POS Ujian Sekolah (US) Tahun 2021/2022

Download POS Ujian Sekolah 2021/2022 - Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 dilingkungan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil langkah responsif yaitu dengan meniadakan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dengan menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah.

Keputusan ini diambil Mendikbud demi keselamatan dan kesehatan warga sekolah yaitu Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada semua jenjang pendidikan. Dengan demikian, maka Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan tidak lagi menjadi syarat Kelulusan Peserta Didik. Melainkan ditentukan berdasarkan nilai rapot setiap semester, nilai sikap yang baik dan mengikuti rangkaian Ujian Sekolah yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.


Perlu diketahui bahwa Kemendikbud memberikan kebebasan kepada penyelenggara Ujian Sekolah yang dalam hal ini Satuan Pendidikan untuk memilih jenis atau bentuk Ujian Sekolah yang dikehendaki. Bentuk Ujian Sekolah antara lain :
  • Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh siswa dalam bentuk penghargaan, hasil lomba dan sejenisnya.
  • Penugasan kepada siswa
  • Tes yang dilaksanakan secara daring atau luring
  • Bentuk lain yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah dengan mengacu pada azas penilaian



Atas dasar hal tersebut dan untuk mensukseskan tujuan Kemendikbud, Satuan Pendidikan dapat mengawalinya dengan membuat Panduan Penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun 2021 atau lebih dikenal dengan POS Ujian Sekolah.


POS Ujian Sekolah mengatur secara teknis terhadap penyelenggaraan ujian dimana didalamnya terdapat beberapa lampiran yang tidak dapat dipisahkan. Lampiran tersebut terdiri atas :
  • SK Panitia Ujian Sekolah
  • Daftar Peserta Ujian Sekolah
  • Jadwal Ujian Sekolah
  • Denah Tempat Duduk Peserta Ujian Sekolah
  • Denah Ruang Ujian Sekolah
  • Tanda Bel Ujian Sekolah
  • Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah
  • Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah
  • Pakta Integritas Penyelenggaraan Ujian Sekolah


Untuk membantu Satuan Pendidikan dalam menyusun POS Ujian Sekolah, Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Contoh POS Ujian Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2021/2022.


Unduh POS Ujian Sekolah (US) Tahun 2021/2022



File POS Ujian Sekolah ini dikemas dalam bentuk dokumen (.doc) sehingga Bapak / Ibu yang memerlukan dapat mengunduh serta merubah dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya silahkan Download POS Ujian Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2020/2021 pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang POS Ujian Sekolah (US) Tahun 2021/2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan share, ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini. Dan apabila Bapak / Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi tentang informasi terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "POS Ujian Sekolah (US) Tahun 2021/2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel