40 Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs

Contoh Soal HOTS / Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs K13 Revisi Tahun 2022 - Asesmen Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Peserta Didik. Untuk itu, kompetensi tersebut harus dikembangkan secara lintas mata pelajaran, salah satunya adalah Soal Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP.




Contoh Soal Asesmen Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Tahun 2022



1. Baca dengan cermat teks berikut!
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen orang tua siswa menginginkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi anak-anaknya. Namun, hingga saat ini baru 55 persen sekolah yang membuka PTM terbatas. Mendikbud mengatakan, untuk mendukung PTM terbatas perlu peran orang tua sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan dan pendidikan anak-anak. "Orang tua adalah garda depan (pemenuhan) kesehatan dan pendidikan bagi anak-anaknya. Mereka harus berperan aktif agar sekolah disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes)," ucap Nadiem. Nadiem berpesan kepada semua elemen bahwa peraturan mengenai PTM sudah jelas. Jadi orang tua, guru, tenaga pendidik, dan masyarakat lain di sekolah tinggal mengikuti aturan yang berlaku untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Apa maksud orang tua menjadi garda terdepan dalam pembelajaran tatap muka?
A. Orang tua bertanggung jawab penuh terhadap kemajuan belajar dan kesehatan para siswa.
B. Orang tua harus berperan aktif supaya sekolah tetap tertib menjalankan protokol kesehatan.
C. Orang tua wajib mengikuti aturan yang berlaku untuk mendukung pembelajaran tatap muka.
D. Orang tua sudah sewajarnya menjadi ujung tombak pendamping kegiatan bagi anak- anaknya.


2. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Serangan informasi atau berita hoaks berkeliaran di media sosial berbasis digital. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati dalam 'mengonsumsi'nya sebab bisa termakan isu yang tidak jelas kebenarannya itu. Terkait dengan hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membeberkan strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks di semua platform digital. Caranya, disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, yaitu memulai hulu ke hilir. Dari hulu kita melakukan literasi digital agar masyarakat tidak mudah terjebak hoaks, menyebarkan hoaks. Kemudian di tengah, kita memiliki EA yang kita sebut AIS yang berfungsi meng-crowling, menjaring hoaks-hoaks, termasuk konten negatif seperti pinjol Ilegal, perjudian, dan pornografi. Ada juga tim yang memantau 24 jam medsos dan platform. Sementara itu, untuk di hilir sendiri, Kemkominfo melakukan langkah-langkah strategis mulai dari memblokir situs hingga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk memproses pelaku hoaks.
Pernyataan :
(1) Masyarakat harus berhati-hati dengan banyaknya berita hoaks yang muncul di media sosial.
(2) Strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks dilakukan secara bertahap diawali dari hilir.
(3) Langkah strategis dari hulu yang dilakukan Kemkominfo adalah dengan memblokir situs.
(4) Di masyarakat perlu dilakukan literasi digital agar tidak mudah terjebak dan menyebarkan hoaks.

Pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan isi teks ditandai dengan nomor (pilih 2 nomor)...
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


3. Cermati infografis berikut!



Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental selama melakukan isolasi mandiri?
A. memprioritaskan pengaturan kegiatan terutama rutinitas primer
B. rutinitas sekunder dilaksanakan setelah terpenuhi rutinitas primer
C. mengatur waktu untuk kegiatan rutinitas baik primer maupun sekunder
D. aktivitas utama yang dilakukan sebagai rutinitas adaah tidur dan olahraga


4. Bacalah teks berikut!

Fenomena Balap Lari Liar, Kriminolog: Bisa Memicu Tawuran

Di tengah pandemi Covid-19 muncul fenomena unik yang digandrungi oleh kaum muda, yaitu adu balap lari liar. Biasanya adu lari ini dilakukan oleh para remaja dan berlangsung malam hari dengan menutup jalan raya. Banyak yang menilai ajang adu balap liar ini mengganggu ketertiban umum, juga sebagai ajang judi. Pakar Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Maria Zuraida menilai balap lari liar di beberapa wilayah ini jelas bukan mencari bakat atau ajang atlet lari. Karena melanggar lalu lintas, sangat membahayakan pengendara mobil, sepeda motor dan pengguna jalan lainnya. "Ini ajang remaja yang berbahaya jika jagonya kalah dan dapat memicu tawuran antar gang atau kelompok. Sering membawa korban materi bahkan nyawa," kata Zuraida. Maka alangkah baiknya tidak berkerumun, yang berakibat bertambahnya pasien positif Covid-19.
Tanggapan :
(1) Adu balap lari liar semestinya dilarang, apalagi dilakukan pada masa pandemi Covid-19.
(2) Ajang balap lari liar sangat mengganggu ketertiban umum sehingga perlu ditindak.
(3) Kaum muda yang melakukan latihan adu balap lari liar untuk menunjukkan bakatnya perlu didukung.
(4) Adu balap lari liar bisa dilakukan asal mematuhi protokol kesehatan dan menghormati pengguna jalan lain.

Pilihlah 2 tanggapan yang tepat terhadap fenomena yang dilakukan oleh kaum muda tersebut sesuai isi teks!
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


5. Bacalah teks berikut!

Stop Bullying

Bullying adalah tindakan mengintimidasi dan memaksa seorang individu atau kelompok yang lebih lemah untuk melakukan sesuatu di luar kehendak mereka dengan maksud membahayakan fisik, mental, maupun emosional melalui pelecehan atau penyerangan. Sekolah merupakan salah satu tempat di mana bullying biasanya terjadi. Bentuk paling umum dari bullying di sekolah adalah pelecehan verbal yang biasanya dalam bentuk ejekan dan godaan.

Mengapa seseorang bisa melakukan bullying? Pelaku bullying melakukan aksi bullying dengan berbagai alasan. Biasanya karena mencari perhatian dari teman sebaya dan orang tua mereka atau juga karena merasa penting dan memegang kendali. Namun, tak banyak juga aksi bullying dipacu karena meniru adegan pada program TV. Bullying tentu memiliki efek buruk berjangka panjang bagi korban bullying dan pelaku bullying itu sendiri. Bagi korban bullying, perlakuan itu merenggut rasa percaya diri mereka. Sedangkan bagi pelaku bullying tindakan itu akan menjadi kebiasaan untuk meningkatkan ego mereka. Lebih parahnya lagi banyak korban bullying yang tidak akan mengeluh karena takut menerima aksi dari pelaku bullying.

Alasan melakukan bullying :
(1) meniru adegan program TV
(2) mencari perhatian teman sebaya
(3) pernah mendapat perlakuan kasar
(4) tidak mempunyai rasa percaya diri

Pilih 2 alasan seseorang bisa melakukan bullying sesuai isi teks tersebut!
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


6. Cermati infografis berikut!


Manakah yang merupakan kalimat simpulan infografik tersebut?
A. Olahraga mandiri bisa dilaksanakan dengan tetap mengutamakan dan melaksanakan protokol kesehatan.
B. Protokol kesehatan harus dipatuhi dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat individu maupun massal
C. Pada masa adaptasi kebiasaan baru, kegiatan olahraga tidak dibatasi tetapi tetap menjaga kesehatan
D. Olahraga merupakan bentuk kegiatan yang menyehatkan pada masa adaptasi kebiasaan baru.


7. Baca teks berikut!
Keberagaman adalah anugerah bagi Indonesia karena keberagaman Indonesia memiliki banyak potensi dan kekayaan yang luar biasa. Jika dilihat secara global, Indonesia adalah penghasil gas alam cair terbesar di dunia (20 persen dari suplai seluruh dunia), produsen timah terbesar. Indonesia juga memiliki terumbu karang terkaya di dunia. Indonesia menempati peringkat pertama dalam produk pertanian, yaitu cengkeh dan pala serta peringkat kedua penghasil karet alam dan minyak sawit mentah. Selain itu, Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis yaitu sekitar 80 persen di pasar dunia. Indonesia juga memiliki jenis bunga anggrek terbanyak di dunia yaitu sekitar 6 ribu jenis bunga anggrek, termasuk bunga anggrek hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Indonesia adalah negara maritim terluas di dunia dan memiliki hutan bakau terbesar. Sungguh karunia yang luar biasa. Wajar jika ada negara yang ingin memiliki kekayaan atau ingin mengakui budaya atau kesenian Indonesia sebagai budaya asli negara lain.

Apa kesimpulan wacana tersebut?
A. Keberagaman budaya daerah merupakan potensi dan anugerah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.
B. Kekayaan alam dan keberagaman budaya Indonesia merupakan anugerah yang perlu dijaga kelestariannya.
C. Indonesia merupakan salah satu negara besar yang kaya akan keberagaman budaya dan alam yang indah.
D. Kekayaan alam yang berlimpah dan budaya Indonesia yang beragam menjadi pesona tersendiri bagi negara lain.


8. Perhatikan infografik berikut!


Pilih Benar atau Salah pernyataan berikut sesuai dengan isi infografis tersebut?
1. B / S : Penegak hukum mengupayakan perlindungan habitat terhadap masyarakat.
2. B / S : Pemerintah perlu lebih banyak mengangkat isu terkait satwa dan lingkungan
3. B / S : Masyarakat umum perlu mendukung upaya konservasi satwa di habitatnya.
4. B / S : Pecinta burung menikmati dan membeli burung hasil tangkaran yang ilegal.


9. Perhatikan teks berikut!

Rumah Adat Limasan

Rumah adat ini disebut Limasan karena mempunyai bentuk atap seperti bentuk limas yang mempunyai empat sisi pada bagian atapnya. Desain dari rumah ini terkenal sederhana tapi sangat indah. Kelebihan dari bangunan limasan ada pada sifatnya yang dapat meredam sebuah bencana gempa bumi. Rumah adat Jawa Tengah ini mempunyai ciri khas penggunaan konstruksi atap yang kokoh sekali dan berbentuk lengkungan terpisah antara satu ruang dengan ruang yang lainnya. Rumah adat ini di bangun dari empat tiang utama. Bangunan tradisional ini masih menggunakan banyak sekali elemen natural. Sedangkan untuk kemampuannya dalam meredam bencana gempa bumi dikarenakan sistem struktur yang digunakan.

Struktur limasan dapat berupa rangka yang telah memperlihatkan batang kayu.juga dengan cara menerapkan bentuk kubus yang beratap limas, didasarkan pada sifat sambung kayu tersebut, semuanya mempunyai sifat mengantisipasi gaya tarik. Selain itu, sistem tumpuan serta sambungannya membuat rumah adat ini dapat meredam sebuah guncangan. Sistem tumpuannya yaitu pada sebuah sendi. Hal ini berfungsi untuk mengimbangi struktur atas yang bersifat jepit.

Tentukan benar atau salah pernyataan berikut sesuai isi teks!
1. B/S : Desain rumah adat Limasan tidaklah sederhana
2. B/S : Rumah adat Limasan terdapat 4 tiang utama
3. B/S : Konstruksi atap rumah adat Limasan sangat kokoh
4. B/S : Sistem tumpuan rumah adat Limasan untuk meredam guncangan


10. Bacalah teks berikut!

Pidato Lengkap Nadiem Makarim dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021

Saudara-saudari yang saya muliakan,

Saya ingin, anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar.

Empat upaya perbaikan terus kami kerjakan bersama berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Sejak saya menjabat sampai dengan saat ini, termasuk pada masa pandemi, sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan- terobosan Merdeka Belajar yang akan kita lakukan. Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan.

Dari lubuk hati yang terdalam, saya dan keluarga besar kementerian mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.
Terobosan Nadiem Makarim :
(1) Transformasi pendidikan program Merdeka Mengajar
(2) Upaya perbaikan pada infrastruktur dan teknologi
(3) Perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya
(4) Upaya penyederhanaan kurikulum, pedagogi, dan asesmen

Pilih 2 nomor terobosan yang dilakukan Nadiem Makarim sesuai isi teks tersebut!
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


11. Bacalah teks berikut!

2021, KPAI Sebut Angka Anak Putus Sekolah Naik

Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan sejak Januari 2021, terjadi peningkatan jumlah anak putus sekolah selama masa pandemi Covid-19.

Retno menyebutkan, pemantauan ini dilakukan pada Februari 2021 di antaranya; Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, dan Provinsi DKI Jakarta. Pemantauan dilakukan dengan pengawasan langsung untuk Kota Bandung dan Cimahi, dan wawancara secara daring dengan guru dan kepala sekolah jaringan guru Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).

“Ada lima alasan yang menyebabkan anak putus sekolah, yaitu karena menikah, bekerja, menunggak iuran SPP-sumbangan pembinaan sekolah, kecanduan game online, dan meninggal dunia,” kata Retno dalam siaran pers. Retno menyebutkan, pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama setahun, seharusnya pemerintah daerah (pemda) sudah dapat memetakan permasalahan pendidikan di wilayahnya, sehingga tidak ada peserta didik yang putus sekolah.

“Namun faktanya, KPAI justru menemukan data-data lapangan yang menunjukkan angka putus sekolah cukup tinggi, terutama menimpa anak-anak yang berasal dari keluarga miskin,” ucap dia.

Berikut ini merupakan penyebab anak putus sekolah menurut isi teks tersebut.
1. B/S : Anak tidak lagi sekolah karena menikah
2. B/S : Anak terpaksa bekerja sehingga tidak melanjutkan sekolah
3. B/S : Sikap malas juga menjadi penyebab anak putus sekolah
4. B/S : Karena tidak lulus, anak juga tidak melanjutkan sekolah


12. Bacalah teks berikut!

Mendidik dengan Buku, Bukan dengan Uang

Indonesia telah mengalami kemajuan di bidang pendidikan, sekitar 97 persen dari anak-anak berusia 7 sampai 12 tahun di seluruh Indonesia sudah bersekolah. Namun, sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang ada, karena pendidikan di Indonesia sangat bergantung dengan kondisi politik dan ekonomi negara. Kebutuhan ekonomi ini yang membuat anak-anak di bawah umur dipekerjakan oleh orang tua mereka di jalanan untuk membantu perekonomian keluarga. Jumlah anak dengan usia 5-9 tahun yang aktif bekerja faktanya juga cukup tinggi.

Dewasa ini, kita sering temui anak-anak yang masih di bawah umur mencari uang di lampu merah, di trotoar, dan di tempat umum lainnya. Mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ada beberapa kasus di mana anak-anak tersebut, terutama yang mengemis atau mengamen, memiliki orang di balik pekerjaan mereka yang akan meminta uang hasil kerja mereka untuk kepentingan dirinya sendiri. Hal ini secara tidak langsung sudah melanggar hak anak Indonesia untuk bersekolah dan menuntut ilmu. Anak- anak yang seharusnya mencicipi bangku sekolah dan menuntut ilmu untuk menggapai cita-citanya, harus terhenti begitu saja karena masalah ekonomi keluarga. Orang tua mereka ini lebih memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya dengan alasan tidak ada biaya dan himpitan ekonomi.

Apa penyebab masih adanya anak-anak di Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan?
A. Kebutuhan ekonomi yang belum mencukupi memaksa anak-anak harus bekerja membantu orang tua.
B. Ketergantungan pada kondisi politik dan budaya negara turut berperan dalam kemajuan pendidikan
C. Orang tua tidak tertarik ke sekolah dan menuntut anak-anaknya agarmembantu pekerjaan orang tua.
D. Anak-anak dipekerjakan oleh orang-orang yang ingin memanfaatkan kekayaannya demi kebutuhan dirinya sendiri.


13. Bacalah teks berikut!

Mendidik dengan Buku, Bukan dengan Uang

Indonesia telah mengalami kemajuan di bidang pendidikan, sekitar 97 persen dari anak-anak berusia 7 sampai 12 tahun di seluruh Indonesia sudah bersekolah. Namun, sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang ada, karena pendidikan di Indonesia sangat bergantung dengan kondisi politik dan ekonomi negara. Kebutuhan ekonomi ini yang membuat anak-anak di bawah umur dipekerjakan oleh orang tua mereka di jalanan untuk membantu perekonomian keluarga. Jumlah anak dengan usia 5-9 tahun yang aktif bekerja faktanya juga cukup tinggi.

Dewasa ini, sering kita temui anak-anak yang masih di bawah umur mencari uang di lampu merah, di trotoar, dan di tempat umum lainnya. Mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ada beberapa kasus di mana anak-anak tersebut, terutama yang mengemis atau mengamen, memiliki orang di balik pekerjaan mereka yang akan meminta uang hasil kerja mereka untuk kepentingan dirinya sendiri. Hal ini secara tidak langsung sudah melanggar hak anak Indonesia untuk bersekolah dan menuntut ilmu. Anak- anak yang seharusnya mencicipi bangku sekolah dan menuntut ilmu untuk menggapai cita-citanya, harus terhenti begitu saja karena masalah ekonomi keluarga. Orang tua mereka ini lebih memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya dengan alasan tidak ada biaya dan himpitan ekonomi.

Kasus yang termasuk pelanggaran hak anak menurut isi teks tersebut adalah...
A. mengemis dan mengamen di jalan
B. bekerja di tempat-tempat umum
C. membantu orang tua bekerja
D. memaksa anak tidak sekolah


14. Bacalah teks berikut!
Indonesia menempati ranking ke-62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Rendahnya tingkat literasi bangsa Indonesia ditengarai karena selama berpuluh-puluh tahun bangsa Indonesia hanya berkutat pada sisi hilir. Syarif mengatakan sisi hilir yang dimaksud yakni masyarakat yang terus dihakimi sebagai masyarakat yang rendah budaya bacanya. Stigma tersebut yang mengakibatkan Indonesia menjadi rendah daya saingnya, rendah indeks pembangunan SDM-nya, rendah inovasinya, rendah income per kapitanya, hingga rendah rasio gizinya. Itu semua akhirnya berpengaruh pada rendahnya indeks kebahagiaan warga Indonesia itu sendiri. Maka perlu adanya sisi hulu, termasuk peran negara yang dapat menghadirkan buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, termasuk bagi masyarakat yang tinggal di pelosok. Salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengurangi rasio keterbatasan buku secara nasional berdasarkan hasil diskusi dengan sejumlah pemangku kepentingan di daerah adalah agar para Bupati, Walikota, dan Gubernur bertanggung jawab untuk menuliskan buku-buku yang sesuai dengan lokal konten.

Pernyataan
(1) Berdasarkan data PISA, Indonesia termasuk negara dengan tingkat literasi rendah.
(2) Masyarakat selalu dihakimi sebagai masyarakat dengan budaya baca yang rendah.
(3) Negara harus ikut berperan dalam pemenuhan kebutuhan untuk kebahagiaan warga negara.
(4) Para pejabat harus bertanggung jawab untuk menulis buku yang berisi konten lokal.

Pernyataan manakah yang sesuai dengan isi teks? (pilih 2 nomor)
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


15. Bacalah teks berikut!

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia?

Persatuan bangsa berarti persatuan bangsa Indonesia yang menghuni wilayah nusantara. Bersatunya bangsa Indonesia sendiri didorong atas kemauan untuk mencapai kehidupan bangsa yang bebas dan penuh tanggung jawab dalam suatu wadah negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Persatuan dalam bangsa perlu terus dibina. Jika hal tersebut terus dibina akan melahirkan kesatuan bangsa, yakni suatu kondisi yang utuh yang memperlihatkan keamanan, kesentosaan, dan kejayaan.

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Jawabannya tentu agar bangsa Indonesia terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan.

Melansir dari laman Kemdikbud, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu bentuk negara yang luas dan memiliki beragam adat, suku, keyakinan, serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Berikut merupakan pesan yang sesuai dengan isi teks:
1. B/S : Persatuan bangsa akan terbentuk dengan sendirinya sehingga kita tidak perlu ragu.
2. B/S : Persatuan sangat penting agar bangsa Indonesia terhindar dari konflik.
3. B/S : Persatuan bangsa harus terus dibina sehingga melahirkan kesatuan bangsa yang utuh.
4. B/S : Bersatunya bangsa Indonesia didorong oleh rasa tanggung jawab dan kesadaran.


16. Bacalah teks berikut!
Kebijakan yang mewajibkan pelaku penerbangan domestik menyertakan hasil pemeriksaan negatif Covid-19 dengan tes PCR meski sudah mendapat vaksin dosis kedua menuai banyak kritikan karena dinilai memberatkan penumpang. Ketua Penanganan Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mendukung aturan wajib tes PCR bagi penumpang moda transportasi udara atau pesawat. Selain memiliki tingkat akurasi yang tinggi daripada tes antigen, kebijakan tes PCR dari pemerintah ini tepat karena lebih mempertimbangkan sisi kesehatan. Diharapkan dengan pengetatan testing ini penularan Covid-19 dapat ditekan semaksimal mungkin.

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PAN Athari Gauthi Ardi mempertanyakan kebijakan pemberlakuan syarat naik pesawat wajib tes PCR. Menurutnya, kebijakan baru ini keliru karena sebagian masyarakat sudah mendapatkan vaksin dosis kedua. Menurut dia, pesawat terbang merupakan alat transportasi paling aman dan siap dibandingkan dengan yang lainnya dalam menghadapi Covid-19. Athari mengatakan kebijakan PCR bagi penumpang pesawat akan membebankan masyarakat dan berpotensi pada penurunan jumlah penumpang serta kerugian maskapai.

Alasan yang mendukung kebijakan pelaksanaan tes PCR bagi pelaku penerbangan domestik adalah...
A. Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang paling aman.
B. Sebagian besar masyarakat sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.
C. Tes PCR akan memberikan dampak menurunnya jumlah penumpang.
D. Kebijakan tes PCR dari pemerintah ini akan menekan penularan Covid-19.


17. Perhatikan infografis berikut!


Berdasarkan data yang ada dalam tabel tersebut, jodohkan pernyataan dengan jawaban berikut!
Pernyataan :
1. Kandungan gizi terendah pada ikan mas
2. Kandungan gizi terendah pada belut
3. Kandungan gizi tertinggi pada kepiting
4. Kandungan gizi yang jumlahnya sama untuk ikan kakap dan ikan bandeng

Jawaban :
A. lemak
B. protein
C. energi
D. karbon


18. Perhatikan tabel berikut!


Pernyataan yang sesuai dengan data perkembangan vaksinasi Covid-19 adalah...
A. Jumlah terendah vaksinasi dosis -1 adalah kelompok disabilitas.
B. Vaksinasi dosis -2 untuk remaja lebih tinggi jumlahnya daripada lansia.
C. Jumlah terbanyak vaksinasi dosis -2 adalah masyarakat rentan dan umum.
D. Vaksinasi dosis-1 untuk ibu hamil lebih rendah jumlahnya daripada disabilitas.


19. Perhatikan teks berikut!
Lingkungan Kotor dan Polusi Sampah Serta Dampak Buruknya Terhadap Manusia. Tak hanya membawa dampak buruk bagi lingkungan, polusi sampah dan lingkungan yang kotor juga dapat membawa dampak buruk pada manusia yang tinggal di lingkungan tertentu. Sebagai contoh, polusi sampah diketahui dapat mengakibatkan peningkatan berbagai macam penyakit infeksi saluran pencernaan, sebagainya. Hal ini disebabkan karena dengan adanya sampah yang menumpuk tanpa dibuang ke tempat yang selayaknya. Binatang pembawa penyakit seperti lalat akan menjadi semakin banyak dan tentu saja, itu bukan satu-satunya dampak buruk lingkungan kotor serta polusi terhadap manusia. Dampak lain dari lingkungan yang kotor dan polusi sampah terhadap manusia yang sudah semestinya kita cegah yaitu terjadinya gangguan pernafasan. Hal ini bisa terjadi jika solusi yang digunakan untuk mengelola sampah yang menggunung adalah dengan membakarnya. Sampah yang dibakar, terutama jika sampah yang dimaksud adalah sampah anorganik, dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia yang hidup di dalamnya.
Dampak buruk polusi sampah :
(1) Lingkungan kotor dan penyakit infeksi saluran pencernaan meningkat.
(2) Kualitas hidup manusia menjadi menurun karena pola hidup tak sehat.
(3) Berbagai macam bakteri pengurai hidup di tumpukan sampah organik.
(4) Gangguan pernapasan dirasakan manusia karena pembakaran sampah.

Dampak buruk dari polusi sampah sesuai isi bacaan tersebut ditandai kalimat nomor (pilih 2 nomor)
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4)


20. Bacalah teks berikut!

Makna Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan panjang Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pada 28 Oktober 1928 atau 93 tahun lalu, para pemuda Indonesia yang berasal dari berbagai daerah berkumpul untuk mengucapkan ikrarnya.

Sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dalam Kongres Pemuda II Indonesia. Kongres tersebut merupakan pertemuan besar pada 1928. Dalam pertemuan itu hadir para pelajar dari seluruh wilayah Nusantara yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemuda II itu digelar tiga sesi di tiga tempat berbeda. Organisasi kepemudaan yang hadir saat itu di antaranya Jong Java, Jong Batak, Jong Ambon, dan Jong Islamieten Bond. Sesi pertama dilakukan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) yang sekarang bernama Lapangan Banteng. Ketua PPPI, Soegondo Djojopuspito saat itu berharap Kongres Pemuda II diharapkan dapat mempererat semangat persatuan di antara para pemuda. Sesi kedua digelar pada 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Dalam sesi itu dibahas masalah pendidikan yang sangat penting untuk anak. Sesi ketiga yang merupakan sesi penutup digelar di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Saat itu, rumusan Sumpah Pemuda terlahir. Moehammad Yamin merupakan sosok yang merumuskan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dibacakan Soegondo saat kegiatan penutupan dan dijelaskan secara panjang lebar oleh Yamin. Saat itu tidak ada istilah Sumpah Pemuda. Tapi, istilah itu lahir setelah kegiatan itu selesai. Hingga kini, istilah Sumpah Pemuda begitu melekat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Jodohkan pernyataan dan jawaban berikut sehingga isinya sesuai dengan peristiwa yang ada dalam teks!
Pernyataan :
1. Para pelajar dari seluruh nusantara hadir pada pertemuan besar tahun 1928
2. Ketua PPPI yang berharap Kongres Pemuda II dapat mempererat semangat persatuan para pemuda
3. Tokoh yang merumuskan Sumpah Pemuda
4. Berapa kali sesi dan berapa tempat yang digunakan untuk menggelar Kongres Pemuda II?

Jawaban :
A. Soegondo Djojopuspito
B. tiga sesi di satu tempat
C. Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI)
D. tiga sesi di tiga tempat
E. Moehammad Yamin
F. Jong Java


Bagi yang memerlukan soal diatas dan soal lainnya, silahkan Unduh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2022 pada tautan berikut :

Atau KLIK DISINI.

Catatan : 
  1. Soal AKM diatas tidak dilengkapi dengan Jawaban, jadi yuk sama-sama berdiskusi dengan cara menuliskan jawaban pada kolom komentar. Jangan lupa tuliskan Kelas, Nomor Soal dan Jawaban yang benar ya... Jawaban kalian akan membantu orang lain juga lho. hehehe Sebelumnya, terima kasih telah berperan aktif dengan cara memberikan komentar ya.
  2. File diatas dikemas dalam bentuk (.pdf), jadi bagi Bapak / Ibu yang mengalami kesulitan mengunduh dokumen diatas atau menginginkan file dokumen word (.doc), silahkan cantumkan alamat email yang aktif, Sinau-Thewe.com akan mengirimkan melalui email.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan soal diatas dan soal lainnya, silahkan Unduh Contoh Soal AKM Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40 Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel