Fungsi COUNTIFS dan Cara Menggunakannya di Excel

Artikel kali ini Sinau Thewe akan membahas fungsi COUNTIFS dan langkah-langkah menggunakan formulanya pada sebuah tabel di Excel, berikut penjelasannya :

Fungsi COUNTIFS


Pada materi sebelumnya, kita sudah membahas Fungsi COUNT dan Fungsi COUNTIF. Perbedaannya apabila menggunakan COUNTIFS adalah fitur ini digunakan untuk untuk menghitung jumlah Cell yang berisi data sesuai dengan banyak kriteria tertentu. Penulisan sintask fungsi CountIfs adalah sebagai berikut :


=COUNTIFS(criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2],…)

Keterangan :
a. Criteria_Range1 berisi range data pertama yang digunakan untuk kriteria pertama yang akan dikaitkan.

b. Criteria1 merupakan salah satu kriteria yang diambil dari Criteria_Range1. Isi data pada Criteria1 bisa dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks. 


c. Criteria_Range2 berisi range data kedua yang digunakan untuk kriteria kedua yang akan dikaitkan. 

D. Criteria2 merupakan salah satu kriteria yang diambil dari Criteria_Range2. Isi data pada Criteria2 bisa dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks. 

Catatan :
Pemilihan Criteria_Range bisa kita gunakan mencapai 127 pasangan kriteria.


Cara Menggunakan COUNTIFS



A. Percobaan I

Perhatikan tabel dibawah ini :



Misalnya kita akan menghitung seberapa sering terjual dengan nama makanan "Apel" dengan kategori "Buah", maka penulisan formulanya adalah sebagai berikut :


=COUNTIFS(B2:B6,"Buah",C2:C6,"Apel")

Hasil dari formula tersebut adalah dua (2).

B. Percobaan II


Misalnya kita akan menghitung berapa banyak data pada kolom Harga dengan kriteria (>5000 dan <2000), maka penulisan formulanya adalah sebagai berikut :

=COUNTIFS(D2:D6,">5000",D2:D6,"<20000")

Hasil dari formula tersebut adalah tiga (3), karena sistem mencari di kolom Harga dengan kriteria Harga lebih besar dari 5000 dan kurang dari 20000.

Demikian artikel yang bisa dijelaskan, selamat mencoba. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan tinggalkan komentar dibawah. Jangan lupa juga ikuti agar selalu update dengan artikel-artikel baru lainnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi COUNTIFS dan Cara Menggunakannya di Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel