Contoh Soal Rilis UN Mapel Geografi Tahun 2019 Jenjang SMA / MA (IPS)

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membagikan contoh soal rilis Ujian Nasional mata pelajaran Geografi beserta penjelasannya Tahun 2019 untuk Jenjang SMA / MA jurusan IPS, berikut penjelasannya :

Dikutip dari laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ lingkup Materi yang diujikan UN Geografi SMA meliputi materi (1) Hakekat Geografi dan Informasi Geografi, (2) Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan, (3) Fenomena Geosfer, (4) Kependudukan dan Lingkungan Hidup, dan (5) Kewilayahan. Materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman (L-1), aplikasi (L-2), dan penalaran (L-3).

Contoh Soal

A. Bentuk soal yang Familiar (L1 dan L2)

Soal 1

Nama negara:
(1) Jepang;
(2) Luxembourg;
(3) Korea Selatan;
(4) Malaysia;
(5) Yunani.
Negara maju terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Kunci Jawaban: A

Pembahasan :
Siswa yang bisa menjawab benar soal ini mencapai 80%. Soal ini untuk mengukur pengetahuan siswa tentang persebaran negara maju. Bentuk soal seperti ini cukup sering dijumpai dalam pembelajaran di kelas, sehingga tidak heran banyak yang dapat menjawab dengan benar. Untuk menyelesaikan soal ini, siswa perlu memiliki pengetahuan geografi regional, bahwa negara maju umumnya berada di Eropa Barat, dan di Asia Timur.

Soal 2

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis di bidang perencanaan wilayah adalah ....
A. melakukan rehabilitasi konservasi lahan
B. memonitor kualitas jaringan jalan
C. memetakan zonasi kawasan lindung
D. menentukan tingkat bahaya erosi
E. memanfaatkan perubahan penggunaan lahan

Kunci Jawaban: C

Pembahasan :
Siswa yang bisa menjawab benar soal sebanyak 74%. Soal ini untuk mengetahui manfaat Sistem Informasi Geografi untuk bidang tertentu, dengan level koginitif pengetahuan dan pemahaman (L1). Soal ini cukup mudah untuk dijawab karena topik mengenai pemanfaatan Sistem Informasi Geografi sudah banyak disebutkan dalam buku pelajaran. Untuk menjawab soal ini, siswa perlu mencermati komponen informasi geospasial yang digunakan dalam merencanakan wilayah.

B. Bentuk Soal Tidak familiar (L1 dan L2)

Soal 3

Bentuk muka Bumi di Indonesia sebagai hasil gerakan lempeng tektonik seperti gambar adalah ....
A. Dataran Bantul, Yogyakarta
B. Palu-Koro, Sulawesi Tengah
C. Banjarmasin, Kalimantan Selatan
D. Danau Toba, Sumatera Utara
E. Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Kunci Jawaban: E

Pembahasan :
Siswa yang bisa menjawab benar soal sebanyak 28%. Soal ini mengukur pengetahuan siswa mengenai bentuk muka bumi yang ada di Indonesia. Bentuk soal seperti ini jarang dijumpai dalam pembelajaran di kelas, sehingga banyak siswa yang kemungkinan hanya menebak jawaban.
Untuk menyelesaikan soal ini, siswa perlu memiliki pengetahuan lempeng tektonik, bahwa gerakan lempeng tektonik di Indonesia dipengaruhi oleh pergerakan Lempeng Eurasia dengan Lempeng Indo-Australia di bagian selatan, Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Pasifik di Pulau Papua, Lempeng Filipina dengan Eurasia di Utara Sulawesi (Talaud), dan Lempeng Eurasia dengan Lempeng Pasifik di Kepulauan Maluku.

Soal 4

Arman diundang seorang teman untuk menghadiri ulang tahun. Informasi perjalanan yang harus ditempuh Arman sebagai berikut:
(1) dari sekolah berjalan ke arah 300 sejauh 200 m;
(2) kemudian berbelok ke arah 1350 sejauh 2 km;
(3) kemudian berbelok ke arah 2700 sejauh 2 km;
(4) kemudian berbelok ke arah 1800 sejauh 200 m;
(5) Arman sampai lokasi.

Sketsa perjalanan sesuai informasi tersebut terdapat pada gambar ….
Kunci Jawaban : C

Pembahasan :
Soal ini mengukur kemampuan siswa dalam mengimplementasikan pengetahuan tentang ruang dalam sebuah gambar. Soal ini berlevel kognitif (L2), dimana hanya 29% siswa yang dapat menjawab dengan benar. Pemahaman dasar tentang cara penentuan posisi baik berdasarkan jarak, arah, maupun koordinat sangat diperlukan dalam menjawab soal ini. Langkah ketiga dari informasi perjalanan (berbelok 2700 sejauh 2 km) yang ada pada stimulus soal sudah dapat untuk menentukan kunci jawaban.
Banyaknya siswa yang tidak bisa menjawab menandakan bahwa para siswa kurang memahami prinsip ruang dalam gambar. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, para siswa dapat dilatih dengan melakukan game ringan “pencarian harta karun” misalnya di halaman sekolah.

C. Bentuk Soal Penalaran (L3)

Soal 5

Proses yang terjadi pada angka 3, 6, 7 seperti gambar siklus hidrologi merupakan proses ....

A. infiltrasi, setelah tanah jenuh proses sub surface run off dan run off
B. infiltrasi, run off dan aliran akan mengalir menuju laut
C. hujan yang dilanjutkan infiltrasi, perkolasi dan run off
D. run off dan sub surface run off mengalir untuk kemudian mengalami penguapan
E. penguapan terjadi setelah proses infiltrasi dan perkolasi

Kunci Jawaban: D

Pembaasan :
Soal ini mengukur kemampuan siswa dalam menalar proses hidrologi yang memungkinkan terjadi. Jumlah siswa yang dapat menjawab benar sebanyak 46%. Siklus hidrologi sebenarnya adalah materi yang umum diajarkan dalam proses pembelajaran. Namun, ketika terdapat soal yang meminta untuk menentukan hubungan lebih dari satu komponen siklus, siswa cukup kesulitan.
Hubungan Ketiga komponen yang terdapat dalam soal adalah komponen aliran air limpasan (run off) dan aliran air tanah (subsurface run off) akan mengalir ke sungai dan berahir di sebuah danau/laut. Kemudian, air tersebut mengalami penguapan melalui penyinaran matahari.

Soal 6

Dampak pembangunan jalan TOL pada Jalur X di wilayah sekitar seperti gambar adalah ....

A. kawasan persawahan semakin terbuka dan sarana pengangkutan sulit
B. terjadi penurunan lahan pertanian dan produk pertanian semakin menurun
C. pengangkutan hasil pertanian terbuka dan semakin sulit mengjangkau lokasi
D. akses ke lokasi persawahan semakin terbuka dan distribusi hasil lebih lancar
E. lahan persawahan beralihfungsi dan transportasi produk semakin sulit

Kunci Jawaban: D

Pembahasan :
Kemampuan siswa dalam memprediksi pengembangan suatu wilayah sebagai akibat rencana pembangunan infrastruktur (jalan tol) diperlukan dalam menjawab soal ini. Siswa perlu menginterpretasi peta rencana pembangunan dan menganalisis dampaknya. Prinsip dasar dalam menjawab soal ini adalah kemampuan interpretasi peta dan infrastruktur jalan kaitannya dengan pemerataan pembangunan. Akibat pembangunan infrastruktur jalan membuat kemudahan dalam aksesibilitas pada distribusi, peningkatan volume produksi, dan mempercepat mobilitas penduduk. Soal ini membutuhkan penalaran dalam kaitan aksibilitas dengan pembangunan jalan, siswa dapat menjawab dengan benar 46%.

Demikian contoh soal yang bisa dibagikan,semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Rilis UN Mapel Geografi Tahun 2019 Jenjang SMA / MA (IPS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel