Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 3 & $ SD Beserta Jawaban

Contoh Soal AKM Beserta Jawaban - Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh Peserta Didik untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat tiga jenis soal AKM untuk level pembelajaran yaitu Numerasi, Literasi serta Literasi Teks Informasi, dimana dari ketiga komponen tersebut dapat di Implikasikan pada Pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membantu membagikan Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 3 & 4 SD Beserta Jawaban untuk Level Pembelajaran yang diambil dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan harapan untuk mempermudah bagi Guru, Peserta Didik ataupun Orang Tua dalam mencari dan menjadikan sebagai referensi tambahan untuk proses belajar dan mengajar. Ada tiga pokok materi pembelajaran dalam pembahasan Contoh Soal AKM ini yaitu Menemukan Informasi, Memahami serta Mengevaluasi dan Merefleksi.

I. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran II (Kelas 3 & 4) Menemukan Informasi

a. Mengakses dan Mencari Informasi Dalam Teks

1. Uraian (Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa membuat kita menjadi mudah marah dan tidak fokus dalam belajar. Kurang tidur juga akan membuat kita mudah lupa.
Lingkaran hitam di bawah mata (biasa disebut mata panda) bisa timbul pada orang yang kurang tidur.
Jam tidur manusia berbeda-beda. Anak kecil tidur lebih lama daripada orang dewasa.
Salah satu cara agar tidur pulas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur.

Pertanyaan : Apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda?
Jawab : Mata terlihat seperti mata panda karena kurang tidur.

II. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran II (Kelas 3 & 4) Memahami 

a. Memahami Teks Secara Literal

1. Uraian (Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).

Kuda Laut

Kuda laut merupakan hewan laut yang memiliki kepala seperti bentuk kepala kuda dan moncong yang panjang. Ukuran tubuh kuda laut juga bervariasi, bisa mencapai sekitar 35 cm. Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat. Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horizontal seperti ikan lainnya. Selain keunikan pada tubuhnya, kuda laut juga ternyata memiliki cara berkembang biak yang unik.


Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung yang terletak di perut kuda laut jantan. Kuda laut jantan juga membawa telur-telur itu kemanapun ia pergi. Setelah beberapa lama, tibalah waktunya melahirkan. Kuda laut jantan membuka kantung di perutnya, kemudian ratusan bayi kuda laut berhamburan ke laut. Sayangnya, dalam ratusan kelahiran bayi, hanya beberapa saja dapat bertahan hidup hingga dewasa dan berkembang biak. Populasi kuda laut terus menurun akibat pemangsa, polusi, perusakan habitat, dan perdagangan secara ilegal.

Pertanyaan : Menurut kamu, apakah gambar kuda laut dalam bacaan sesuai dengan uraian dalam bacaan? Mengapa?
Jawaban : Tidak, karena Bentuk kepala, moncong, dan tubuh pada gambar sesuai dengan bacaan. Namun, gambar tidak menunjukkan kuda laut yang ada di laut sehingga tidak bisa terlihat cara berenangnya.

b. Menyusun Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi Baik Teks Tunggal Maupun Teks Jamak

1. Pilihan Ganda Kompleks (Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya).

Senam Poco-Poco


Tina sudah siap hari ini. Di sekolahnya akan ada lomba senam poco-poco. Bapak Guru sudah mengajarkan senam ini kepada Tina dan teman-temannya. Pada awalnya, senam poco-poco biasa dilakukan oleh tentara dan polisi setiap pagi.
Senam poco-poco tidak susah. Tina sudah berlatih bersama teman-temannya. Semua sudah menghafal gerakannya.
Tina harus melangkah ke kanan, lalu kembali lagi ke kiri. Setelah itu, Tina harus melangkah ke belakang dan kembali lagi ke depan.
Tina senang bisa ikut lomba senam poco-poco. Senam poco-poco dilakukan oleh beberapa orang secara bersama-sama.

Pertanyaan : Selain tubuh yang sehat dan bugar, apa manfaat senam yang dilakukan secara bersama-sama? Pilih jawaban (Sesuai/Tidak) pada pernyataan dibawah ini berdasarkan cerita diatas
  • Menjaga kekompakan antarteman.
  • Membuat hati riang gembira.
  • Menjadi lebih bersemangat.
  • Menambah pintar dan cerdas.
Jawaban : Sesuai, Sesuai, Sesuai, Tidak


2. Pilihan Ganda Kompleks (Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).

Teks 1

Indonesia adalah negara penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia. Kira-kira per tahun 300 kg makanan dibuang oleh setiap orang di Indonesia. Bayangkan tumpukan 4000 kulit pisang. Seperti itu timbunan sampah makanan kita. Jumlah makanan yang terbuang itu bisa untuk memberi makan jutaan orang di negara ini. Padahal, masih ada berjuta anak Indonesia yang menderita kelaparan dan gizi buruk. Salah satu sebab adanya limbah makanan adalah perilaku kurang bijak. Masih banyak orang Indonesia yang tidak menghabiskan makanannya atau membiarkan makanan hingga kadaluarsa. Kita harus mengubah sikap.

Teks 2


  • Pilih salah satu jawaban (Sesuai/Tidak) pada pernyataan yang berkaitan dengan isi bacaan di atas!
  • Jika kamu sering tidak menghabiskan makananmu, kamu ikut meningkatkan kelaparan masyarakat .
  • Jika kamu menyimpan makanan secara benar, kamu ikut membantu menurunkan gizi buruk anak Indonesia.
  • Jika kamu menghabiskan makananmu, kamu membuat anak Indonesia kekurangan makanan. 
  • Menumpuk 4.000 kulit pisang  bertentangan dengan prinsip masak seperlunya.
  • Membuat hiasan dinding dari kulit pisang kering contoh perbuatan hidup tertib.
Jawab : 

III. Soal AKM Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran II (Kelas 3 & 4) Mengevaluasi dan Merefleksi

a. Menilai Format Penyajian Dalam Teks

1. Uraian (Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya).

Makna di Balik Warna-Warni Tempat Sampah


Berdasarkan warnanya, ada lima jenis tempat sampah yang memiliki fungsi berbeda. Apa saja, ya?

Tempat Sampah Warna Hijau 
Tempat sampah berwarna hijau digunakan untuk sampah organik. Contohnya: sisa makanan, dedaunan, sisa sayuran, kulit buah, daging, atau benda yang mudah terurai.

Tempat Sampah Warna Kuning
Tempat sampah warna kuning digunakan untuk jenis sampah bukan organik. Contohnya: plastik, botol air minum, ember, dan sebagainya.

Tempat Sampah Warna Merah 
Tempat sampah warna merah digunakan untuk mengumpulkan barang berbahaya beracun (B3). Contohnya: deterjen, barang kimia, cairan pembersih lantai, obat, dan sejenisnya.

Tempat Sampah Warna Biru
Tempat sampah berwarna biru ini khusus untuk menampung sampah kertas. Contohnya: majalah bekas, koran, atau kardus.

Tempat Sampah Warna Abu-abu
Tempat sampah warna abu-abu ini digunakan khusus untuk sampah yang tidak bisa terurai dan tidak bisa didaur ulang. Contohnya: popok bayi dan permen karet.

Perhatikan gambar pada teks!
Tuliskan satu hal yang membuat gambar tersebut tidak sesuai dengan isi teks!
Jawab : Jumlah atau Warna

b. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

1. Uraian (Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya).

Kolibri

Kolibri adalah burung terkecil di dunia dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air.

Jenis kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa. Ada juga jenis lain yang akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu, lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut. Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang. Hal tersebut dikarenakan biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudian berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain. Selain madu dan nektar ada makanan alternatif yang bisa diberikan ke burung kolibri yaitu ulat dan kroto (telur semut). Susu kental manis merek apa saja juga bisa dijadikan sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri.

Kaki-kaki kolibri amat kecil sehingga ia tidak dapat berjalan atau melompat. Ia harus terbang untuk bepergian ke mana pun. Ketika terbang, burung kolibri mengepakkan sayapnya begitu cepat. Hal tersebut menimbulkan bunyi mendesing. Untuk tempat tinggal, kolibri membangun sarang dari ranting, lumut, dan jaring laba-laba.

Menurutmu, apakah kolibri dapat kamu pelihara di rumahmu?
Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!

Jawab : 

Source : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Demikian informasi tentang Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 3 & $ SD Beserta Jawaban yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 3 & $ SD Beserta Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel