Contoh Soal AKM Numerasi Kelas VIII SMP Beserta Jawaban

Contoh Soal AKM Beserta Jawaban - Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh Peserta Didik untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat tiga jenis soal AKM untuk level pembelajaran yaitu Numerasi, Literasi serta Literasi Teks Informasi, dimana dari ketiga komponen tersebut dapat di Implikasikan pada Pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membantu membagikan Contoh Soal AKM Numerasi Kelas VIII SMP Beserta Jawaban untuk Level Pembelajaran yang diambil dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan harapan untuk mempermudah bagi Guru, Peserta Didik ataupun Orang Tua dalam mencari dan menjadikan sebagai referensi tambahan untuk proses belajar dan mengajar. Ada empat pokok materi pembelajaran dalam pembahasan contoh soal AKM ini yaitu Geometri, Pengukuran serta Aljabar dan Data & Ketidakpastian.

I. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran IV (Kelas VIII) Geometri & Pengukuran

Bangun Geometri

1. Uraian (Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan Teorema Pythagoras.

Jembatan rangka baja adalah struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. 


Tipe jembatan rangka batang ini memiliki jumlah yang banyak, karena banyak para ahli yang mengembangkan ide-ide untuk jembatan rangka batang. Di antaranya sebagai berikut:

A. Tipe Pratt (Pratt Truss). Jembatan ini memiliki elemen diagonal yang mengarah ke bawah dan bertemu pada titik tengah batang jembatan bagian bawah.

B. Tipe Howe (Howe Truss). Jembatan ini kebalikan dari tipe Pratt dengan elemen diagonalnya mengarah ke atas dan menerima tekanan sedangkan batang vertikalnya menerima tegangan.

C. Tipe Warren (Warren Truss). Jembatan rangka batang tipe warren ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya yang membentuk segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami gaya tegangan (tension).


Berdasarkan ketiga tipe jembatan rangka baja tersebut, berikan kesimpulan tentang panjang rangka baja yang dibutuhkan untuk satu sisi jembatan sebuah sungai! (Asumsi jarak antar 2 titik tumpu jembatan pada gambar di atas sama panjang dan tinggi jembatan sama tinggi).
Jawab : panjang rangka baja yang dibutuhkan akan sama untuk semua tipe jembatan

2. Pilihan Ganda (Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya)).

Cara Akurat dan Mudah Untuk Menghitung Kebutuhan Air Untuk Tubuh Kita

Jumlah air yang kita minum per harinya bervariasi, berbeda setiap individu. Nah, ini salah satu cara untuk menghitung kebutuhan air tubuh kita bersumber dari India Times. 

Langkah 1: Ukur berat badan Anda dalam kilogram
Langkah 2: Bagilah dengan angka 30
Langkah 3: Tambahkan lebih banyak air untuk aktivitas fisik

Jika berolahraga, Anda mungkin kehilangan banyak air melalui keringat. Tambahkan 0,35 liter (350 ml) setiap setengah jam setelah latihan. 

Jadi, jika berolahraga selama satu jam setiap hari, tambahkan 0,7 liter (700 ml) air ke dalam kebutuhan harian Anda.

Santi ingin mengetahui kebutuhan airnya dalam satu hari. Santi kemudian mengukur berat badannya dan didapat hasil sebagai berikut:


Jika hari itu Santi berolahraga selama 60 menit, jumlah air yang dibutuhkan Santi saat itu adalah ….
A. 1,8 liter
B. 2,1 liter
C. 2,3 liter
D. 2,5 liter
Jawab : D

II. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran IV (Kelas VIII) Aljabar

a. Persamaan dan Pertaksamaan

1. Pilihan Ganda (Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel.

Masyarakat sudah dimudahkan dengan tersedianya berbagai layanan angkutan seperti KRL (Kereta Rel Listrik), MRT Jakarta (Moda Raya Terpadu Jakarta), maupun transportasi online. Biaya yang ditarifkan menyesuaikan dengan jarak yang ditempuh pengguna layanan. Melalui mesin pencarian maps, seseorang dapat melihat berbagai pilihan untuk menuju suatu tempat. Seperti tabel di bawah ini.


Tarif KRL untuk 1-25 km pertama adalah Rp3.000,00 dan + Rp1.000,00 tiap 10 km berikutnya.


Adi akan melakukan perjalanan dari Rawa Buntu menuju Fatmawati. Ada berapa pilihan perjalanan yang berbeda yang bisa diambil Adi dengan menggunakan informasi di tabel? 
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
Jawab : C

b. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

1. Uraian (Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek).

Gedung Pertunjukan

Dalam suatu gedung pertunjukan terdapat 9 baris kursi. Pada baris pertama terdapat 8 kursi, baris kedua 12 kursi, baris ketiga 11 kursi, baris keempat 15 kursi, baris kelima 14 kursi, dan seterusnya mengikuti pola yang sama.


Berapa banyak kursi pada baris paling belakang?
Jawab : 20. pola bilangan tingkat 2 dengan selisih +3 sehingga dapat dihitung secara manual dengan barisan ke 9 kursi yaitu 20.

2. Uraian (Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya).

Ani sedang mengisi daya ponsel miliknya. Berikut merupakan grafik kapasitas baterai (persen) vs waktu (menit) dari pengisian ponsel milik Ani.


Berapa persentase kapasitas ponsel yang tersisa saat pengisian dimulai?
Jawab : 0,4.

c. Rasio dan Proporsi

1. Uraian (Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase).


Halaman belakang sebuah rumah akan dibuat taman. Pengerjaan taman tersebut memerlukan waktu 12 hari dengan 4 orang pekerja. Agar pekerjaan taman dapat diselesaikan selama 8 hari, berapa orang tambahan pekerja yang diperlukan?

Jawab : 2 orang. Perbandingan berbalik nilai. 12 hari dikerjakan 4 orang, maka untuk 8 hari. 12 : 8 = x : 4 ------ x = 6. Sehingga membutuhkan tambahan 2 orang.

III. Soal AKM Numerasi Level Pembelajaran IV (Kelas VIII) Data dan Ketidakpastian

a. Data dan Representasinya

1. Pilihan Ganda (Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus).

Covid-19 Merambah ASEAN


Sejak Januari 2020, sejenis virus menimbulkan kegaduhan di Provinsi Wuhan Cina. Kemudian menyebar ke banyak negara. Diagram berikut merupakan data penderita yang sembuh dari wabah Covid-19 di beberapa negara ASEAN. Urutan negara-negara tersebut berdasarkan banyak penderita yang sembuh dilanjutkan dengan abjad nama negara secara meningkat adalah .... 

A. Brunei, Filipina, Indonesia, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Vietnam.
B. Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, Filipina, Kamboja, Brunei, Thailand.
C. Thailand, Brunei, Kamboja, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura.
D. Thailand, Kamboja, Brunei, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura.
Jawab : C

b. Ketidakpastian dan Peluang

1. Pilihan Ganda (Menghitung peluang kejadian sederhana).

Gambar berikut merupakan sebuah roda putar yang dibagi menjadi 24 bagian.


Pada sebuah acara, seorang tamu memutar panah yang dapat berhenti di sembarang bagian roda.  Apabila terdapat 7/24 bagian berwarna biru, 1/8 bagian ungu, 5/12 bagian kuning, dan sisanya berwarna  merah, maka peluang yang paling kecil yang ditunjukkan warna panah adalah...
A. biru
B. ungu
C. merah
D. kuning
Jawab : B

Source : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Demikian informasi tentang Contoh Soal AKM Numerasi Kelas VIII SMP Beserta Jawaban yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal AKM Numerasi Kelas VIII SMP Beserta Jawaban "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel