Tips Mengatasi Gagal Sinkron Karena Koneksi Server Belum Terhubung Dapodik 2021.a

Tips Mengatasi Koneksi Server Belum Terhubung - Harapan yang diinginkan oleh teman-teman Operator Dapodik saat muncul pembaruan Aplikasi Dapodik adalah segala bug / eror yang terjadi pada versi sebelumnya bisa teratasi dan lebih memudahkan segala aktivitas yang ada. 


Tapi ternyata tidak pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Banyak kasus atau permasalahan yang di temukan pada Aplikasi Dapodik Versi 2021. Dengan segala permasalahan yang ada, Kemendikbud akhirnya merilis Patch Dapodik Versi 2021.a. 

Meskipun Dapodik Versi 2021.a telah rilis, masih ada kasus yang muncul salah satunya adalah gagal melakukan sinkron dengan keterangan "Koneksi Dengan Server Belum Terhubung". Hal ini terjadi karena koneksi internet yang digunakan tidak stabil, meskipun untuk membuka laman misalnya "Youtube" lancar.

Tetapi hal tersebut tidak bisa digunakan sebagai patokan untuk proses sinkron Dapodik akan lancar. 

Berikut ini adalah tips mengatasi "Koneksi Dengan Server Belum Terhubung".
  1. Tips yang pertama apabila muncul keterangan "Belum Terhubung" saat akan sinkron Dapodik seperti gambar diatas, silahkan klik tombol Reload sampai status Terhubung. 
  2. Lakukan sinkron diluar jam kerja atau jam padat. Teman-teman Operator Dapodik bisa mencoba di jam tertentu misalnya pagi hari antara jam 05.00 sampai jam 07.00, jam 18.30 sampai jam 19.00 atau malam hari. Biasanya pada jam tersebut koneksi ke server Dapodik akan lancar.
  3. Jika dua cara diatas masih tetap gagal, cobalah ganti koneksi internet misalnya tethring menggunakan HP. Meskipun sinyal sedikit, tetapi perlu diketahui tethring HP akan jauh lebih stabil.
  4. Menggunakan ekstensi browser tambahan seperti Hoxx VPN.

Demikian Tips Mengatasi Gagal Sinkron Karena Koneksi Server Belum Terhubung Dapodik 2021.a yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengatasi Gagal Sinkron Karena Koneksi Server Belum Terhubung Dapodik 2021.a"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel