Alat : Komputer, LCD/Proyektor
b.    Bahan : Lembar Kerja/ Job Sheet.
c.    Media : Buku / Internet, Power Point

6.    Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learning
Metode : Diskusi dan Presentasi

7.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Apersepsi
·     Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
·     Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
·     Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
·     Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
10 Menit
Inti
  Mengamati
·     Melalui tanya jawab, peserta didik sambil membaca materi konsep kewargaan digital.
·     Peserta didik berdiskusi tentang pentingnya memahami undang-undang ITE.

Menanya
·     Guru membimbing peserta didik dalam mengidentifikasi peran pro aktif etiket penggunaan teknologi dalam lingkungan sekolah.
·     Peserta didik menggali informasi tentang pentingnya penerapan kewargaan digital dilingkungan luar sekolah.

Mengumpulkan informasi
·     Melalui diskusi, peserta didik menganalisis sebuah kasus yang pernah terjadi akibat penggunaan media komunikasi elektronik dalam lingkungan sekolah.

Menyimpulkan
·     Peserta didik menyerahkan hasil diskusi kepada guru.
·     Guru menganalisis dan mengevaluasi hasil diskusi.

Mengkomunikasikan
·     Dua kelompok dengan hasil diskusi terbaik, memaparkan hasil diskusi didepan kelompok lain.
100 Menit
Penutup
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
·     Membuat kesimpulan pelajaran;
·     Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
·     Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

2) Kegiatan guru yaitu:
·     Melakukan penilaian;
·     Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 Menit

Pertemuan II :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Apersepsi
·     Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
·     Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
·     Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
·     Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
10 Menit
Inti
  Mengamati
·     Pada awal pembelajaran, guru sedikit mengulas materi pada pertemuan sebelumnya, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi pembelajaran berbasis orientasi masalah pada pertemuan kali ini.
·     Guru membagi peserta didik kedalam kelompok kerja secara variatif.
·     Melalui tanya jawab, peserta didik sambil membaca materi internet savety.
·     Peserta didik berdiskusi tentang pentingnya internet safety sebagai pengguna internet aktif.

Menanya
·     Guru membimbing peserta didik dalam mengidentifikasi masalah dalam mencegah terjadinya Cyberbulliying dan Cyberharrasment dilingkungan sekolah.
·     Peserta didik menggali informasi tentang pentingnya symbol creative commons.

Mengumpulkan informasi
·     Melalui diskusi, peserta didik menganalisis sebuah kasus yang pernah terjadi akibat Cyberbulliying dan Cyberharrasment dalam lingkungan sekolah.
Menyimpulkan
·     Peserta didik menyerahkan hasil diskusi kepada guru.
·     Guru menganalisis dan mengevaluasi hasil diskusi.

Mengkomunikasikan
·     Dua kelompok dengan hasil diskusi terbaik, memaparkan hasil diskusi didepan kelompok lain.
100 Menit
Penutup
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
·     Membuat kesimpulan pelajaran;
·     Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
·     Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2) Kegiatan guru yaitu:
·     Melakukan penilaian;
·     Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 Menit

8.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
a.    Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1.1Memperluas konsep Kewargaan Digital
Tes Tertulis
1.  Uraikan pendapat anda tentang kewargaan digital!
3.1.2 Melakukan konsep internet safety

2.  Terdapat 5 hukum yang mengatur tentang hokum siber atau cyberlaw di Indonesia, kemukakan 5 hukum tersebut!
3.1.3 Mencegah cyberbullying dan cyberharassment

3.  Jabarkan tentang intimidasi siber atau cyberbulliying!


4.  Jabarkan 5 kiat-kiat untuk menghindari/memberantas intimidasi siber!
3.1.4 Menerangkan simbol Creative Commons

5.  Kemukakan menurut anda, perbedaan antara hak cipta dan lisensi!

Pedoman Penskoran
1)    Soal nomor 1
Tahapan
Skor max
Uraikan pendapat anda tentang kewargaan digital!

Peserta didik menjawab benar
2
Peserta didik menjawab salah
1
Peserta didik tidak menjawab
0

2)    Soal nomor 2
Tahapan
Skor max
Terdapat 5 hukum yang mengatur tentang hokum siber atau cyberlaw di Indonesia, kemukakan 5 hukum tersebut!

Peserta didik menjawab benar disertai dengan contohnya
3
Peserta didik menjawab benar hanya 1
2
Peserta didik menjawab salah
1
Peserta didik tidak menjawab
0

3)    Soal nomor 3
Tahapan
Skor max
Jabarkan tentang intimidasi siber atau cyberbulliying!

Peserta didik menjawab benar
2
Peserta didik menjawab salah
1
Peserta didik tidak menjawab
0

4)    Soal nomor 4
Tahapan
Skor max
Jabarkan 5 kiat-kiat untuk menghindari/memberantas intimidasi siber!

Peserta didik menjawab benar
2
Peserta didik menjawab salah
1
Peserta didik tidak menjawab
0

5)    Soal nomor 5
Tahapan
Skor max
Kemukakan menurut anda, perbedaan antara hak cipta dan lisensi!

Peserta didik menjawab benar disertai dengan contohnya
3
Peserta didik menjawab benar hanya 1
2
Peserta didik menjawab salah
1
Peserta didik tidak menjawab
0

Pedoman Penilaian =
Remedial dan Pengayaan
1)    Jika didapatkan lebih dari 75% siswa yang ada di kelas mendapatkan nilai dibawah KKM maka akan dilaksanakan pengayaan dengan materi yang sama dan waktu yang menyesuaikan.
2)    Jika didaptkan kurang dari 75% dari jumlah siswa yang ada di kelas dan mendapatkan nilai di bawah KKM maka akan di laksanakan progam remedial yang berkaitan denga materi tersebut.
3)    Soal remidi bisa berupa klasikal / parsial maupun menyeluruh sesuai dengan nilai tiap skor soal yang dianggap sulit.
4)    Soal remidi juga bisa berbentuk soal pengembangan dari soal ulagan maupun berbeda.
5)    Soal remidial yang akan digunakan dan  berbeda  dari soal sebelumnya
6)    Soal Remidial
·         Uraikan pendapat anda tentang kewargaan digital!
·         Terdapat 5 hukum yang mengatur tentang hokum siber atau cyberlaw di Indonesia, kemukakan 5 hukum tersebut!
·         Jabarkan tentang intimidasi siber atau cyberbulliying!
·         Jabarkan 5 kiat-kiat untuk menghindari/memberantas intimidasi siber!
·         Kemukakan menurut anda, perbedaan antara hak cipta dan lisensi!
7)    Penskoran Remidial
Ketentuan penskoran kegiatan remedial adalah sebagai berikut:
·         Jika jawaban siswa benar sempurna maka skor perolehan untuk setiap soalnya adalah 4.
·         Jika jawaban benar mendekati sempurna maka skor yang diberikan untuk setiap soalnya adalah 3.
·         Jika jawaban siswa menjawab benar maka skor yang diberikan adalah 2.
·         Jika siswa menjawab, akan tetapi jawabannya salah maka skor yang diberikan adalah 1.
·         Jika siswa tidak menjawab sama sekali maka skor yang diperoleh adalan 0.
8)    Norma Penilaian Remidial
Nilai = Jumlah Skor Perolehan
9)    Pengayaan
Materi yang diberikan pada saat pengayaan adalah materi yang sama dengan materi yang sudah diberikan mengenai kewargaan digital.

b.    Penilaian Keterampilan
1)    Jenis/teks penilaian : Praktikum
2)    Bentuk instrument : Job sheet
3)    Soal  

Contoh RPP diatas bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP SKD Kompetensi Dasar Kewargaan Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel