40 Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP.




Contoh Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 Tahun 2022



Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 1 sampai 3!

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Kota Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Selain itu, terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 jam. Pantai Suwuk terletak 50 km dari pusat Kabupaten Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju kesana.

Tiba di bibir pantai yang indah para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memesona. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala. Debur ombak putih berbuih, bergulung-gulung menjadi lambang kesucian alam yang harus tetap dijaga. Di sebelah barat, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai sebagai wahana bagi para pengunjung yang ingin memancing. Yang menarik adalah pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini.

Bagi para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam. Awan berwarna emas, ungu, dan merah terang menandakan hari telah sore.

Warung-warung bambu dengan jajanan khas mereka berjajar di tepi pantai siap menggoda perut-perut yang sedang lapar. Berkunjung ke Pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika tidak menyempatkan untuk mampir sekedar menikmati makanan khas di pantai ini. Para pengunjung seperti disuguhkan jamuan sembari menikmati lukisan alam yang menakjubkan.

1. Ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalah...
A. Lambang kesucian alam terlihat indah dari ombak putih berbuih, bergulung-gulung.
B. Pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan.
C. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala.
D. Pemandangan yang sangat memesona memanjakan para pengunjung yang berada di bibir pantai.


2. Perhatikan kalimat-kalimat berikut. Pilihlah B (benar) atau S (salah) sesuaikan dengan teks Pantai Suwuk!
a. B / S = Pantai Suwuk terletak 22 km sebelah selatan Kota Karanganyar dan dapat ditempuh sekitar 45 menit.
b. B / S = Pantai Suwuk terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 jam.
c. B / S = Di sebelah timur Pantai Suwuk, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai.
d. B / S = Pegunungan kapur memanjang dari timur sampai barat dan pegunungan itu berakhir di Pantai Suwuk.
e. B / S = Para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan.


3. Dua pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks Pantai Suwuk adalah...
□ Berapa waktu yang ditempuh dari Kota Gombong menuju Pantai Suwuk?
□ Mengapa ombak di Pantai Suwuk bisa putih bersih dan bergulung-gulung?
□ Berapa waktu yang ditempuh dari Kota Karanganyar ke pusat Kabupaten Kebumen?
□ Mengapa berkunjung ke pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika mampir menikmati makanan khas di Pantai Suwuk?


4. Berdasarkan kutipan teks teks Pantai Suwuk, jodohkan pertanyaan berikut dengan ciri kebahasaan yang tepat!
Pernyataan :
1. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala.
2. pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini.
3. Tiba di bibir pantai yang indah para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memesona.
4. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam.

Kebahasaan :
A. Sinonim
B. Kalimat bermajas
C. antonim
D. Panca indra pengelihatan


Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 5 sampai 6!

Rumah Mungilku yang Baru

Sudah seminggu kami pindah ke rumah baru. Rumahku adalah rumah mungil yang berada persis di depan taman. Rumah itu hanya mempunyai luas 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Tidak luas dan tidak juga kecil buatku.

Kami memiliki taman kecil di teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni. Setiap tanaman tumbuh subur, ada tanaman bunga dan buah. Bahkan, tanaman cabe sudah berbuah banyak. Angrek bulan berwarna-warni digantung di teras rumah. Di kolam kecil ada bunga teratai berwarna ungu.Hal tersebut membuat sejuk dan nyaman apalagi untuk menghabiskan waktu liburku.

Bagian dalam rumahku pun tidak terlalu luas. Rumahku terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasananya harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Lantai keramik putih membuat rumah mungil ini tampak luas dan aku terampil membersihkannya dengan sapu.

Itulah rumah mungilku yang baru. Meski rumah ini baru, tetapi kenangan yang ada di rumah ini masih tetap sama. Di sinilah tempatku dan keluarga akan hidup bahagia bersama


5. Jodohkan paragraf pada bagian A dengan struktur teks deskripsi yang tepat pada bagian B!
Pernyataan (A)
1. paragraf pertama
2. paragraf kedua
3. paragraf ketiga
4. paragraf keempat
5. paragraf kelima

Jawaban (B)
(1) identifikasi
(2) deskripsi bagian
(3) kesimpulan


6. Tujuan penulisan teks deskripsi tersebut adalah...
A. menjelaskan rumah mungil yang baru
B. menuliskan keadaan rumah mungil yang baru
C. mengambarkan rumah mungil yang baru ditinggali
D. menceritakan bagian dalam rumah yang baru ditinggali


7. Makna kata “terampil” pada paragraf ketiga kalimat terakhir adalah...
A. ahli membuat sesuatu
B. pandai mengerjakan tugas
C. lihai menyelesaikan masalah
D. cakap menggunakan sesuatu


8. Kesimpulan paragraf kedua pada teks “Rumah Mungilku yang Baru” adalah...
A. kolam kecil di teras rumah terdapat bunga teratai berwarna ungu.
B. Teras di depan rumah terdapat tanaman cabe sudah berbuah banyak.
C. Teras kecil di depan rumah sejuk dan nyaman untuk menghabiskan waktu libur.
D. Teras depan rumah terdapat angrek bulan berwarna-warni digantung di genting.


9. Bacalah teks berikut!
Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.Selain keindahan alam yang disajikan, ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui, seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat.

Ringkasan teks tersebut adalah...
A. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut dan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui.
B. Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya dan tidak hanya keindahan pantai, Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di dunia.
C. Di Indonesia hampir semua pesona alam ada mulai daratan hingga lautan dan daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat.
D. Di Indonesia hampir semua pesona alam ada mulai daratan hingga lautan dan yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur.


Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 sampai 13!

Pantai Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu wisata yang terkenal di Banyuwangi. Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 70 km selatan Banyuwangi. Untuk mencapai pulau ini perlu upaya ekstra karena akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Wisata ini banyak digemari karena merupakan salah satu pantai yang indah di Indonesia. Kebanyakan disini pengunjung tertarik berkunjung karena ingin mencoba berselancar. Ombak yang besar cocok untuk berenang sambil berselancar.

Pemandangan alam bisa dilihat oleh pengunjung yang ingin menghabiskan liburan mereka. Di sepanjang pantai pengunjung bisa melihat sabuk hijau yang mengelilingi untuk menjadi pelindung wilayah. Pasir putih yang seperti permadani raksasa membentang sepanjang pantai. Ketika datang, pengunjung akan setuju jika Pantai Pulau Merah dianggap sebagai mutiara tersembunyi.

Pantai Merah menjadi alternatif baru bagi peselancar yang ingin menantang ombak kuat. Baik seorang surfer amatir atau profesional pengunjung akan bersenang-senang saat mengunjungi pantai. Gelombang air di Pulau Merah cocok untuk berselancar. Selain itu, anginnya tidak terlalu kencang. Ketinggian gelombang bisa 4 – 5 meter dan itu membuat peselancar senang mencoba tempat ini.

Pantai Pulau Merah juga identik dengan pasir putih. Pemandangan alam pulau dan bukit dengan ketinggian 200 meter di sekitar pantai terlihat begitu memukau. Pemandangan eksotis tersebut akan menemani peselancar sambil menantang ombak yang kuat. Bahkan, Anda bisa melihat banyak pohon pandan di sepanjang pantai. Permukaan area di pantai ditutupi oleh pepohonan hijau. Itulah sebabnya orang akan menyukainya karena kombinasi ini membuatnya terlihat sangat berbeda.

Pantai Pulau Merah membuat orang yang datang bahagia karena memanjakan mata kita. Dan tentu saja menjadi salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi pada saat liburan tiba. Salah satu daya tariknya lagi yaitu lokasinya saat ini sudah mudah diakses oleh kendaraan roda empat.


10. Jodohkan paragraf pada bagian A dengan struktur teks deskripsi yang tepat pada bagian B!
Pernyataan (A)
1. paragraf pertama
2. paragraf kedua
3. paragraf ketiga
4. paragraf keempat
5. paragraf kelima

Jawaban (B)
(4) identifikasi
(5) deskripsi bagian
(6) kesimpulan


11. Dua kalimat bermajas yang terdapat pada teks Pantai Pulau Merah adalah...
□ paragraf pertama kalimat ketiga
□ paragraf kedua kalimat kedua
□ paragraf ketiga kalimat kedua
□ paragraf kelima kalimat pertama


12. Ciri-ciri kebahasaan yang dominan pada paragraf kedua teks Pantai Pulau Merah adalah penggunan...
A. sinonim
B. kata ganti orang
C. kalimat bermajas
D. kalimat cerapan pancaindra


13. Perhatikan kalimat-kalimat berikut. Pilihlah B (benar) jika pernyataan sesuai dengan teks atau S (salah) jika pernyataan tidak sesuai dengan teks Pantai Pulau Merah!
1. B / S = Pulau Merah merupakan salah satu wisata yang terkenal yang jaraknya sekitar 70 km selatan Banyuwangi.
2. B / S = Di sepanjang pantai pengunjung bisa melihat sabuk hijau yang mengelilingi dengan pasir hitamnya yang seperti permadani.
3. B / S = Gelombang air di Pulau Merah cocok untuk berselancar seorang surfer amatir atau profesional.
4. B / S = Pemandangan alam pulau dan bukit akan menemani peselancar sambil menantang ombak yang kuat.
5. B / S = Pantai Pulau Merah membuat orang yang datang bahagia karena memanjakan mata kita dan bisa menikmati kuliner khas Banyuwangi.


14. Bacalah kutipan teks berikut!
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah jawaban Indonesia atas doa setiap pengunjung untuk melihat kepulauan yang megah hanya dalam satu hari. Taman yang luas untuk melihat kesamaan Kepulauan Indonesia, mewakili 27 provinsi di Indonesia dan karakteristiknya yang berbeda, tetapi luar biasa. Hal yang paling mencolok dalam arsitektur regional yang tepat di masing-masing provinsi tersebut. Taman hiburan yang luas ini memiliki luas lebih dari 100 hektare di pinggiran Jakarta.
Perbaikan pilihan kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah...
A. kebudayaan
B. banyaknya
C. keragaman
D. keindahan


15. Cermatilah kutipan teks deskripsi berikut ini!
(1) Sebagian besar spesies mawar asli dari Asia dengan jumlah yang lebih kecil berasal dari Amerika Utara dan beberapa ke Eropa dan Afrika barat laut. (2) Mawar dari berbagai daerah di dunia dikembangkan dengan cara hibridisasi. (3) pengembangan itu menciptakan jenis yang tumpang tindih dengan bentuk aslinya dan membuatnya sulit untuk menentukan spesies dasar. (4) 10 spesies mawar dan sebagian besar berasal dari Asia merupakan hasil persilangan beberapa jenis mawar. (5) Hasil persilangannya sangat indah dan menawan.
Pilihlah 2 kalimat yang di dalamnya terdapat kata bersinonim !
□ 5
□ 4
□ 3
□ 2


16. Bacalah teks berikut!
(1) Taman Buah Argo adalah tempat wisata yang sejuk yang sangat baik buat menyegarkan rasa penat bersama keluarga.(2) Tempatnya yang nyaman dan jauh dari deru dan bising kendaraan kota membuat acara kumpul keluarga menjadi lebih bermakna.(3) Di taman buah ini banyak terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti wisata air, wisata panen buah dan out bond.(4) Di taman ini Anda akan menemukan sebuah kolam dengan gemericik air di tengah-tengah taman.(5) Selain jenis wisata yang disediakan beragam tempat ini juga memiliki ratusan pohon buah yang bermacam-macam berbaris dengan sangat rapi.
Pilihlah 2 kalimat yang di dalamnya terdapat kecapan indra pendengaran !
□ nomor (1)
□ nomor (2)
□ nomor (3)
□ nomor (4)


17. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Pemandian Air Panas Ciledug adalah wisata air yang ada di Jawa Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 5 km dari pusat kota.(2) Di tempat ini ada beberapa kolam air panas yang bersumber dari dalam Perut Bumi.(3) Kolam air panas yang pertama panasnya sekitar 20 derajat celcius cocok untuk berendam.(4)Kolam kedua memiliki suhu 25 derajat celcius lebih cocok untuk pengobatan penyakit kulit.(5) Kolam yang terakhir merupakan kolam yang tidak digunakan sebagi tempat berendam karena panasanya mencapai 70 derajat celcius.(6) Tempat wisata pemandian air Panas Ciledug ini memiliki luas sekitar 15 hektare dan memiliki tempat belanja, tempat pertemuan dan rumah makan.

Pilihlah B(benar) jika penggunaan huruf kapital pada kalimatnya tepat atau S(salah) jika penggunaan huruf kapital pada kalimat pada teks tersebut salah !
1. B / S = Kalimat (1)
2. B / S = Kalimat (2)
3. B / S = Kalimat (3)
4. B / S = Kalimat (4)
5. B / S = Kalimat (6)


18. Bacalah kutipan teks berikut!
Bakso Pak Sholeh adalah bakso yang paling enak di kota ini. Baksonya yang terbuat dari daging sapi sangat empuk dan lezat di lidah. Ukurannya cukup besar tidak seperti ukuran bakso pada umumnya. Biasanya bakso berbentuk bulat, tetapi bakso Pak Sholeh berbentuk segitiga. Tak hanya baksonya saja yang enak. […] Ditambah lagi dengan kuahnya yang sangat nikmat dan gurih menyatu dengan rasa bakso dan mi. Kuah Bakso Pak Sholeh terbuat dari bumbu-bumbu warisan keluarga yang sangat dirahasiakan. Itulah mengapa bakso ini cukup banyak penggemarnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah../
A. Tempatnya juga strategis karena berada di pinggir jalan yang ramai.
B. Daging sapi yang empuk dan lezat tadi diolah dengan bumbu rahasia.
C. Baksonya ada yang berbentuk menyerupai Gunung Merapi yang gagah.
D. Minya pun tebal, kenyal, dan nikmat karena terbuat dari tepung pilhan.


Aladin

Pada zaman dahulu di sebuah desa di Persia, hiduplah seorang anak lelaki miskin baik hati bernama Aladin . Aladin adalah anak yang patuh dan suka membantu pekerjaan ibunya. Suatu hari ia sedang melakukan perjalanan bersama pamannya yang tamak untuk merantau ke kota. Paman Aladin suka memaksakan kehendak dan mencari harta dengan tidak baik. Di tengah perjalanan di dekat sebuah sungai, dengan segala tipu muslihat pamannya meminta Aladin untuk masuk ke suatu lorong. “Masuklah, di sana kau bisa mengambil harta sepuasmu. Hanya tolong ambilkan aku lampu.”

Aladin didorong oleh pamannya hingga terperosok ke suatu lorong yang gelap. Saat Aladin menyusuri lorong tersebut, kemudian ia dikagetkan dengan tumpukan emas dan berlian di sana. Aladin sangat takjub sekaligus bingung mengapa harus dia yang mengambil dan bukan pamannya. Saat ia akan mengambil sebanyak-banyaknya, ia kemudian ingat pesan ibunya bahwa jangan tamak. Kemudian ia memutuskan untuk mengambil sebuah lampu saja dan satu butir berlian untuk ibunya. Saat ia akan keluar lorong, alangkah terkejutnya Aladin bahwa jalan tempat ia terperosok tadi sudah tertutup. Aladin merasa sedih dan termenung. Ia duduk di dekat tumpukan emas dan tidak sengaja menggosok-gosok lampu yang dibawanya. Tiba-tiba keluar jin yang berkata, “Hahaha hai Aladin. Aku tawari engkau tiga permintaan yang bisa aku kabulkan.

Pergunakanlah sebijaknya.”

Aladin kebingungan, tetapi juga sangat senang. Akhirnya ia meminta untuk dipulangkan. Dua permintaan lainnya ia gunakan untuk menolong keluarganya dan orang di sekitarnya. Akhirnya Aladin dan ibunya hidup bahagia selamanya di rumahnya yang sederhana.


19. Jodohkan paragraf pada bagian A dengan struktur teks fantasi yang tepat pada bagian B!
Pernyataan (A)
1. paragraf pertama
2. paragraf kedua
3. paragraf ketiga
4. paragraf keempat

Jawaban (B)
(1) orientasi
(2) komplikasi
(3) resolusi


20. Perhatikan kalimat-kalimat berikut. Pilihlah B (benar) jika tindakan/sikap tokoh sesuai teks atau S (salah) jika tindakan atau sikap tokoh tidak sesuai dengan cerita Aladin tersebut!
1. B / S = Aladin patuh dan suka membantu pekerjaan ibunya.
2. B / S = Paman Aladin suka memaksakan kehendak dan mencari harta dengan tidak baik.
3. B / S = Pamannya meminta Aladin untuk masuk ke suatu lorong dengan segala tipu muslihat.
4. B / S = Aladin ingat pesan ibunya bahwa jangan tamak. Kemudian ia memutuskan untuk mengambil sebuah lampu saja dan satu butir berlian untuk ibunya.
5. B / S = Dua permintaan lainnya ia gunakan untuk menolong keluarganya dan orang disekitarnya.


21. Pilihlah dua kalimat jawaban yang menunjukan latar tempat pada teks cerita Aladin!
□ di hutan
□ di sebuah kota
□ di pinggir sungai
□ di lorong yang gelap


22. Makna kata “tamak” pada paragraf pertama kalimat ketiga adalah...
A. orang yang suka membantu yang lemah
B. orang yang tidak pernah merasa cukup
C. orang yang suka marah dan emosi
D. orang yang suka tipu muslihat


Sepasang Saudara Penyihir

Di sebuah desa yang damai, hiduplah dua saudara kembar yang memiliki kekuatan sihir. Mereka adalah Niko dan Arko. Meski merupakan saudara kembar, watak keduanya sangat berbeda drastis. Niko sangat sombong dan angkuh sedangkan Arko merupakan anak yang baik hati. Niko memiliki keistimewaan yaitu menguasai sihir lebih banyak sehingga dengan sombongnya selalu memamerkan kemampuannya.

Arko yang merupakan kakak dari Niko selalu melarang adiknya untuk memamerkan kekuatannya kepada teman-temannya atau menggunakan sihir dengan sembarang. Akan tetapi, Niko selalu mengelak dan mengatakan bahwa Arko iri dengan kemampuan sihir Niko. Sikap Niko justru semakin menjadi-jadi, diubahnya semua benda di sekelilingnya menjadi batu termasuk hewan ternak milik keluarganya.

Di Suatu hari ketika matahari baru menampakan separuh badannya Arko menasihati si adik. Tapi tetap saja Niko yang keras kepala dan angkuh merasa bahwa dirinya paling kuat dan hebat hingga seluruh benda di dalam rumahnya diubah menjadi batu. Ada satu benda yang belum diubah, yaitu cermin. Niko yang membacakan mantera kemudian berniat mengubah cermin menjadi batu ternyata terbalik ke arahnya. Mantera tersebut ternyata terpantul ke arah Niko.

Niko akhirnya berubah menjadi batu.

Melihat keadaan adiknya, Arko memberitahukan guru sihir kemudian meminta bantuannya untuk membebaskan sang adik dari sihir yang diperbuat sendiri. Namun, guru sihir tidak bisa membantu karena mantera itu bersifat abadi dan hanya bisa diubah oleh orang yang memiliki cermin tersebut yang telah membacakan mantera sihir mengubah benda menjadi batu.


23. Peristiwa yang terjadi dalam teks cerita Sepasang Saudara Penyihir adalah...
A. Niko melarang adiknya Arko untuk memamerkan sihirnya, tetapi Arko tidak mengubrisnya. Semua disihirnya menjadi batu sampai yang terakhir yang belum disihir sebuah cermin. Sihir Arko ke cermin memantul sehingga merubah Arko menjadi batu. Niko minta bantuan kepada guru sihir tetapi tidak bisa membantu sehingga Niko menjadi batu selamanya.

B. Arko melarang adiknya Niko untuk memamerkan sihirnya, tetapi Niko tidak mengubrisnya. Semua disihirnya menjadi cermin sampai yang terakhir yang belum disihir sebuah batu. Sihir Niko ke batu memantul sehingga merubah Niko menjadi cermin. Arko minta bantuan kepada guru sihir tetapi tidak bisa membantu sehingga Niko menjadi cermin selamanya.

C. Arko mendukung adiknya Niko untuk memamerkan sihirnya, tetapi Niko tidak mengubrisnya. Semua disihirnya menjadi batu sampai yang terakhir yang belum disihir sebuah cermin. Sihir Niko ke cermin memantul sehingga merubah Niko menjadi batu. Arko minta bantuan kepada guru sihir tetapi tidak bisa membantu sehingga Niko menjadi batu selamanya.

D. Arko melarang adiknya Niko untuk memamerkan sihirnya, tetapi Niko tidak mengubrisnya. Semua disihirnya menjadi batu sampai yang terakhir yang belum disihir sebuah cermin. Sihir Niko ke cermin memantul sehingga merubah Niko menjadi batu. Arko minta bantuan kepada guru sihir tetapi tidak bisa membantu sehingga Niko menjadi batu selamanya.


24. Pilihlah dua kalimat jawaban yang menunjukan latar tempat pada teks cerita Sepasang Saudara Penyihir!
□ di sebuah desa
□ di pinggir sungai
□ di depan cermin
□ dit engah lapangan


25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut. Pilihlah B (benar) jika tindakan tokoh sesuai dengan cerita atau S (salah) jika tindakan yang diambil tokoh tidak sesuai dengan cerita Sepasang Saudara Penyihir!
1. B / S = Arko selalu melarang adiknya untuk memamerkan kekuatannya kepada teman-temannya atau menggunakan sihir dengan sembarang.
2. B / S = Niko tidak mengubris nasehat Arko dan mengatakan bahwa Arko iri dengan kemampuan sihir Niko.
3. B / S = Niko mengubah semua benda di sekelilingnya menjadi batu termasuk hewan ternak milik keluarganya.
4. B / S = Sebagai kakak yang sayang adiknya Arko meminta bantuan guru sihir untuk membebaskan sang adik dari sihir yang diperbuat sendiri.
5. B / S = Niko yang keras kepala dan angkuh merasa bahwa dirinya paling kuat dan hebat menyihir semua menjadi batu.


26. Perbandingan sikap Arko dan Niko dalam teks cerita Sepasang Saudara Penyihir adalah...
A. Sebagai kakak Niko sangat sabar, sedangkan sikap adiknya keras kepala.
B. Arko sangat sabar menasehati adiknya, sedangkan Arko keras kepala dan sombong.
C. Arko selalu meminta bantuan ke guru penyihir, sedangkan Niko lebih suka mandiri.
D. Niko mempunyai sifat rendah hati, sedangkan Arko lebih suka menyombongkan dirinya.


27. Dua pesan moral yang bisa diambil dari teks cerita Sepasang Saudara Penyihir adalah...
□ Kita harus saling menasihati dan menyayangi dalam kehidupan.
□ Janganlah kita berlaku sombong karena akan mendapatkan balasan.
□ Niko berubah menjadi batu setelah berusaha menyihir sebuah cermin.
□ Arko dan Niko adalah kakak adik yang mempunyai kelebihan sebagai penyihir.


28. Bacalah kutipan teks berikut!
Saat orangtua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia karena kebutuhan mereka dapat tercukupi.

Meskipun begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. Ia tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.

Kutipan teks tersebut dalam teks cerita fantasi termasuk struktur bagian...
A. komplikasi
B. interpretasi
C. orientasi
D. resolusi


29. Cermati kutipan cerita berikut!

Tetapi, pandanganku hanya tertuju kepada sebuah cemin besar yang dikelilingi ukiran yang sangat indah. Setelah kutanya harganya Rp. 895.000. Karena tertarik, aku segera membelinya tanpa pikir panjang. Kata penjaga di sana, cermin itu akan dikirim tepat jam 4 sore.

“Tiiiiiin!!! tiiiiiin!!!” klakson mobil pengantar cermin itu pun terdengar. Casey segera berlari untuk membukakan pintu rumahnya.

“Silakan masuk Pak. Kamar saya ada di sana.” Ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.

Penulisan kalimat langsung yang tepat pada kalimat bercetak miring tersebut adalah...
A. “Silakan masuk Pak. Kamar saya ada di sana.?” Ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.
B. “Silakan masuk Pak. Kamar saya ada di sana. Ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.”
C. “Silakan masuk, Pak. Kamar saya ada di sana,” ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.
D. Silakan masuk Pak. “Kamar saya ada di sana.” Ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.


(1) Dengan rasa takut si pemuda yang merasa prihatin dan iba kemudian menghampiri sembari mencoba menolong singa.
(2) Ia tidak memiliki harta benda kecuali gubuk yang sudah rapuh peninggalan orang tuanya.
(3) Ketika suatu hari pemuda tersenut tengah mencari kayu bakar, terdengar di balik semaksemak suara raungan singa yang sedang kesakitan.
(4) Untuk menghidupi dirinya, pemuda tersebut selalu mencari bakar di hutan lalu dijualnya atau ditukarnya dengan kebutuhan pokok lainnya. meski hidup serba kekurangan, namun pemuda tersebut sangat baik hati dan penyabar.
(5) Dengan rasa cemas, di hampirinya singa tersebut yang sedang merintih karena sebuah serpihan kayu menusuk bagian punggung singa.
(6) Di suatu perkampungan, hiduplah pemuda miskin dan betang kara.


30. Urutan sistematis pokok-pokok teks fantasi tersebut adalah...
A. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)-(6)
B. (6)-(5)-(4)-(3)-(2)-(1)
C. (6)-(2)-(4)-(3)-(5)-(1)
D. (5)-(3)-(1)-(2)-(4)-(6)


31. Cermatilah kutipan teks berikut!
Tak lama kemudian cermin itu sudah dipasang. Orang-orang yang mengantar cermin itu, juga sudah pulang. Casey yang sendirian di rumah, asyik menatap cermin itu. “Ah, indah sekali cermin itu,” pikir Casey. Tapi, karena merasa janggal dengan cermin itu, Casey mulai mendekati cermin itu. “Aaaaaa…” Casey berteriak keras. Ia sangat ketakutan. Itu karena ada bayangan seseorang di cermin itu. Tapi bayangan itu bukan bayangan dirinya. Bayangan itu adalah bayangan gadis seusia Casey dengan wajah riang. “Aaaaaa…” Casey kembali berteriak. Kali ini ia berteriak karena bayangan itu bersuara kecil.
Konflik yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah...
A. Casey membeli sebuah cermin ajaib.
B. Ketika orang yang mengantar cermin pergi, Casey sendirian dirumah.
C. Casey mempunyai teman gadis bayangan yang seusia dengan dirinya.
D. Casey ketakutan karena cerminnya menampilkan bayangan bukan dirinya.


32. Cermatilah kutipan teks berikut!
“Aku sudah mendapat satu, sekarang giliranmu kawan…” kata elang kepada gagak.
Mendengar kata-kata elang tersebut, gagak menjadi panas. Sifat sombongnya mendorong dirinya untuk melakukan hal yang sama. “Kalau elang bisa, aku juga pasti bisa. Aku kan lebih kuat dari dia,” kata gagak dalam hati. Gagak pun langsung turun dengan cepat dan menyambar seekor anak domba. Setelah kukunya mencengkeram seekor anak domba, dia berusaha untuk membawa anak domba itu terbang. Tapi dia tak kuasa untuk terbang, dia baru sadar, dia tak sekuat elang. Lalu dia pun berusaha melepaskan cengkeramannya, tapi sial tak dapat ditolak. Kuku-kukunya tersangkut pada bulu-bulu domba. Sekuat apa pun dia berusaha, tetap tak bisa melepaskan dirinya. Ternyata kejadian tersebut diperhatikan oleh anak gembala yang sudah dari tadi melihat tingkah laku dua burung itu.

Akibat konflik dari cerita tersebut adalah...
A. Kuku-kuku burung gagak tersangkut pada bulu-bulu domba.
B. Burung gagak menjadi panas sehingga sifat sombongnya muncul.
C. Burung gagak menjadi sadar bahwa ia tidak sekuat burung elang.
D. Burung gagak yakin bisa melakukan hal yang sama seperti burung elang.


33. Cermatilah kutipan teks berikut!
Setiap Beruang melihat Angsa yang pergi ke sekolah memakai sepatu yang sobek. Hati Beruang terasa sakit, ia tidak tega temanya diejek. Beruang juga sadar bahwa keluarga Angsa sedang kesulitan.
Sepulang sekolah Beruang memberanikan diri menemui Kang Elang untuk membantunya di bengkel. Seminggu sudah Beruang bekerja di bengkel Kang Elang setiap pulang sekolah, ia berharap bisa menabung untuk membelikan Angsa sepatu baru.

Alasan Beruang bekerja di bengkel Kang Elang adalah...
A. Mencari uang karena ingin membeli sepatu.
B. Mencari uang untuk membantu Angsa membeli sepatu.
C. Merasa sakit hati dan tidak tega melihat temannya diejek.
D. Menabung untuk membantu keluarga Angsa yang kesulitan.


Cermatilah kutipan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 34 dan 35!

Ia pun sebagai putri yang baik menuruti sang ibu, dan memberikan makanan serta merawat nenek tua yang sakit. Hingga tak terasa hari sudah mulai malam dan tidak ada penerangan, gelap dan ia pun bingung ketika mau pulang. Secara tiba-tiba ada kumpulan kunang-kunang yang menjadi penerangnya dan menuntun jalan Candra Jelita.

Namun kunang-kunang bukan menuju ke arah rumahnya melainkan ke hutan. Ia pun bingung dan menanyai sang kunang-kunang mau dibawa kemana dirinya. Dan sang kunang-kunang menjawab kalau akan membawa Candra Jelita ke dalam hutan untuk menemui sang Dewi Bulan.


34. Pilihlah dua jawaban watak Candra Jelita dalam kutipan tersebut adalah...
□ patuh
□ penakut
□ baik hati
□ pembinggung


35. Latar tempat dan waktu kutipan cerpen tersebut adalah...
A. rumah Candra Jelita dan malam hari
B. malam hari dan jalan menuju hutan
C. jalan menuju hutan dan malam hari
D. rumah Dewi Bulan dan malam hari


36. Bacalah kutipan teks observasi berikut!
Buah manggis memiliki beberapa manfaat. Di kalangan masyarakat tradisional sendiri, buah manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, abses, dengan kemampuan anti peradangan atau anti inflamasi. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan antioksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah...
A. kemampuan buah manggis mengobati peradangan
B. manfaat buah manggis di kalangan tradisional
C. buah manggis sangat kaya akan antioksidan
D. manfaat yang dimiliki buah manggis


37. Bacalah kutipan teks observasi berikut!
Ciplukan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seluruh bagian ciplukan dapat mengobati darah tinggi, kolesterol, dan rematik. Akar tanaman ini berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes mellitus. Buahnya berkhasiat mengobati penyakit paru-paru, sakit tenggorokan, dan stroke. Sedangkan daun ciplukan dapat mengobati tumor dan kanker.
Simpulan teks tersebut adalah...
A. Ciplukan bisa mengobati penyakit diabetes mellitus
B. Tanaman ciplukan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
C. Darah tinggi, kolesterol, dan rematik bisa diobati dengan ciplukan.
D. Buah ciplukan bisa mengobati penyakit paru-paru, sakit tenggorokan, dan stroke.


38. Bacalah teks berikut!
Kulit lumba-lumba lembut dan kenyal. Terdapat lapisan lemak (blubber) di bawah kulitnya yang berfungsi untuk menjaga tubuh lumba-lumba agar tetap hangat. Di samping itu, blubber juga berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Daya apung lumba-lumba juga terbantu dengan keberadaan blubber yang lebih ringan daripada air. Hal ini menginspirasi produsen baju olahraga untuk menciptakan pakaian renang dengan karakteristik mirip kulit lumba-lumba.
Makna kata menginspirasi pada teks tersebut adalah...
A. mengilhami
B. membawa
C. mencari
D. melukis


Bacalah teks berikut!

Lumba-Lumba Hidung Botol

Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops truncatus) atau Bottlenose Dolphin merupakan mamalia laut yang masuk ke dalam bangsa Cetacea yang dapat hidup hingga 40-50 tahun.

Bentuk kepala lumba-lumba memungkinkannya untuk menahan atau melawan arus air sehingga tubuhnya dapat bergerak dengan mudah di dalam air. Lumba-lumba memiliki moncong berukuran besar dan ramping, dan tidak memiliki telinga luar. Lubang kecil yang terletak di belakang mata berfungsi sebagai telinga dalam.

Menggunakan alat pernapasan berupa paru-paru membuat lumba-lumba harus sering naik ke permukaan untuk menghirup udara. Pada umumnya lumba-lumba naik ke permukaan setiap 1-2 kali setiap menit. Lumba-lumba bernapas melalui blowhole, yaitu lubang hidung yang terletak di atas kepalanya. Dalam waktu kurang dari seperlima detik, lumba-lumba sudah mengosongkan dan mengisi kembali paru-parunya.

Kulit lumba-lumba lembut dan kenyal. Terdapat lapisan lemak (blubber) di bawah kulitnya yang berfungsi untuk menjaga tubuh lumba-lumba agar tetap hangat. Di samping itu, blubber juga berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Daya apung lumba-lumba juga terbantu dengan keberadaan blubber yang lebih ringan daripada air. Hal ini menginspirasi produsen baju olahraga untuk menciptakan pakaian renang dengan karakteristik mirip kulit lumba-lumba.


39. Jodohkan paragraf pada bagian A dengan struktur teks hasil observasi yang tepat pada bagian B!
Pernyataan (A)
1. paragraf pertama
2. paragraf kedua
3. paragraf ketiga
4. paragraf keempat

Jawaban (B)
(1) definisi umum
(2) gambaran umum
(3) kesimpulan


40. Perhatikan kalimat berikut!
Ada dua jenis muatan listrik, yang disebut positife dan negatif. Jika dua benda bermuatan listrik didekatkan satu sama lain, mereka akan memberikan gaya. Jika muatannya itu sama - baik positife atau keduanya negatif - gaya akan bertindak untuk mendorong benda jauh satu sama lain. Jika mereka memiliki muatan yang berbeda, mereka akan menarik satu sama lain. tolakan atau daya tarik dikenal sebagai gaya elektromagnetik, dan dapat dimanfaatkan untuk membuat aliran energy listrik.
Pilihlah 2 jawaban yang merupakan perbaikan penulisan imbuhan asing pada teks tersebut adalah...
□ Tertulis positife. Perbaikan positif.
□ Tertulis positife. Perbaikan positip.
□ Tertulis energy. Perbaikan energi.
□ Tertulis energy. Perbaikan enerji.


Catatan : 
  1. Soal AKM diatas tidak dilengkapi dengan Jawaban, jadi yuk sama-sama berdiskusi dengan cara menuliskan jawaban pada kolom komentar. Jangan lupa tuliskan Kelas, Nomor Soal dan Jawaban yang benar ya... Jawaban kalian akan membantu orang lain juga lho. hehehe Sebelumnya, terima kasih telah berperan aktif dengan cara memberikan komentar ya.
  2. File diatas dikemas dalam bentuk (.pdf), jadi bagi Bapak / Ibu yang mengalami kesulitan mengunduh dokumen diatas atau menginginkan file dokumen word (.doc), silahkan cantumkan alamat email yang aktif, Sinau-Thewe.com akan mengirimkan melalui email.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan soal diatas, silahkan Unduh Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40 Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel