Langkah-Langkah Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise

Sinau-Thewe.com - Langkah-Langkah Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise - Konfirmasi wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan agar bisa membedakan calon penerima PIP berdasarkan kriteria, tahapan dan tahun penerimaan tertentu.

Fungsi Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise


Konfirmasi penerima PIP oleh Satuan Pendidikan berfungsi untuk memastikan bantuan PIP tepat sasaran. Maksud dari tepat sasaran adalah dana bantuan melalui program PIP benar-benar ditujukan bagi anak-anak yang berasal dari latar belakang keluarga miskin atau rentan miskin dan atau karena suatu hal lainnya yang sesuai dengan syarat penerima PIP. 

Dengan demikian, pemerintah bisa membantu meringankan biaya pendidikan peserta didik hingga dinyatakan lulus serta mencegah kemungkinan peserta didik putus sekolah.

Langkah-Langkah Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise


1. Buka web browsernya menggunakan Google Chroome, Mozilla Firefox atau yang lainnya.
2. Kunjungi laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise.
3. Pada laman ini, kita bisa login menggunakan dua cara, yang pertama menggunakan user name NPSN dan password kode registrasi Dapodik dan cara yang kedua adalah menggunakan akun Dapodik.
4. Setelah login dan tampil halaman beranda atau dashboard, klik menu Siswa.
5. Kemudian akan keluar seluruh daftar penerima KIP
6. Lakukan filter data penerima berdasarkan Tahun, Tahap dan Status Pencairan.
7. Pada setiap daftar penerima PIP, terdapat teks "Konfirmasi". Perhatikan gambar dibawah ini :


8. Klik "Konfirmasi" pada salah satu data penerima PIP dan tentukan salah satu pilihan konfirmasi seperti gambar berikut :


Keterangan :
  • Beda Jenjang. Jika data penerima PIP sudah dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan sebelumnya namun masih tercantum datanya.
  • Kembali Ke Negara artinya adalah bantuan tersebut khusus untuk Peserta Didik yang menempuh pendidikan tetapi sudah kembali ke negara asal.
  • Lulus artinya hampir sama dengan Beda Jenjang.
  • Meninggal artinya siswa tersebut sudah meninggal tetapi datanya masih tercantum di Dapodik sehingga dinyatakan sebagai penerima PIP.
  • Menolak. Pada pilihan ini, Satuan Pendidikan atau keluarga berhak menolak bantuan PIP dengan alasan tertentu berdasarkan validasi tertentu.
  • Sudah Cair artinya bantuan PIP pada Tahun dan Tahap tersebut sudah di cairkan.
  • Tidak Bisa Dihubungi artinya jika Satuan Pendidikan telah berupaya melakukan komunikasi dengan pihak penerima terkait dengan berkas yang diperlukan untuk pencairan namun tidak ada jawaban, maka Satuan Pendidikan bisa memilih opsi ini.
  • Tidak Sekolah. Opsi ini dipilih jika penerima sudah tidak bersekolah di Satuan Pendidikan tersebut dengan alasan tertentu namun masih tercantum datanya sebagai penerima PIP.

9. Setelah memilih salah satu alasan konfirmasi, tahapan berikutnya adalah mengisi catatan. Perhatikan gambar dibawah ini :


10. Setelah dipastikan data telah sesuai, klik Konfirmasi. 
11. Jika data perlu di revisi atau di tinjau ulang, klik tombol Close.

Demikian tutorial tentang Langkah-Langkah Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika tutorial ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang sifatnya membangun. Jika ingin mengetahui informasi laiinya dari Sinau-Thewe.com silahkan ikuti atau follow. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Konfirmasi PIP 2019/2020 Menggunakan SIPINTAR Enterprise"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel