Instrumen Supervisi Guru Masa Pandemi 2021/2022

Instrumen Supervisi Guru Mata Pelajaran - Secara umum, Supervisi Akademik merupakan bantuan profesional kepada Guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga Guru dapat membantu Peserta Didik untuk belajar lebih aktif, kreatif, inovatif, efektif, efisein dan menyenangkan.


Dalam konteks K13, kualitas proses pembelajaran yang harus ditingkatkan adalah bagaimana Guru membantu Peserta Didik untuk meningkatkan kemampuan kreativitas mereka melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring dalam proses pembelajaran.

Program Supervisi saat ini ataupun tahun pelajaran sebelumnya adalah untuk menemukan beberapa kelamahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme Guru misalnya :
  1. Pengembangan indicator dan meteri pembelajaran.
  2. Penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif
  3. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS)
  4. Lemahnya penguasaan Guru terhadap model-model pembelajaran aktif
  5. Dan lain sebagainya

Atas dasar tersebut, Kepala Sekolah / Pengawas sebagai Supervisor perlu menyusun program Supervisi secara menyeluruh dan sistematis. Menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta tindak lanjut dari hasil Supervisi sebagai patokan yang signifikan dalam kegiatan akademis pada Satuan Pendidikan.

Untuk membantu Bapak / Ibu dalam melaksanakan Supervisi Akademik, pada kesempatan yang berbahagia ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Instrumen Supervisi Daring/Luring Pada Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022.




Aspek Materi Supervisi



Secara umum, Supervisi Daring/Luring meliputi 3 aspek yaitu Administrasi Guru, Instrumen RPP dan Dokumen Pendukung, berikut rinciannya :
B. Instrumen RPP
  • Tujuan Pembelajaran
  • Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup
  • Alat dan Bahan
  • Sumber Belajar
  • Metode
  • Penilaian
C. Dokumen Pendukung


Untuk lebih lengkapnya dan bagi Bapak / Ibu yang memerlukan Instrumen Supervisi Daring/Luring Tahun 2021/2022, silahkan Unduh Instrumen Supervisi Guru pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Instrumen Supervisi Guru Masa Pandemi 2021/2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Instrumen Supervisi Guru Masa Pandemi 2021/2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel