Contoh Soal Rilis UN Mapel IPA (Fisika - Kimia) Tahun 2019 Jenjang SMP

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membagikan contoh soal rilis Ujian Nasional mata pelajaran IPA (Fisika - Kimia) beserta penjelasannya Tahun 2019 untuk Jenjang SMP, berikut penjelasannya :

Dikutip dari laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ bahwa soal UN mata pelajaran IPA Fisika - Kimia SMP/MTs tahun 2019 mengukur capaian kognitif pada level pengetahuan dan pemahaman, aplikasi/penerapan, dan penalaran dalam lingkup materi: a) Pengukuran, Zat, dan Sifatnya; b) Mekanika dan Tata Surya; c) Gelombang, Listrik, dan Magnet.

Contoh Soal


A. Level Pengetahuan dan Pemahaman

Soal 1

Berdasarkan tabel berikut, sifat-sifat zat padat yang benar adalah ....


Kunci Jawaban : C

Pembahasan Jawaban :
Sifat-sifat zat padat antara lain:
1. Bentuk dan volume tetap bila dipindahkan ke dalam wadah yang berbeda-beda;
2. Jarak antar partikel sangat dekat bila dibandingkan dengan zat cair maupun zat gas;
3. Gaya tarik antar partikel sangat kuat bila dibandingkan dengan zat cair maupun zat gas.


Pembahasan :
Soal ini dapat dijawab benar oleh 53% siswa. Soal ini mengukur kemampuan siswa dalam memahami konsep sifat zat (padat, cair, gas) dan dapat membedakan sifat fisik ketiga zat tersebut (perbedaan dari bentuk, jarak antarpartikel, volume, dan gaya tarik antarpartikel). Siswa yang salah dalam menjawab soal tersebut kemungkinan besar tidak mengingat salah satu sifat dari zat (bentuk, volume, jarak antarpartikel, dan gaya tariknya) atau siswa kurang paham dalam membaca tabel pilihan jawaban (format soal tidak biasa).

Soal 2

Perhatikan gambar berikut :


X, Y, dan Z secara berturut-turut diidentifikasikan sebagai ....
A. proton, neutron, dan elektron
B. neutron, proton, dan elektron
C. proton, elektron, dan neutron

D. elektron, proton, dan neutron
Kunci Jawaban : B

Pembahasan Jawaban :
Atom terdiri dari proton, elektron, dan neutron. Proton adalah partikel bermuatan positif yang terletak di inti atom, elektron adalah partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atom, dan neutron adalah partikel tidak bermuatan yang terletak di inti atom bersama dengan proton, sehingga X menunjukkan neutron, Y menunjukkan proton, dan Z menunjukkan elektron.

Pembahasan :
Soal ini dapat dijawab dengan benar sebanyak 45% siswa. Soal ini mengukur kemampuan siswa dalam memahami konsep atom dan penyusunnya (proton, elektron, dan neutron) yang disajikan dalam bentuk gambar. Siswa yang salah dalam menjawab soal ini mungkin dikarenakan siswa tidak paham dalam membedakan proton, elektron, dan neutron atau tidak dapat menginterpretasikan gambar pada stimulus soal. Penguasaan materi terkait konsep atom dan penyusunnya lebih ditekankan kembali untuk dapat menjawab soal ini dengan benar.

B. Level Aplikasi

Soal 3

Empat balok yang massanya sama masing-masing dikenai tiga gaya yang berbeda seperti pada gambar berikut.


Balok yang mendapat percepatan terbesar dan terkecil secara berurutan adalah nomor ....
A. (3) dan (1)
B. (3) dan (2)
C. (4) dan (1)

D. (4) dan (2)
Kunci Jawaban : C

Pembahasan Jawaban :
Berdasarkan Hukum II Newton, percepatan yang dihasilkan oleh benda berbanding lurus dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa atau dapat dirumuskan dalam persamaan:
Karena balok yang digunakan memiliki massa yang sama, besarnya percepatan hanya tergantung dari besar resultan gaya.
Persamaan ini berarti semakin besar resultan gaya, percepatan yang dihasilkan semakin besar. Resultan gaya untuk keempat gambar adalah sebagai berikut (tanda - menyatakan arah ke kiri):
Jadi, gambar yang menghasilkan percepatan terbesar adalah gambar yang menghasilkan resultan gaya terbesar yaitu Gambar (4) dan gambar yang menghasilkan percepatan terkecil adalah gambar yang menghasilkan resultan gaya terkecil yaitu Gambar (1).

Pembahasan :
Soal ini dapat dijawab oleh 46% siswa. Soal ini mengukur kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pemahaman terkait Hukum II Newton dengan konteks berupa gambar. Selain dapat mengetahui besar resultan gaya, siswa dapat menentukan gambar dengan resultan gaya terbesar maupun terkecil. Kesalahan dalam menjawab soal ini biasanya terletak pada ketidakpahaman siswa dalam konsep penjumlahan maupun pengurangan gaya sehingga menghasilkan resultan yang salah.

C. Level Penalaran

Soal 4

Perhatikan gambar berikut :


Pak Ade berusaha mendorong mobil yang mogok dengan gaya maksimal 250 N dan terdapat gaya gesekan pada mobil 300 N. Di sekitarnya ada 5 orang yang bersedia membantu dengan kemampuan maksimal gaya dorong seperti pada tabel berikut:

Jika saat memindahkan mobil sejauh 5 m tersebut memerlukan usaha sebesar 3.000 J, orang-orang yang tepat dapat membantu mendorong mobil adalah ....
A. Pak Abu, Pak Budi, dan Pak Catur
B. Pak Budi, Pak Catur, dan Pak Dwi
C. Pak Catur, Pak Dwi, dan Pak Edi

D. Pak Abu, Pak Dwi, dan Pak Edi
Kunci Jawaban : A

Pembahasan Jawaban :
Saat mobil berpindah sejauh 5 m dan usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan mobil tersebut adalah 3.000 J, resultan gaya yang bekerja pada mobil adalah:
Artinya Pak Ade harus mendapatkan gaya bantuan untuk mencapai resultan gaya 600 N. Gaya bantuan yang harus diberikan pada mobil adalah:
Pak Ade harus dibantu dengan 3 orang dengan resultan gaya 650 N, yaitu Pak Abu, Pak Budi, dan Pak Catur.

Pembahasan :
Soal ini dapat dijawab oleh 51% siswa dengan benar. Soal ini mengukur kemampuan nalar siswa dalam konsep usaha dan energi yaitu menentukan orang-orang yang dapat membantu seseorang mendorong sesuatu agar menghasilkan usaha dan perpindahan yang diinginkan. Ada dua konsep yang harus dikuasai oleh siswa yaitu konsep usaha energi dan hukum Newton serta dapat mengaitkan kedua konsep tersebut. Kesalahan dalam menjawab soal ini kemungkinan karena soal ini disajikan menggunakan konteks/stimulus yang tidak rutin, siswa kurang paham konsep usaha/energi atau konsep gerak lurus, atau bisa juga siswa tidak memahami transfer atau kaitan konsep dari konsep usaha energi ke konsep hukum Newton.

Demikian contoh soal yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Rilis UN Mapel IPA (Fisika - Kimia) Tahun 2019 Jenjang SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel