Contoh Soal Rilis UN Mapel IPA (Biologi) Tahun 2019 Jenjang SMP

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membagikan contoh soal rilis Ujian Nasional mata pelajaran IPA (Biologi) beserta penjelasannya Tahun 2019 untuk Jenjang SMP, berikut penjelasannya :

Dikutip dari laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ bahwa lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran IPA-Biologi adalah (1) makhluk hidup dan lingkungannya dan (2) struktur dan fungsi makhluk hidup. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.

Contoh Soal


A. Level Pengetahuan dan Pemahaman

Soal 1

Perhatikan gambar-gambar berikut :
Ciri makhluk hidup tumbuh, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi secara berurutan ditunjukkan oleh gambar ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
Kunci Jawaban : B

Pembahasan :
Siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar yang menunjukkan tiga ciri makhluk hidup secara berurutan. Konsep yang ditanyakan adalah ciri-ciri makhluk hidup yang dinyatakan dalam bentuk gambar. Level kognitif yang diukur adalah pemahaman. Soal ini dapat dijawab dengan benar oleh 48% siswa. Bagi siswa yang tidak dapat menjawab soal ini dengan benar kemungkinan karena soal agak kompleks, diminta menunjukkan sekaligus tiga dan secara berurutan.

B. Level Aplikasi

Soal 2

Perhatikan dua skema jaring-jaring makanan berikut!
Apabila populasi ular di masing-masing ekosistem tersebut habis karena diburu, ekosistem yang lebih stabil beserta alasannya adalah ....
A. ekosistem sawah karena masih ada populasi katak yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem
B. ekosistem kebun karena ular bukan sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain
C. ekosistem sawah karena ular sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain
D. ekosistem kebun karena masih ada populasi musang yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem
Kunci Jawaban : D

Pembahasan :
Soal tersebut mengukur penguasaan konsep fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu. Pada soal disajikan gambar dua ekosistem yang berbeda beserta komponen- komponennya yang memiliki peran tertentu dalam ekosistem tersebut. Selanjutnya, siswa diminta membandingkan kestabilan kedua ekosistem tersebut bila salah satu komponen yang sama punah, dalam soal ini hewan yang punah adalah ular. Siswa harus menguasai konsep makan dan dimakan dalam jaring-jaring makanan dan pengaruh dari perubahan komponennya. Siswa juga harus memahami kestabilan ekosistem. Ekosistem yang stabil bila jumlah komponennya relatif tetap, tidak mengalami perubahan yang mencolok.
Level kognitif yang diukur dalam soal ini adalah aplikasi. Siswa diminta menerapkan konsep tentang interaksi pada makhluk hidup dengan membandingkan dua jaring-jaring makanan.
Soal ini dijawab oleh 55% siswa dengan benar. Siswa-siswa ini dapat memahami bahwa dengan adanya musang, jumlah populasi tikus dan katak akan tetap terkontrol yang membuat ekosistem stabil. Pilihan jawaban A dipilih oleh 18% siswa yang kurang memahami bahwa peran ular dan katak adalah berbeda. Pilihan jawaban B dipilih oleh 10% siswa dan jawaban C dipilih oleh 17% siswa, kedua kelompok siswa ini kurang memahami tentang karnivor puncak.

C. Level Penalaran

Soal 3

Beberapa pekan ini Pak Karta keluar masuk rumah sakit untuk melakukan cuci darah akibat ginjalnya tidak mampu menyaring darah dengan normal. Kadar glukosa darah pak Karta sangat tinggi. Dokter menyarankan Pak Karta untuk diet terhadap makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.
Apa hubungan antara kadar gula darah dan diet makanan berkarbohidrat tinggi?
A. Karbohidrat tinggi akan meningkatkan kadar gula darah karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa oleh enzim pencernaan.
B. Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi dan sistem pencernaan.
C. Karbohidrat yang tinggi akan meningkatkan kerja insulin untuk mengubah zat amilum menjadi glukosa.
D. Makanan dengan karbohidrat tinggi mempengaruhi sistem ekskresi ginjal dalam menyaring glukosa dalam darah.
Kunci Jawaban : A

Pembahasan :
Soal ini mengukur penguasaan materi keterkaitan antara sistem organ pada manusia, yaitu sistem ekskresi, sistem peredaran darah, dan sistem pencernaan. Siswa diminta menghubungkan antara proses pencernaan karbohidrat dan kadar gula darah. Pada soal ini, sebanyak 54% siswa dapat menjawab dengan benar, sebanyak 12% memilih jawaban B, 14% siswa memilih jawaban C, dan 21% siswa memilih jawaban D. Hal ini menunjukkan bahwa 46% siswa masih belum menguasai konsep pencernaan karbohidrat dan hubungannya dengan kadar gula darah serta alat ekskresi ginjal.

Demikian contoh soal yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Rilis UN Mapel IPA (Biologi) Tahun 2019 Jenjang SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel