Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 3 "Teknologi Informasi dan Komunikasi" Kurikulum Merdeka - Bab ini mempelajari memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat surel, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/file, dan mencari informasi.




Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka



Apabila dalam elemen pengetahuan Teknik Komputer, kalian lebih banyak mempelajari berbagai perangkat keras, pada unit TIK kalian akan lebih banyak belajar tentang cara memanfaatkan berbagai perangkat lunak.


A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grafis yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.

GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan perintah yang harus ditik. Dengan CLI, jika pengguna tidak tahu perintahnya atau salah ketik, perintah tidak dapat dimengerti oleh komputer. Dengan GUI, pengguna tinggal memilih perintah yang disediakan.


B. Folder dan File

Folder/directory adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain. Dalam dunia nyata, folder bisa dianalogikan sebagai map yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dan lainnya), atau berisi map yang lebih kecil.  Folder/directory dikelola oleh program komputer yang disebut sebagai File Manager yang merupakan bagian dari sistem operasi.

File elektronis sendiri berarti file yang diciptakan oleh komputer/ponsel untuk menyimpan Data secara deskret pada alat penyimpan elektronis. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. File diciptakan oleh program/aplikasi tertentu, dan file dapat dibaca oleh program tertentu pula.

File memiliki ekstensi, yaitu nama pendek setelah tanda titik di akhir nama file. Sebagai contoh “lower.jpg” adalah ile dengan ekstensi jpg yang merupakan ile gambar (image), “Surat.doc” atau “Surat.docx” adalah file dokumen Microsoft Word, “Presentasi.ppt” atau “Presentasi.pptx” adalah file dokumen presentasi Microsoft Powerpoint, dan “Program.exe” adalah file executable atau aplikasi yang dapat dijalankan di Windows. Ekstensi file sebenarnya adalah konvensi (kesepakatan). Dalam sistem operasi Linux, ekstensi dianggap bagian dari nama file.

Pembuatan folder/directory dan mengelola file dalam folder yang terstruktur menjadikan proses pencarian file untuk digunakan kembali lebih efisien. Pengelolaan folder dan file adalah fitur yang ada pada sistem operasi, yang biasa disebut File Management System atau File Explorer.

Pada sistem operasi Microsoft Windows, aplikasi default untuk pengelolaan file disebut File Explorer dengan antarmuka Graphical User Interface (GUI). Pada sistem operasi Linux secara default, disediakan dengan antarmuka command line yang disebut terminal. Pada beberapa distribusi Linux, tersedia File Manager berbasis GUI. Pada sistem operasi Macintosh atau Mac, manajemen file bisa digunakan dengan Finder.


C. Peramban dan Search Engine

Browser web (biasanya disebut browser atau peramban) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet (World Wide Web). Saat pengguna mengakses halaman web dari situs web tertentu, peramban mengambil konten dari server web, kemudian menampilkan konten tersebut di peramban perangkat pengguna. Saat akan mengakses server web, pengguna harus menuliskan alamat web di address bar peramban. Alamat web tersebut disebut dengan url (uniform resource locator). Apabila kita berada pada situs tertentu, address bar akan menampilkan alamat dari situs tersebut.

Ada berbagai merk peramban yang bekerja di berbagai perangkat keras: PC, laptop, tablet atau ponsel. Setiap merk ponsel biasanya juga menyertakan peramban standar yang menyatu dengan perangkat kerasnya. Pada tahun 2020, diperkirakan ada 4.9 miliar orang yang menggunakan peramban, separuh di antaranya di Asia. Peramban yang populer saat ini adalah Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari.

Peramban berbeda dengan mesin pencari (search engine), meskipun keduanya sering kali dipertukarkan. Bagi pengguna, mesin pencari hanyalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Mesin pencari berjalan di atas peramban.

Mesin pencari (Search Engine) adalah suatu situs web (website) yang mengumpulkan dan mengelola informasi di internet sehingga membuat informasi itu bisa dicari. Mesin pencari menggunakan algoritma yang canggih untuk menampilkan informasi yang paling relevan dengan pencarian pengguna, berdasarkan tren, lokasi, atau bahkan aktivitas yang biasa dilakukan pengguna di web. Mesin pencari yang terkenal di antaranya adalah: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, masih banyak mesin pencari lain. Setiap search engine memiliki kemampuan terbaik di konteks yang berbeda.

Cara melakukan pencarian informasi di internet adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword). Pemilihan kata kunci yang spesiik akan menghasilkan halaman yang lebih spesiik. Ketikkan kata kunci tanpa awalan, imbuhan, akhiran, dan lain-lain. Pada search engine tertentu, tanda petik (“) dapat membuat pencarian lebih spesiik.

Pada search engine tertentu, bisa digunakan operator seperti “OR” dan “AND”. “OR” berarti “atau” yang akan menampilkan hasil pencarian dari salah satu kata kunci. “AND” berarti “dan” yang akan menampilkan hasil pencarian dari kedua keyword.


D. Surel

Surel (Surat elektronik/Electronic mail) atau surat elektronis adalah cara dan alat untuk bertukar pesan (surat) dengan menggunakan alat elektronis. Surel sudah digunakan pada tahun 1960 dengan pengguna terbatas menggunakan satu komputer. Saat ini, surel dapat beroperasi pada jaringan komputer luas atau internet yang dapat menjangkau penggunanya di seluruh belahan dunia.


E. Aplikasi Perkantoran

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini umumnya dibundel dan didistribusikan bersama-sama, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan hasil dari satu aplikasi dapat diintegrasikan dengan yang lain.

Aplikasi perkantoran paling awal dikembangkan oleh Micropro International di awal 1980-an yang dinamakan Starburst, yang terdiri atas pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet) dan DataStar (database).

Beberapa paket aplikasi lain muncul pada tahun 1980-an seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lainnya. Namun, pada tahun 1990-an, muncul perangkat lunak Microsoft Oice yang sampai saat ini mendominasi pasar dengan MS Word, MS Excel dan MS Power Point.

Aplikasi perkantoran biasanya memiliki paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan program presentasi. Komponen lain dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak database, paket grafik, penerbitan (publisher), pembuatan diagram, surel untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.


Buku & Rangkuman Materi Mapel Informatika Semester 1 dan Semester 2 dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel