Gagal Unduh Prefil "Data Akun Operator Belum Terdaftar" Dapodik 2022

Data Akun Operator Belum Terdaftar, Silahkan Menghubungi Dinas - Setiap kali rilis Aplikasi Dapodik dengan versi baru, bukan hanya perubahan dan pembaruan sistem, tetapi juga banyak kejutan yang terkadang membuat galau teman-teman Operator Sekolah.

Salah satu kejutanya adalah Operator Sekolah gagal Mengunduh Prefill dengan keterangan "Data Akun Operator Belum Terdaftar, Silahkan Menghubungi Dinas". Tidak sedikit Operator Sekolah mengalami hal tersebut, meskipun pada versi sebelumnya yaitu Dapodik Versi 2021.e tidak menemukan kendala yang berarti.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan beberapa tips Cara Mengatasi Gagal Generate Prefill Pada Dapodik Versi 2022.




Tips Mengatasi Gagal Generate Prefill Dapodik Versi 2022 Dengan Keterangan "Data Akun Operator Belum Terdaftar, Silahkan Menghubungi Dinas"



Masalah tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
  1. Koneksi internet tidak stabil.
  2. Berhasil generate prefill tapi datanya tidak lengkap.
  3. Terkena Cleanshing.

Dari beberapa faktor diatas, tentunya cara mengatasinya berbeda-beda. Berikut ini merupakan tips yang bisa dicoba oleh teman-teman Operator Sekolah apabila mengalami kendala diatas antara lain :

1. Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil. Pada point ini sangat berpengaruh, mengapa demikian? Koneksi internet yang tidak stabil akan menyebabkan gagalnya generate prefill. Selain itu, meskipun berhasil, ada kemungkinan data yang ada didalamnya tidak lengkap.

2. Ada beberapa teman Operator Sekolah yang mengalami kendala diatas dan berhasil menanganinya hanya dengan reload / refresh browser atau hard refresh browser dengan cara tekan tombol CTRL + F5 pada keyboard. Upayakan juga lakukan Clear All History Browser secara berkala.

3. Tips ketiga adalah dengan mencoba dengan menghapus / uninstall Aplikasi Dapodik Versi 2022 dan lakukan instal kembali.

4. Jika dari ke tiga tips diatas tidak berhasil, berarti akun Dapodik tersebut telah terkena Cleanshing. Satu-satunya solusi adalah berkomunikasi dengan Admin Dinas Pendidikan setempat.

Karena Pandemi Covid-19 dibeberapa Kabupaten / Provinsi yang masih tinggi, maka pelayanan konsultasi dilakukan secara daring, ada pula yang dilakukan secara tatap muka. Hal tersebut menjadi kewenangan setiap Kabupaten / Provinsi.

Untuk menangani kasus tersebut, Ada Kabupaten yang menanganinya hanya dengan menginstruksikan Satuan Pendidikan untuk mengirimkan data NPSN, Email Dapodik, Password dan Kode Registrasi.

Tetapi ada juga yang harus menyiapkan dokumen secara lengkap, diataranya :
  • Surat Tugas
  • SK Operator Dapodik
  • Surat Permohonan Kepala Sekolah

Sinau-Thewe.com membahas secara lengkap tentang Aplikasi Dapodik Versi 2022, klik tautan berikut :


Demikian informasi tentang Gagal Unduh Prefil "Data Akun Operator Belum Terdaftar" Dapodik 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gagal Unduh Prefil "Data Akun Operator Belum Terdaftar" Dapodik 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel