Materi Prakarya Budidaya Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Unduh Buku Siswa & Buku Guru Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Pada Kurikulum Merdeka - Budi Daya bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam pelestarian dan peningkatan sumber daya hayati secara berkelanjutan. Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan eksplorasi, merencanakan produksi, mengevaluasi, dan merefleksikan produk dengan menggunakan teknologi, serta sumber daya. Melalui pembelajaran budi daya, diharapkan peserta didik mampu :
a. melestarikan dan mengembangkan tanaman serta hewan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal;
b. memperoleh keterampilan yang sesuai;
c. mampu bersikap analitis, logis, kreatif, inovatif, konstruktif, dan positif; serta
d. mengembangkan siswa agar peka terhadap lingkungan dan zaman sehingga dapat terwujud Profil Pelajar Pancasila yang menguasai teknologi tepat guna.

Materi Prakarya : Budi Daya yang mencakup pertanian, perikanan, dan peternakan dapat dilaksanakan secara mandiri, sinergi, dan gradasi dengan menyesuaikan kondisi daerah atau lingkungan masing-masing, serta memperhatikan kelestarian dan ekosistem.




Materi Mapel Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka



Mata Pelajaran Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka beberapa materi, yaitu :

A. Unit 1 Mudah Menanam Sayuran Hidroponik
Unit 1 Prakarya: Budi Daya menjelaskan tentang materi budi daya tanaman sayuran mulai dari jenis dan karakteristik tanaman, modifikasi teknik yang digunakan, rencana pelaksanaan budi daya, praktik budi daya, refleksi, hingga evaluasi kegiatan budi daya. Unit ini menjelaskan teknik budi daya tanaman sayuran dengan modifikasi teknik sesuai dengan potensi lingkungan.

B. Unit 2 Pemeliharaan Ikan Sistem Bioflok
Unit 2 mempelajari teknik budi daya pembesaran ikan konsumsi dengan modifikasi teknik budi daya sesuai dengan potensi lingkungan. Materi pembelajaran meliputi empat bagian kegiatan pembelajaran yang tersusun  pada skema pembelajaran.

Pada Unit 2 Prakarya: Budi Daya Perikanan menjelaskan tentang materi budi daya ikan konsumsi, mulai dari mengenal produk budi daya ikan konsumsi, mengenal teknik budi daya ikan konsumsi yang ramah lingkungan, modifikasi teknik yang digunakan dalam budi daya, rencana pelaksanaan budi daya, pelaksanaan kegiatan budi daya, pemeliharaan budi daya ikan konsumsi, pemanenan, pengemasan produk budi daya ikan konsumsi, hingga refleksi, serta evaluasi kegiatan budi daya.

C. Unit 3 Budi Daya Ternak Semiintensif
Pada unit 3 akan mempelajari teknik budi daya ternak ayam dengan modifikasi teknik budi daya sesuai dengan potensi lingkungan. Materi pembelajaran, meliputi empat bagian kegiatan pembelajaran yang tersusun pada skema pembelajaran. Unit 3 Prakarya: Budi Daya Peternakan menjelaskan tentang materi budi daya ternak ayam mulai dari mengenal produk budi daya ternak ayam, mengenal teknik budi daya ternak ayam, modifikasi teknik yang digunakan dalam budi daya ternak ayam, rencana kegiatan budi daya ternak ayam, pelaksanaan kegiatan budi daya ternak ayam, hingga refleksi dan evaluasi kegiatan budi daya ternak ayam.


Download Buku Guru dan Siswa Mapel Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka



Bagi yang memerlukan Buku Prakarya Budidaya Kurikulum Merdeka Kelas 9 SMP, silahkan unduh pada tautan berikut :
  • Download Buku Siswa Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka.
  • Download Buku Guru Prakarya Budidaya Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka.

Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk Materi, Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya, silahkan klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Materi Prakarya Budidaya Kelas 9 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Prakarya Budidaya Kelas 9 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel