11 Point Rangkuman Hasil Webinar Verval Ponsel Oleh Pusdatin

Rangkuman Webinar Verval Ponsel Oleh Pusdatin - Sosialisasi verifikasi dan validasi nomor ponsel Peserta Didik dan Guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) yang dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2020 melalui Webinar menghasilkan beberapa rangkuman sebagai berikut :


1. Verval Ponsel merupakan program Kemendikbud untuk membantu guru dan peserta didik mendapat bantuan kuota untuk proses pembelajaran jarak jauh selama masa Pandemi Covid-19.

2. Aplikasi Verval Ponsel hanya bisa diakses oleh Satuan Pendidikan, Pusdatin dan Provider. Dinas Pendidikan tidak melakukan aproving atau persetujuan. Jadi seluruh pengisian menjadi tanggung jawab pihak sekolah , Dinas Pendidikan hanya bisa melihat progres pengisian data Satuan Pendidikan, tanpa melakukan intervensi apapun.

3. Pengisian data ponsel di Dapodik bisa dilakukan sampai dengan tanggal 11 September 2020, jika melebihi tanggal tersebut maka hanya bisa diperbaiki di verval ponsel sampai tanggal 15 September 2020. Untuk tahapan 1 atau 2, Sampai saat ini masih mengacu bahwa data harus sudah masuk pada Tahap 1 tgl 15 September 2020, dan belum ada konfirmasi tentang perpanjangan masa waktu penginputan.

4. Bantuan kuota internet diberikan kepada jenjang SD,SMP, SMA,SMK, dan PKBM yang menyelenggarakan Paket A,B,C setara SD/SMP/SMA/SMK.

5. Ada 6 provider yang sudah bekerjasama dengan Kemendikbud, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smart Fren, Axis dan Tri. Untuk provider yang membagi-bagikan kartu perdana, Kemendikbud ataupun Dinas Pendidikan menyerahkan semuanya ke Satuan Pendidikan dan orang tua, apakah digunakan atau tidak, tidak ada keharusan atau paksaan menggunakan salah satu provider.

6. Residu Provider adalah residu nomor ponsel yang sudah diverifikasi oleh provider tetapi data nomor tersebut tidak ditemukan atau tidak aktif menurut provider. Solusi nya adalah mengganti nomor ponsel tersebut. Termasuk juga nomor ponsel yang kosong harus diisi ulang di verval ponsel karena diindikasikan nomor tersebut tidak valid.

7. Selisih jumlah siswa antara di Dapodik adalah yang masuk NISN invalid ataupun NISN kosong, untuk perbaikannya dicek di VervalPD.

8. Siswa yang mendapat bantuan adalah siswa dengan NISN VALID. Untuk siswa dengan NISN GANDA atau belum mempunyai NISN, maka tidak mendapat bantuan. Guru yang mendapat bantuan adalah guru yang sudah mengajar di sekolah induk, masuk rombel dan aktif di pembelajaran. Jika belum sesuai, pastikan sudah diinduk dan mengisi pembelajaran.

9. Permasalahan NISN Ganda solusinya :
  • Lihat profil peserta didiknya melalui VervalPD.
  • Pilih tab quality control.
  • Cek status NISN, didalam status sudah terlihat siswa tersebut ganda dengan siapa.
  • Jika ganda dengan orang yang sama maka wajib dikeluarkan untuk record siswa yang memang siswa tersebut sudah tidak berada disana.
  • Jika ganda dengan madrasah silahkan koordinasi ke operator kanwil kemenag di masing-masing daerah.
  • Jika ganda antar daerah bisa berkoordinasi dengan Operator Dinas daerah terkait.
  • Jika ganda berbeda orang, pastikan mana siswa yang memang memiliki NISN tersebut, untuk siswa yang satunya bisa dicek apakah siswa tersebut sebelumnya memiliki NISN atau belum, jika belum maka akan diterbitkan NISN baru.
  • Jika ganda dengan siswa tidak aktif, maka akan dilakukan merger.
  • Untuk siswa yang belum memiliki NISN, maka pastikan pengisian data siswa sudah benar, yaitu nama, tempat ,tanggal lahir, dan nama ibu kandung sudah sesuai dengan dokumen data di Dukcapil.
  • Data perbaikan NISN yang sudah benar di verval pd akan mengalir ke verval ponsel dalam waktu 1X24 jam.
10. Mengenai SPTJM, jika data tersebut belum diajukan SPTJM maka data tersebut masih bisa diperbaiki. Untuk data yang valid bisa diajukan SPTJM. SPTJM di tandatangani oleh Kepala Sekolah dan dibubuhi materai 6000. Data ponsel yang sudah disampaikan di SPTJM sudah dikunci dan sudah tidak bisa diperbaiki. Jika ada kesalahan maka sepenuhnya adalah tanggungan sekolah. SPTJM bisa dilakukan bergelombang. Data yang sudah valid sudah bisa diusulkan SPTJM tanpa harus menunggu data guru dan siswa seluruhnya valid.

11. Saat ini masih terus dilakukan pengoptimalisasi server Verval Ponsel, jadi mohon kesabaran bapak/ibu Operator Dapodik jika masih banyak kendala di server.

Demikian informasi tentang 11 Point Rangkuman Hasil Webinar Verval Ponsel Oleh Pusdatin yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Point Rangkuman Hasil Webinar Verval Ponsel Oleh Pusdatin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel