Perangkat Pembelajaran K13 Kelas 6 SD/MI Tahun 2022

Unduh Perangkat Pembelajaran Kelas 6 SD/MI K13 Revisi Tahun 2022 - Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan Pendidik dan Peserta Didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat Pembelajaran menjadi pegangan bagi Guru/Pendidik dalam melaksanakan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Perencanaan Pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan RPP yang mengacu pada Standar Isi. Selain itu, dalam Perencanaan Pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, serta skenario pembelajaran.

Sebagai media berbagi, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Perangkat Pembelajaran SD/MI Tahun 2022 yang bisa diunduh dengan mudah. Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :




A. Sumber Belajar



Apa itu Sumber Belajar? Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh Peserta Didik dalam proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketersediaan sumber belajar dapat mendorong peningkatan kemampuan Peserta Didik dalam memahami materi ajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah Modul. Berikut ini merupakan Modul yang dapat digunakan sebagai Sumber Belajar Kelas 6 SD/MI.


B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP berisi sebuah rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran sesungguhnya baik secara Daring (online) maupun Luring (tatap muka).  Dan berikut ini merupakan RPP 1 Lembar Kelas 6 SD/MI yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun RPP secara mandiri.


C. Silabus



Silabus adalah seperangkat rencana pelaksanaan pembelajaran beserta penilaian yang disusun secara sistematis, dimana komponen-komponen yang ada didalamnya saling berkaitan untuk mencapai penguasaan Kompetensi Dasar. Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


D. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)



KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimum merupakan kriteria minimal untuk menyatakan Peserta Didik mencapai ketuntasan belajar suatu Mata Pelajaran. KKM menunjukan pencapaian kompetensi yang dinyatakan dalam angka yaitu 0-100. Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


E. Pemetaan KI dan KD 



Tujuan pembelajaran yang efektif merupakan sasaran penyelenggaraan pembelajaran. Dimana Pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) harus ditentukan terlebih dahulu sebelum menentukan tujuan pembelajaran. Berikut ini merupakan Pemetaan KI & KD Kelas 6 dan bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


F. Jurnal Mengajar



Salah satu bagian dari Buku Kerja Guru adalah Jurnal Mengajar yang disiapkan pada awal semester tahun pelajaran baru dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perangkat Pembelajaran. Jurnal Mengajar Guru berisi catatan setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan. Berikut ini merupakan Jurnal Pembelajaran Kelas 6 dan bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


G. Penilaian



Penilaian Harian dapat dilakukan oleh Guru kepada Peserta Didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar atau lebih yang bertujuan untuk mengukur pemahaman Peserta Didik terhadap Kompetensi Dasar yang telah dipelajarinya. Berikut ini merupakan Format Penilaian Daring dan bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


H. Rapor



Raport adalah bentuk laporan hasil belajar Peserta Didik pada Satuan Pendidikan melalui Guru kepada orang tua / wali selama satu semester berjalan. Raport berisi hasil akhir pengolahan nilai dan deskripsi yang terdiri dari tiga kompetensi yaitu Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan. Berikut ini merupakan Contoh Format Raport Kelas 6 SD dan bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Perangkat Pembelajaran K13 Kelas 6 SD/MI Tahun 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perangkat Pembelajaran K13 Kelas 6 SD/MI Tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel