Contoh Soal AKM Numerasi Kelas X SMA/SMK Beserta Jawaban

Contoh Soal AKM Beserta Jawaban - Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh Peserta Didik untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat tiga jenis soal AKM untuk level pembelajaran yaitu Numerasi, Literasi serta Literasi Teks Informasi, dimana dari ketiga komponen tersebut dapat di Implikasikan pada Pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membantu membagikan Contoh Soal AKM Numerasi Kelas X SMA/SMK Beserta Jawaban untuk Level Pembelajaran yang diambil dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan harapan untuk mempermudah bagi Guru, Peserta Didik ataupun Orang Tua dalam mencari dan menjadikan sebagai referensi tambahan untuk proses belajar dan mengajar. Ada empat pokok materi pembelajaran dalam pembahasan contoh soal AKM ini yaitu Geometri, Pengukuran serta Aljabar dan Data & Ketidakpastian.

I. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran V (Kelas X) Geometri & Pengukuran

Bangun Geometri

1. Uraian (Memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri).


Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung  Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada  sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°. Akibat kesalahan ini, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!

Jawab : / 30 derajat dengan tinggi 2460 meter, yang seharusnya adalah 50 derajat. Besar sudut sebanding dengan tinggi dengan aturan trigonometri --- x = t / sin y dengan x jarak pengamat dengan kaki gunung.

2. Pilihan Ganda (Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola).

HEMAT AIR BUAT KITA


Tahukah kalian bahwa pada 2025 sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan sulit mendapatkan air bersih? (Forum Air Dunia II/World Water Forum di Den Haag, Maret, 2000). Kebutuhan air tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air dalam penggunaannya. Tidak bisa dibayangkan bukan, apabila persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari membutuhkan air. HEMATLAH AIR dari sekarang salah satunya dengan menggunakan Keran Aerator, karena kita bisa menghemat air sampai 43 liter.


Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan Panjang sisi alasnya 10 cm dan tingginya 5 cm. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencetak bata (Paving Block) dari hasil adonan campuran air, semen, dan pasir dengan perbandingan 4 : 1 : 5 artinya setiap 4 liter air akan di campur dengan semen 1 liter dan pasir 5 liter. Jika air yang digunakan untuk membuat Paving Bock senilai dengan air hasil penghematan pengunaan keran aerator maka banyak paving blok maksimal yang dapat dicetak adalah... 
A. 82 buah
B. 88 buah
C. 92 buah
D. 96 buah
E. 100 buah
Jawab : A

II. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran V (Kelas X) Aljabar

a. Persamaan dan Pertaksamaan

1. Pilihan Ganda (Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable).

Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.


Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …
A. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.
B. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
C. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.
D. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
E. Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
Jawab : B

b. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

1. Pilihan Ganda (Memahami barisan Aritmetika dan geometri).


Ady sedang menjumlahkan nomor-nomor pada halaman buku yang terdiri dari 20 halaman. Jumlah yang ia dapatkan adalah 224. Ternyata terjadi kekeliruan, yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali.

Jika buku dimulai dari halaman 1 sampai 20, maka halaman yang dihitung dua kali adalah...
A. 8
B. 10
C. 14
D. 15
Jawab : C

2. Pilihan Ganda Komples (Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya).

Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.

Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan 


Dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).


Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2005 adalah...
A. 60.100.000 pengguna
B. 57.100.000 pengguna
C. 49.100.000 pengguna
D. 45.200.000 pengguna
E. 44.200.000 pengguna
Jawab : D

III. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran V (Kelas X) Data dan Ketidakpastian

a. Data dan Representasinya

1. Pilihan Ganda (Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi).

Indonesia Darurat Air?

Ketersediaan sumber air di alam jumlahnya relatif tetap. Yang menjadi masalah adalah waktu ketersediaan yang berubah dan kualitasnya, karena air sebenarnya hanya mengalami proses perubahan bentuk dan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Proses tersebut dinamakan siklus hidrologi. 

Berikut ini adalah grafik kebutuhan dan kapasitas produksi air di Jakarta pada tahun 2010 hingga 2025 (prediksi).


Pada tahun 2025, diprediksikan total kapasitas produksi air hanya dapat memenuhi …  dari total kebutuhan air baku penduduk DKI Jakarta.
A. 38%
B. 43%
C. 45%
D. 46%
E. 62%
Jawab : A

b. Ketidakpastian dan Peluang

1. Uraian (Memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian).

FINAL PIALA DUNIA DAN PELUANGNYA

Amel sedang mencoba mengaplikasikan konsep peluang dalam menentukan peluang kemenangan salah satu tim pada pertandingan sepak bola di piala dunia 2018.

Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola ini yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.


Kemudian Amel menyebarkan survei kepada teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya,yaitu semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.


Bento teman Amel mempercayai hasil survei yang dilakukan Amel. Ia mengajak Amel untuk bertaruh, bahwa jika Brazil menang dan menjadi juara dunia maka Amel harus membelikan 1 kue di kantin kepadanya, sedangkan bila Brazil tidak menjadi juara dunia maka ia akan membelikan Amel 5 kue dari kantin. Apakah permainan ini adil untuk Amel? Jelaskan!

Jawab : peluang Brazil menang dan menjadi juara dunia adalah = 0.6*0.5*0.5 = 0.15 sedangkan peluang tidak juara = 1- 0.15 = 0.85. Maka rasio menang dan tidak menang untuk brazil 15 : 85 = 3 : 17. ini berarti untuk 3 kue jika menang dan 17 kue jika kalah sehingga tidak adil untuk amel yang seharusnya memberikan kue lebih ke Bento jika Brazil kalah.

Source : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Demikian informasi tentang Contoh Soal AKM Numerasi Kelas X SMA/SMK Beserta Jawaban yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal AKM Numerasi Kelas X SMA/SMK Beserta Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel