Contoh Soal Rilis Ujian Nasional Mapel Biologi Tahun 2019 Jenjang SMA / MA (IPA)

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membagikan contoh soal rilis Ujian Nasional mata pelajaran Kimia beserta penjelasannya Tahun 2019 untuk Jenjang SMA / MA jurusan IPA, berikut penjelasannya :

Dikutip dari laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ bahwa lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran Biologi adalah 
(1) Keanekaragaman Hayati dan Ekologi
(2) Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
(3) Biomolekuler dan Bioteknologi
(4) Genetika dan Evolusi
Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.

Contoh Soal


A. Keanekaragaman Makhluk Hidup

Soal 1

Perhatikan gambar mikroorganisme berikut!
Mikroorganisme tersebut dikelompokkan dalam kelompok yang sama. Hubungan yang tepat antara kelompok, tingkat takson, dan dasar pengelompokan mikroorganisme tersebut adalah .…

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :
Soal ini mengukur kemampuan dalam menguasai materi dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup dengan level kognitif aplikasi. Pada soal disajikan gambar dua mikroorganisme dari satu kelompok. Siswa diminta menentukan kelompok, tingkat takson, dan dasar pengelompokan kedua organisme tersebut. Kedua mikroorganisme tersebut merupakan protozoa yang memiliki peran sangat besar dalam kehidupan sehingga siswa harus menguasai materi ini. Berdasarkan alat geraknya, protozoa dibagi menjadi empat kelompok, yaitu ciliata, flagelata, rhizopoda, dan sporozoa.
Sebanyak 48% siswa dapat menjawab soal ini dengan benar yang menunjukkan tingkat kesukaran sedang. Sementara itu, 44% siswa memberikan jawaban yang menyebar relatif merata di antara pengecoh.


B. Pertumbuhan dan Perkembangan

Soal 2

Berikut adalah hasil percobaan tanaman jagung dengan usia 7 hari yang sama-sama diletakkan di tempat terang:
Jika percobaan tersebut dilanjutkan dengan meletakkan tanaman di tempat gelap dan diberi auksin, bagaimana pertumbuhannya pada hari ke-19?
A. Sama dengan perlakuan II.
B. Sama dengan perlakuan I.
C. Lebih rendah dari perlakuan II.
D. Lebih tinggi dari perlakuan II.
E. Lebih rendah dari perlakuan I.

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :
Soal tersebut mengukur penguasaan konsep percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan level kognitif penalaran. Materi ini masuk dalam lingkup materi struktur dan fungsi makhluk hidup. Siswa harus menguasai konsep faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan, dalam hal ini faktor yang ditanyakan adalah auksin yang merupakan hormon yang berfungsi mempercepat pertumbuhan, tetapi kerja hormon auksin dihambat oleh cahaya matahari. Siswa harus memahami sifat dari hormon auksin agar dapat menjawab soal ini dengan benar.
Sebanyak 48% siswa dapat menjawab soal ini dengan benar yang menunjukkan bahwa soal ini memiliki tingkat kesukaran sedang. Sebanyak 25% siswa memilih pengecoh C yang
menunjukkan bahwa mereka tidak memahami bahwa hormon akan bekerja lebih baik tanpa ada cahaya. Sementara siswa lainnya tidak dapat membedakan mekanisme kerja auksin di tempat terang maupun gelap.


C. Transpor Membran

Soal 3

Perhatikan gambar hasil praktikum peserta didik tentang transpor pasif pada sel tumbuhan berikut!
B adalah sel sebelum diberi perlakuan. A dan C adalah sel yang mendapat perlakuan perendaman pada larutan yang berbeda konsentrasi selama 5 menit.
Penjelasan terhadap peristiwa yang terjadi adalah ….
A. A mengalami plasmolisis karena berada dalam larutan hipertonis sehingga cairan sel berosmosis ke luar sel
B. A mengalami krenasi karena berada dalam larutan hipotonis sehingga cairan sel berosmosis ke luar sel
C. C mengalami turgid karena berada dalam larutan hipertonis sehingga cairan sel berosmosis ke luar sel
D. C mengalami plasmolisis karena berada dalam larutan hipertonis sehingga cairan sel berosmosis ke dalam sel
E. A mengalami turgid karena berada dalam larutan hipotonis sehingga cairan sel berosmosis ke luar sel

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :
Soal ini mengukur penguasaan materi percobaan transpor membran yang masuk dalam lingkup materi biomolekuler dan bioteknologi dengan level kognitif penalaran. Untuk dapat menjawab soal ini dengan benar, siswa harus menguasai konsep transpor membran yang meliputi plasmolisis, osmosis, larutan hipertonis, dan krenasi. Soal ini meskipun merupakan soal rutin, ternyata hanya sebanyak 36% siswa dapat menjawab dengan benar. Soal ini cenderung sukar.
Sementara sebanyak 64% siswa memilih pengecoh dengan penyebaran yang relatif merata. Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa perlu menambah pemahaman tentang konsep transpor membran, terutama melalui percobaan atau praktikum.


D. Hereditas Pada Manusia

Soal 4

Berikut ini diagram pewarisan
gen buta warna pada manusia:

Kasus yang pewarisannya sama dengan pola pewarisan gen di atas adalah ....
A. albino, dari gen resesif ayah dan ibunya
B. thalassemia, dari gen dominan ayah dan ibunya
C. bisu tuli, dari interaksi antara gen ayah dan ibunya
D. hipertrichosis, dari gen yang terpaut pada kromosom Y
E. hemofili, dari gen yang terpaut pada kromoson X

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :
Soal ini mengukur penguasaan materi hereditas pada manusia dalam lingkup materi genetika dan evolusi dengan level kognitif aplikasi. Siswa harus menguasai konsep gen, kromosom, dan pautan. Pada soal ini disajikan diagram pewarisan gen dengan sifat buta warna pada manusia yang terpaut pada kromosom X. Siswa walaupun tidak mengenal penyakit buta warna, tetapi dengan mengamati diagram pewarisan gen tersebut, sudah dapat memahami bahwa gen tersebut terpaut X. Hal ini sudah dapat terlihat pada F1. Pertanyaan pada soal ini berkaitan dengan penyakit menurun lain yang memiliki pola hereditas sama atau setipe.
Sebanyak 40% siswa dapat menjawab soal ini dengan benar. Tingkat kesukaran soal ini bisa dikatakan sedang. Persentase siswa yang menjawab pengecoh B, C, dan D relatif sama, tetapi sebanyak 29 siswa memilih jawaban A, sifat albino diturunkan dari gen resesif ayah dan ibu, tetapi tidak memiliki pola pewarisan yang sama dengan buta warna.

Demikian contoh soal yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Rilis Ujian Nasional Mapel Biologi Tahun 2019 Jenjang SMA / MA (IPA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel