Materi Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Unduh Buku Siswa & Buku Guru IPS Kelas 9 SMP Pada Kurikulum Merdeka -  Materi dalam Pelajaran Seni Musik kelas IX mencakup aktivitas pembelajaran yang memberikan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait dengan seni. Pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni di bidang musik. Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara teori maupun praktik. Sebagai materi pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, maka materi yang digali berprinsip pada kearifan lokal.

Buku ini disusun sesuai dengan profil pelajar pancasila, sehingga beberapa contoh bahan materi menggunakan lagu-lagu nasional maupun tradisional agar menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi peserta didik dan guru yang mengajar. Beberapa kegiatan dilakukan secara berkelompok untuk mendorong siswa melatih kerjasama, menumbuhkan sikap gotong royong, dan memiliki toleransi dalam berkelompok.




Materi Mapel Seni Musik Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka



Mata Pelajaran Seni Musik Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka beberapa materi, yaitu :

I. Unit 1 Bernyanyi Dan Membuat Kreasi Sederhana
1: Pendalaman Teknik Bernyanyi
2: Kreasi Sederhana untuk Vokal

Fase unit pertama berjudul Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana memiliki tujuan pembelajaran untuk memahami cara bernyanyi dan mempraktikkannya baik secara individu maupun kelompok dengan membawakan hasil kreasi sederhana. Tujuan tersebut mengarah pada capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu bernyanyi dengan teknik dan eksekusi yang baik dan sesuai.

II. Unit 2 Menganalisis Lagu
Fase unit kedua berjudul Menganalisis Lagu. Adapun tujuan dalam unit ini yaitu peserta didik dapat mengidentifikasi karya musik dan membuat analisis sederhana terhadap lagu wajib nasional dan lagu daerah. Tujuan tersebut sudah sesuai dengan capaian pembelajaran pada unit ini yaitu Peserta didik mampu mengelaborasi dan melakukan analisa sederhana terhadap musik/lagu wajib nasional dan lagu daerah.

III. Unit 3 Penyajian Musik
1: Bermain Alat Musik
2: Penyajian Musik

Fase unit ketiga berjudul Penyajian Musik. Pembelajaran unit ini bertujuan untuk mengasah keterampilan siswa dalam bermain musik dan menyajikannya secara sederhana. Tujuan tersebut sejalan dengan capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu memainkan musik dan membuat sajian musik sederhana.

IV. Unit 4 Dokumentasi Musik
1: Mengenal Dokumentasi Musik
2:Praktik Dokumentasi Musik

Fase unit keempat berjudul Dokumentasi Musik. Pada pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar peserta didik tentang teknologi sederhana untuk perekaman dan penyuntingan audio beserta proses yang dilalui dalam pendokumentasio audio. Hal tersebut sejalan dengan capaian pembelajaran yaitu peserta didik mampu mendokumentasikan musik secara audio dan menyuntingnya dengan cara yang sederhana.

V. Unit 5 Membuat Lagu
1: Membuat Lagu

Fase unit kelima berjudul Membuat Lagu. Tujuan dari pembelajaran unit ini adalah siswa dapat membuat lagu sederhana. Materi ini tidak menuntut kemampuan dalam komposisi musik yang rumit. Tujuan pembelajaran pada unit ini sesuai dengan capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu membuat lagu sederhana dan mendokumentasikannya dalam bentuk naskah lagu dan audio.

VI. Unit 6 Apresiasi Musik
1: Membuat Ulasan Musik

Fase unit keenam berjudul Apresiasi Musik. Tujuan dari pembelajaran unit ini yaitu siswa dapat mengapresiasi dan mengulas berbagai karya musik berdasarkan referensi, pengetahuan musik, dan kemampuan analisis yang dimiliki. Tujuan tersebut sejalan dengan capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu menjalani rutin dan kebiasaan baik dalam berkegiatan musik.


Download Buku Guru dan Siswa Mapel Seni Musik Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka



Bagi yang memerlukan Buku Seni Musik Kurikulum Merdeka Kelas 9 SMP, silahkan unduh pada tautan berikut :

Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk Materi, Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya, silahkan klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Materi Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel