Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka

Cara Instal Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 - Kemendikbudristek secara resmi telah meluncurkan eRapor Kurikulum Merdeka bagi SD, SMP, SMA, SMK, SLB secara daring, tepatnya para hari Rabu, tanggal 30 November 2022.

eRapor untuk membantu guru dan satuan pendidikan melaporkan hasil pembelajaran peserta didik untuk dikomunikasikan ke orang tua atau wali. Selain itu, eRapor juga akan meringankan beban administrasi guru.

Aplikasi eRapor ini juga terkoneksi dengan Dapodik. Sehingga, guru tidak perlu lagi menginput data peserta didik di eRapor, sehingg prinsip memudahkan guru inilah yang dikembangkan secara sederhana agar mudah digunakan.

Untuk memudahkan guru dan satuan pendidikan dalam menggunakan eRapor, Kemendikbud telah menyiapkan sebagai acuan dalam menggunakan e-Rapor Kurikulum Merdeka.




Panduan Instalasi e-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka



Untuk melakukan instalasi e-Rapor KM, langkahnya adalah sebagai berikut :


Registrasi E-Raport KM SMA Versi 22.1



Sebelum anda menggunakan aplikasi E-Rapor KM, anda diminta untuk melakukan Registrasi Pengguna e-Rapor Secara Online. Pastikan anda terkoneksi internet agar terhubung dengan server SMA. Jika sudah terhubung maka akan tampil form registrasi dan lengkapi datanya dengan benar.

Catatan : Untuk login dan password yang dientri di form tersebut selanjutnya akan digunakan untuk user login Admin erapor pada aplikasi ini. Koneksi internet hanya diperlikan pada saat registrasi saja, selanjutnya anda dapat mengerjakan e-Rapor tanpa harus terkoneksi internet.

Jika anda tidak memiliki koneksi internet sehingga tidak dapat melakukan registrasi, anda tetap dapat menggunakan aplikasi ini dengan cara login menggunakan akun admin standar yang telah disediakan e-Rapor. Silahkan klik "Login dengan Akun Admin Default" untuk menampilkan halaman login.

Catatan : Jika anda menggunakan akun ini, maka anda tidak akan tercatat sebagai pengguna resmi di direktorat SMA, Kemendikbudristek. Silahkan anda melakukan Registrasi ketika anda sudah terkoneksi internet agar tercatat sebagai pengguna e-Rapor Resmi Kemendikbudristek.


Tampilan Awal E-Rapor KM SMA Versi 22.1



e-Rapor KM SMP berjalan dengan port 2023, dapat diakses menggunakan browser dengan URL localhost:2023 atau nomor ip server erapor:2023. Pada Tampilan Awal memuat tentang :
  • Halaman Login
  • Tombol untuk membuka Panduan Penggunaan Aplikasi.
  • Tombol untuk Reset Password.
  • Untuk pertamakali login sebagai administrator, gunakan User Login yang telah didaftarkan pada saat Registrasi.
  • Jika belum melakukan Registrasi, silahkan login menggunakan akun admin default berikut : User Name : administrator, Password : administrator.
  • Untuk login sebagai guru, user dan password digenerate oleh administrator pada menu user. Secara default adalah nama (huruf kecil semua) atau NIP, password adalah : eraporkm123456.
  • Untuk login sebagai siswa, user dan password digenerate oleh administrator pada menu user. Secara default username adalah nisn, password adalah eraporkm123456.
  • Jika lupa password, silahkan reset password dengan klik tombol Reset Password, kemudian pada halaman Lupa Password isikan data dengan benar, persis sama dengan data username, email dan nama lengkap yang terdaftar di aplikasi erapor.
  • Jika data yang diinput benar sesuai dengan user yang terdaftar di database e-rapor maka akan dibuatkan dan ditampilkan password baru di layar anda, silahkan dicatat dan disimpan dengan baik untuk dapat login ke aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 22.1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel