Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh Peserta Didik menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.




Unduh Contoh Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 K13 Tahun 2022



Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting yaitu :
  • Kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai)
  • Pembelajaran (bagaimana mencapai)
  • Asesmen (apa yang sudah dicapai)

Asesmen dilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensi yang diharapkan. Atas dasar berbagi, informasi yang akan Sinau-Thewe.com bagikan adalah Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia SMP Kelas 7,8,9


A. Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Tahun 2022



Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 1 sampai 3!

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Kota Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Selain itu, terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 jam. Pantai Suwuk terletak 50 km dari pusat Kabupaten Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju kesana.

Tiba di bibir pantai yang indah para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memesona. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala. Debur ombak putih berbuih, bergulung-gulung menjadi lambang kesucian alam yang harus tetap dijaga. Di sebelah barat, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai sebagai wahana bagi para pengunjung yang ingin memancing. Yang menarik adalah pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini.

Bagi para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam. Awan berwarna emas, ungu, dan merah terang menandakan hari telah sore.

Warung-warung bambu dengan jajanan khas mereka berjajar di tepi pantai siap menggoda perut-perut yang sedang lapar. Berkunjung ke Pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika tidak menyempatkan untuk mampir sekedar menikmati makanan khas di pantai ini. Para pengunjung seperti disuguhkan jamuan sembari menikmati lukisan alam yang menakjubkan.

1. Ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalah...
A. Lambang kesucian alam terlihat indah dari ombak putih berbuih, bergulung-gulung.
B. Pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan.
C. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala.
D. Pemandangan yang sangat memesona memanjakan para pengunjung yang berada di bibir pantai.


2. Perhatikan kalimat-kalimat berikut. Pilihlah B (benar) atau S (salah) sesuaikan dengan teks Pantai Suwuk!
a. B / S = Pantai Suwuk terletak 22 km sebelah selatan Kota Karanganyar dan dapat ditempuh sekitar 45 menit.
b. B / S = Pantai Suwuk terletak sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 jam.
c. B / S = Di sebelah timur Pantai Suwuk, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai.
d. B / S = Pegunungan kapur memanjang dari timur sampai barat dan pegunungan itu berakhir di Pantai Suwuk.
e. B / S = Para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan.


3. Dua pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks Pantai Suwuk adalah...
□ Berapa waktu yang ditempuh dari Kota Gombong menuju Pantai Suwuk?
□ Mengapa ombak di Pantai Suwuk bisa putih bersih dan bergulung-gulung?
□ Berapa waktu yang ditempuh dari Kota Karanganyar ke pusat Kabupaten Kebumen?
□ Mengapa berkunjung ke pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika mampir menikmati makanan khas di Pantai Suwuk?


4. Berdasarkan kutipan teks teks Pantai Suwuk, jodohkan pertanyaan berikut dengan ciri kebahasaan yang tepat!
Pernyataan :
1. Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala.
2. pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini.
3. Tiba di bibir pantai yang indah para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memesona.
4. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam.

Kebahasaan :
A. Sinonim
B. Kalimat bermajas
C. antonim
D. Panca indra pengelihatan


Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 5 sampai 6!

Rumah Mungilku yang Baru

Sudah seminggu kami pindah ke rumah baru. Rumahku adalah rumah mungil yang berada persis di depan taman. Rumah itu hanya mempunyai luas 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Tidak luas dan tidak juga kecil buatku.

Kami memiliki taman kecil di teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni. Setiap tanaman tumbuh subur, ada tanaman bunga dan buah. Bahkan, tanaman cabe sudah berbuah banyak. Angrek bulan berwarna-warni digantung di teras rumah. Di kolam kecil ada bunga teratai berwarna ungu.Hal tersebut membuat sejuk dan nyaman apalagi untuk menghabiskan waktu liburku.

Bagian dalam rumahku pun tidak terlalu luas. Rumahku terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasananya harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Lantai keramik putih membuat rumah mungil ini tampak luas dan aku terampil membersihkannya dengan sapu.

Itulah rumah mungilku yang baru. Meski rumah ini baru, tetapi kenangan yang ada di rumah ini masih tetap sama. Di sinilah tempatku dan keluarga akan hidup bahagia bersama


5. Jodohkan paragraf pada bagian A dengan struktur teks deskripsi yang tepat pada bagian B!
Pernyataan (A)
1. paragraf pertama
2. paragraf kedua
3. paragraf ketiga
4. paragraf keempat
5. paragraf kelima

Jawaban (B)
(1) identifikasi
(2) deskripsi bagian
(3) kesimpulan


6. Tujuan penulisan teks deskripsi tersebut adalah...
A. menjelaskan rumah mungil yang baru
B. menuliskan keadaan rumah mungil yang baru
C. mengambarkan rumah mungil yang baru ditinggali
D. menceritakan bagian dalam rumah yang baru ditinggali


7. Makna kata “terampil” pada paragraf ketiga kalimat terakhir adalah...
A. ahli membuat sesuatu
B. pandai mengerjakan tugas
C. lihai menyelesaikan masalah
D. cakap menggunakan sesuatu




B. Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Tahun 2022



1. Bacalah teks berikut!
Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta merupakan strategi yang bersifat tambahan dalam penanganan pandemi Covid-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus melakukan tes dan pelacakan isolasi selama pembatasan sosial berskala besar berlangsung. Strategi tersebut harus dioptimalkan karena jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat PSBB berulang-ulang dan tidak diketahui kapan berakhirnya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Selasa, 8 Desember 2020.

Berdasarkan kutipan teks tersebut, jodohkan pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
Pernyataan :
1. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta merupakan strategi yang bersifat tambahan dalam penanganan pandemi Covid-19.
2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus melakukan tes dan pelacakan isolasi selama pembatasan sosial berskala besar berlangsung.
3. Strategi tersebut harus dioptimalkan karena jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat PSBB berulang-ulang dan tidak diketahui kapan berakhirnya.
4. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Selasa, 8 desember 2020.

Pokok Berita :
A. Siapa
B. Mengapa
C. Kapan
D. Apa


2. Perhatikan teks berikut!
Seorang pakar epidemologi menyebutkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi pandemi di Jakarta adalah daerah penyangga, yakni Jawa Barat dan Banten. Kondisi pandemi di daerah penyangga akan memengaruhi situasi pengendalian Covid-19 di Ibu Kota Jakarta apabila tidak ada pengendalian di perbatasan. Hal tersebut akan terus terjadi selama pengendalian tidak dilakukan secara setara dan merata di berbagai wilayah terutama yang ada dalam satu pulau. Apalagi pengendalian pandemi di kedua wilayah tersebut juga belum optimal sehingga memunkinkan penyebaran Covid-19 masih tinggi.

Simpulan teks tersebut adalah...
A. Pandemi di Jakarta dipengaruhi oleh daerah penyangga sehingga penanganannya harus optimal agar menurunkan angka penyebaran Covid-19.
B. Pandemi di Jakarta juga dipengaruhi oleh daerah penyangga, yakni Jawa Barat dan Banten sehingga ada penanganan khusus.
C. Pandemi di Jakarta juga dipengaruhi oleh daerah penyangga yang berpengaruh pada situasi pengendalian Covid-19 di Jakarta.
D. Pandemi di Jakarta juga dipengaruhi oleh daerah penyangga dan diupayakan tidak merata di berbagai wilayah.


3. Cermatlah teks berikut!
Puluhan pengunjung dan tamu restoran Golden Leaf International mengikuti rapid test saat razia protokol kesehatan. Hal tersebut dilaksanakan selama pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Hasil razia dilakukan dibarengi dengan penyegelan sementara restoran Golden Leaf karena melanggar protokol kesehatan. (...) Bahkan, di dalam restoran itu, terdapat dua pesta pernikahan digelar sekaligus.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah...
A. Restoran tersebut menggelar pesta pernikahan tanpa mendapatkan izin dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta.
B. Pelanggaran yang dilakukan oleh restoran tersebut sudah berkali-kali terjadi selama pandemic Covid-19.
C. Masyarakat meminta aparat bertindak tegas terhadap pelanggran yang dilakukan Golden Leaf International.
D. Penyegelan restoran mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat dan berharap tidak terulang lagi.


4. Bacalah teks berikut!
(1) Pandemi juga membuat pemerintah memutuskan kebijakan siswa belajar dari rumah (BDR).
(2) Pandemi Covid-19 telah menciptakan kebutuhan untuk menjaga jarak dalam interaksi sosial, karantina, dan isolasi.
(3) Selain itu, BDR juga diharapkan dapat mewujudkan terjadinya kurva landai Covid-19.
(4) BDR dianggap menjadi solusi terbaik untuk melindungi peserta didik dari penularan Covid-19.

Susunan yang runtut kalimat acak tersebut adalah...
A. (4)-(3)-(1)-(2)
B. (2)-(4)-(1)-(3)
C. (2)-(1)-(4)-(3)
D. (4)-(2)-(1)-(3)


5. Perhatikan data-data berikut!
□ Penambahan kasus positif di Jakarta per Selasa (8/12/2020) sebanyak 1.174 kasus
□ Kumulatif kasus positif Covid-19 menjadi 146.601 kasus
□ Sebanyak 132.248 orang telah dinyatakan sembuh
□ Sebanyak 2.842 orang meninggal dunia
□ Isolasi mandiri kini menjadi 11.511 orang

Teks berita yang benar berdasarkan data tersebut adalah...
A. Penambahan kasus positif di Jakarta per Selasa (8/12/2020) sebanyak 1.174 kasus. Penambahan itu menyebabkan kumulatif kasus positif Covid-19 menjadi 146.601 kasus. Dari kumulatif tersebut, sebanyak 132.248 orang telah dinyatakan sembuh, 2.842 orang meninggal dunia, dan isolasi mandiri kini menjadi sebanyak 11.511 orang.

B. Penambahan kasus positif di Jakarta per Selasa (8/12/2020) sebanyak 132.248 kasus. Penambahan itu menyebabkan kumulatif kasus positif Covid-19 menjadi 146.601 kasus. Dari kumulatif ersebut, sebanyak 1.174 orang telah dinyatakan sembuh, 2.842 orang meninggal dunia, dan sebanyak isolasi mandiri kini menjadi 11.511 orang.

C. Kasus positif di Jakarta per Selasa (8/12/2020) terus mengalami penurunan sebanyak 1.174 kasus. Penurunan tersebut itu menyebabkan kumulatif kasus positif Covid-19 menjadi 146.601 kasus. Dari kumulatif ersebut, sebanyak 132.248 orang telah dinyatakan sembuh, 2.842 orang meninggal dunia, dan sebanyak isolasi mandiri kini menjadi 11.511 orang.

D. Penurunan kasus positif di Jakarta per Selasa (8/12/2020) sebanyak 1.174 kasus. Penurunan itu menyebabkan orang meninggal dunia 2.842 kasus, sebanyak 132.248 orang telah dinyatakan sembuh, dan sebanyak isolasi mandiri kini menjadi 11.511 orang sehingga kumulatif kasus Covid-19 menjadi 146.601 kasus.


6. Cermatilah kutipan teks berikut!
Praktik pencegahan dan pengendalian Covid-19 tidak bisa terlepas dari kondisi lingkungan hidup. Semakin baik kualitas lingkungan hidup maka semakin tinggi pula ketangguhan diri keluarga dan imunitas.

Penjedaan yang tepat kutipan teks berita tersebut adalah...
A. Praktik pencegahan dan pengendalian Covid-19 / tidak bisa terlepas dari kondisi lingkungan hidup/ Semakin baik kualitas lingkungan hidup / maka semakin tinggi pula ketangguhan diri / keluarga / dan imunitas/

B. Praktik pencegahan / dan pengendalian Covid-19 / tidak bisa terlepas dari kondisi / lingkungan hidup// Semakin baik kualitas lingkungan hidup / maka semakin tinggi pula / ketangguhan diri / keluarga / dan imunitas//

C. Praktik pencegahan dan pengendalian / Covid-19 / tidak bisa terlepas dari kondisi / lingkungan hidup// Semakin baik kualitas lingkungan hidup / maka semakin tinggi pula / ketangguhan diri / keluarga / dan imunitas//

D. Praktik pencegahan dan pengendalian Covid-19 / tidak bisa terlepas dari kondisi lingkungan hidup// Semakin baik kualitas lingkungan hidup / maka semakin tinggi pula ketangguhan diri / keluarga / dan imunitas//


7. Perhatikan teks berikut!
Modifikasi anion dan ultraviolet terbukti dapat menghilangkan virus dan bakteri dalam dunia kesehatan. Penelitian yang telah dilakukan diwujudkan dalam sebuah alat kesehatan yang dapat digunakan di rumah sakit yang menangani pasien corona. Pemanfaatan alat ini dapat mengurangi sampah plastik yang terbuang. Selama ini APD berbahan plastik dapat digunakan berkali-kali sehingga hemat. Alat yang menggunakan modifikasi anion dan ultraviolet menjadi solusi agar APD tersebut dapat digunakan kembali dengan aman.

Perbaikan kalimat tidak padu bercetak tebal pada teks tersebut adalah...
A. Selama ini, APD berbahan plastik tidak dapat digunakan karena tidak nyaman dan aman bagi tenaga medis.
B. APD berbahan plastik bukan merupakan satu alternatif yang tepat untuk melindungi tenaga medis.
C. Selama ini APD berbahan plastik hanya dapat digunakan satu kali demi kemanan tenaga medis.
D. APD berbahan plastik tidak nyaman bagi tenaga medis karena terasa panas Ketika digunakan.




C. Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2022



1. Baca dengan cermat teks berikut!
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen orang tua siswa menginginkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi anak-anaknya. Namun, hingga saat ini baru 55 persen sekolah yang membuka PTM terbatas. Mendikbud mengatakan, untuk mendukung PTM terbatas perlu peran orang tua sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan dan pendidikan anak-anak. "Orang tua adalah garda depan (pemenuhan) kesehatan dan pendidikan bagi anak-anaknya. Mereka harus berperan aktif agar sekolah disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes)," ucap Nadiem. Nadiem berpesan kepada semua elemen bahwa peraturan mengenai PTM sudah jelas. Jadi orang tua, guru, tenaga pendidik, dan masyarakat lain di sekolah tinggal mengikuti aturan yang berlaku untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Apa maksud orang tua menjadi garda terdepan dalam pembelajaran tatap muka?
A. Orang tua bertanggung jawab penuh terhadap kemajuan belajar dan kesehatan para siswa.
B. Orang tua harus berperan aktif supaya sekolah tetap tertib menjalankan protokol kesehatan.
C. Orang tua wajib mengikuti aturan yang berlaku untuk mendukung pembelajaran tatap muka.
D. Orang tua sudah sewajarnya menjadi ujung tombak pendamping kegiatan bagi anak- anaknya.


2. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Serangan informasi atau berita hoaks berkeliaran di media sosial berbasis digital. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati dalam 'mengonsumsi'nya sebab bisa termakan isu yang tidak jelas kebenarannya itu. Terkait dengan hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membeberkan strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks di semua platform digital. Caranya, disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, yaitu memulai hulu ke hilir. Dari hulu kita melakukan literasi digital agar masyarakat tidak mudah terjebak hoaks, menyebarkan hoaks. Kemudian di tengah, kita memiliki EA yang kita sebut AIS yang berfungsi meng-crowling, menjaring hoaks-hoaks, termasuk konten negatif seperti pinjol Ilegal, perjudian, dan pornografi. Ada juga tim yang memantau 24 jam medsos dan platform. Sementara itu, untuk di hilir sendiri, Kemkominfo melakukan langkah-langkah strategis mulai dari memblokir situs hingga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk memproses pelaku hoaks.
Pernyataan :
(1) Masyarakat harus berhati-hati dengan banyaknya berita hoaks yang muncul di media sosial.
(2) Strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks dilakukan secara bertahap diawali dari hilir.
(3) Langkah strategis dari hulu yang dilakukan Kemkominfo adalah dengan memblokir situs.
(4) Di masyarakat perlu dilakukan literasi digital agar tidak mudah terjebak dan menyebarkan hoaks.

Pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan isi teks ditandai dengan nomor (pilih 2 nomor)...
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


3. Cermati infografis berikut!



Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental selama melakukan isolasi mandiri?
A. memprioritaskan pengaturan kegiatan terutama rutinitas primer
B. rutinitas sekunder dilaksanakan setelah terpenuhi rutinitas primer
C. mengatur waktu untuk kegiatan rutinitas baik primer maupun sekunder
D. aktivitas utama yang dilakukan sebagai rutinitas adaah tidur dan olahraga


4. Bacalah teks berikut!

Fenomena Balap Lari Liar, Kriminolog: Bisa Memicu Tawuran

Di tengah pandemi Covid-19 muncul fenomena unik yang digandrungi oleh kaum muda, yaitu adu balap lari liar. Biasanya adu lari ini dilakukan oleh para remaja dan berlangsung malam hari dengan menutup jalan raya. Banyak yang menilai ajang adu balap liar ini mengganggu ketertiban umum, juga sebagai ajang judi. Pakar Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Maria Zuraida menilai balap lari liar di beberapa wilayah ini jelas bukan mencari bakat atau ajang atlet lari. Karena melanggar lalu lintas, sangat membahayakan pengendara mobil, sepeda motor dan pengguna jalan lainnya. "Ini ajang remaja yang berbahaya jika jagonya kalah dan dapat memicu tawuran antar gang atau kelompok. Sering membawa korban materi bahkan nyawa," kata Zuraida. Maka alangkah baiknya tidak berkerumun, yang berakibat bertambahnya pasien positif Covid-19.
Tanggapan :
(1) Adu balap lari liar semestinya dilarang, apalagi dilakukan pada masa pandemi Covid-19.
(2) Ajang balap lari liar sangat mengganggu ketertiban umum sehingga perlu ditindak.
(3) Kaum muda yang melakukan latihan adu balap lari liar untuk menunjukkan bakatnya perlu didukung.
(4) Adu balap lari liar bisa dilakukan asal mematuhi protokol kesehatan dan menghormati pengguna jalan lain.

Pilihlah 2 tanggapan yang tepat terhadap fenomena yang dilakukan oleh kaum muda tersebut sesuai isi teks!
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


5. Bacalah teks berikut!

Stop Bullying

Bullying adalah tindakan mengintimidasi dan memaksa seorang individu atau kelompok yang lebih lemah untuk melakukan sesuatu di luar kehendak mereka dengan maksud membahayakan fisik, mental, maupun emosional melalui pelecehan atau penyerangan. Sekolah merupakan salah satu tempat di mana bullying biasanya terjadi. Bentuk paling umum dari bullying di sekolah adalah pelecehan verbal yang biasanya dalam bentuk ejekan dan godaan.

Mengapa seseorang bisa melakukan bullying? Pelaku bullying melakukan aksi bullying dengan berbagai alasan. Biasanya karena mencari perhatian dari teman sebaya dan orang tua mereka atau juga karena merasa penting dan memegang kendali. Namun, tak banyak juga aksi bullying dipacu karena meniru adegan pada program TV. Bullying tentu memiliki efek buruk berjangka panjang bagi korban bullying dan pelaku bullying itu sendiri. Bagi korban bullying, perlakuan itu merenggut rasa percaya diri mereka. Sedangkan bagi pelaku bullying tindakan itu akan menjadi kebiasaan untuk meningkatkan ego mereka. Lebih parahnya lagi banyak korban bullying yang tidak akan mengeluh karena takut menerima aksi dari pelaku bullying.

Alasan melakukan bullying :
(1) meniru adegan program TV
(2) mencari perhatian teman sebaya
(3) pernah mendapat perlakuan kasar
(4) tidak mempunyai rasa percaya diri

Pilih 2 alasan seseorang bisa melakukan bullying sesuai isi teks tersebut!
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


6. Cermati infografis berikut!


Manakah yang merupakan kalimat simpulan infografik tersebut?
A. Olahraga mandiri bisa dilaksanakan dengan tetap mengutamakan dan melaksanakan protokol kesehatan.
B. Protokol kesehatan harus dipatuhi dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat individu maupun massal
C. Pada masa adaptasi kebiasaan baru, kegiatan olahraga tidak dibatasi tetapi tetap menjaga kesehatan
D. Olahraga merupakan bentuk kegiatan yang menyehatkan pada masa adaptasi kebiasaan baru.


7. Baca teks berikut!
Keberagaman adalah anugerah bagi Indonesia karena keberagaman Indonesia memiliki banyak potensi dan kekayaan yang luar biasa. Jika dilihat secara global, Indonesia adalah penghasil gas alam cair terbesar di dunia (20 persen dari suplai seluruh dunia), produsen timah terbesar. Indonesia juga memiliki terumbu karang terkaya di dunia. Indonesia menempati peringkat pertama dalam produk pertanian, yaitu cengkeh dan pala serta peringkat kedua penghasil karet alam dan minyak sawit mentah. Selain itu, Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis yaitu sekitar 80 persen di pasar dunia. Indonesia juga memiliki jenis bunga anggrek terbanyak di dunia yaitu sekitar 6 ribu jenis bunga anggrek, termasuk bunga anggrek hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Indonesia adalah negara maritim terluas di dunia dan memiliki hutan bakau terbesar. Sungguh karunia yang luar biasa. Wajar jika ada negara yang ingin memiliki kekayaan atau ingin mengakui budaya atau kesenian Indonesia sebagai budaya asli negara lain.

Apa kesimpulan wacana tersebut?
A. Keberagaman budaya daerah merupakan potensi dan anugerah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.
B. Kekayaan alam dan keberagaman budaya Indonesia merupakan anugerah yang perlu dijaga kelestariannya.
C. Indonesia merupakan salah satu negara besar yang kaya akan keberagaman budaya dan alam yang indah.
D. Kekayaan alam yang berlimpah dan budaya Indonesia yang beragam menjadi pesona tersendiri bagi negara lain.




Demikian informasi tentang Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel