Ujian Sekolah Online Menggunakan Google Formulir

Kali ini Sinau Thewe akan menjelaskan langkah-langkah membuat ujian sekolah berbasis online menggunakan Google Formulir, berikut penjelasannya :

Wabah Virus Corona (Covid-19) saat ini telah menyebar di berbagai penjuru dunia termasuk negara kita tercinta Indonesia yang menyebabkan hampir dalam seluruh bidang atau sektor menjadi lumpuh termasuk bidang pendidikan. Beberapa Provinsi di Indonesia bahkan telah menunda pelaksanaan UNBK dan Ujian Sekolah pada jenjang SMK dengan batasan waktu yang belum ditentukan. Tidak hanya itu, aktivitas belajar mengajar pun dihentikan selama beberapa minggu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk menyeimbangkan pelaksanaan ujian salah satunya adalah ujian sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi menginstruksikan kepada Dinas Wilayah setempat agar menyampaikan kepada Satuan Pendidikan naungannya untuk melaksanakan ujian sekolah berbasis online dengan menggunakan aplikasi yang dianggap paling mudah dan efisien serta efektif. Salah satunya adalah menggunakan Google Formulir.

Apa itu Google Formulir?



Google Formulir atau yang biasa disebut dengan Google Form adalah sebuah aplikasi survei berbasis online yang digunakan untuk membantu dalam membuat berbagai rencana mengirim survei, memberikan kuis bagi peserta didik atau sebagai media pengumpulan informasi dengan cara efisien.

Langkah-Langkah Menggunakan Google Form Pada Ujian Sekolah


1. Silahkan login terlebih dahulu menggunakan g-mail
2. Kemudian buka laman drive.google.com
3. Setelah itu di pojok kiri atas klik tombol Baru, Klik Lainnya, kemudian pilih Google Formulir dan klik Dari Template


4. Kemudian akan keluar halaman pilihan template seperti gambar dibawah ini :


5. Pilih dan klik template Penilaian untuk membuat skema ujian online seperti gambar berikut :


6. Pada teks "Penilaian" diganti dengan identitas ujian contohnya "Ujian Sekolah SMK...". Kemudian pada bagian Nama biarkan, itu berfungsi untuk mengisikan identitas siswa. Sedangkan Email kita ganti menjadi Kelas. Fungsi fitur ini digunakan untuk mengisi identitas peserta didik saat akan melaksanakan ujian online.
7. Untuk membuat pertanyaan pilihan ganda perhatikan gambar dibawah ini :


8. Dari gambar diatas, pada nomor satu digunakan untuk mengisikan pertanyaan, sedangkan pada nomor dua digunakan untuk memberikan opsi jawaban "A,B,C,D,E" dan nomor 3 berfungsi untuk menambah pertanyaan berikutnya.
9. Setelah semua pertanyaan dan jawaban telah di ketik, kita mulai mengatur batasan maksimal mengerjakan dan mengacak soal dengan cara klik menu Setelan.
10. Pada Setelan Umum, kita batasi banyaknya mengerjakan soal hanya 1 kali dengan memberikan tanda centang pada opsi Batasi ke 1 Tanggapan, perhatikan gambar dibawah ini :


11. Pada Setelan Presensi, centang pada opsi Acak Urut Pertanyaan. Fungsinya adalah untuk mengacak seluruh soal.


12. Dan pada Setelan Quis kita centang pada opsi Nilai Point agar peserta didik mengetahui skor yang didapatkan kemudian klik simpan.


13. Setelah semua pertanyaan dan jawaban telah disetting, kita bagikan link ujian sekolah tersebut kepada peserta didik dengan klik tombol Kirim, perhatikan gambar berikut :


14. Dari gambar diatas, centang pada bagian Perpendek URL, kemudian klik Salin dan berikan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan.

Untuk Penjelasan Lengkapnya, Simak Video Tutorial Berikut :


Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ujian Sekolah Online Menggunakan Google Formulir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel