Cara Sinkron Dapodik Versi 2022

Langkah-Langkah Sinkron Dapodik PAUDDIKDASMEN Versi 2022 - Terdapat dua istilah penting yang berhubungan Dapodik terkait dengan pengiriman data yaitu Tarik Data dan Sinkronisasi. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Bagaimana Caranya Melakukan Sinkronisasi Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022, kita pahami terlebih dahulu dua istilah tersebut.


Apa sih Bedanya Tarik Data dan Sinkronisasi?



Tarik Data adalah proses pengambilan data satu arah. Dengan kata lain, Aplikasi Dapodik akan mengambil data yang ada di database server Kemdikbud dan menyimpan ke database Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer atau laptop dan tanpa mengirim data ke server Kemdikbud.

Proses Tarik data ini dapat dilakukan meskipun masih terdapat data yang invalid di Dapodik dan terhubung dengan internet. Contoh proses Tarik Data misalnya telah memperbaiki identitas Peserta Didik di VervalPD maupun mengajukan NUPTK di VervalPTK.

Sedangkan Sinkronisasi adalah proses pengambilan data dua arah. Dengan kata lain, proses Sinkronisasi akan mengambil data dari database Kemdikbud ke Aplikasi Dapodik dan sekaligus mengirim perubahan data yang terjadi di Aplikasi Dapodik ke server Kemdikbud.

Proses Sinkronisasi ini dapat dilakukan apabila seluruh data di Dapodik tidak ada yang Invalid. Data tersebut dimulai dari data Sarana Prasarana, Peserta Didik, GTK, Pembelajaran dan lain sebagainya.


Langkah-Langkah Sinkronisasi Dapodik Versi 2022



Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa proses Sinkronsisasi dapat dilakukan apabila tidak ada data yang invalid, tetapi apabila masih terdapat data yang invalid, teman-teman Operator Sekolah tidak akan dapat melakukan sinkronisasi dan wajib menyelesaikan data invalid tersebut terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah sinkronisasi :



  1. Silahkan buka dan login di Aplikasi Dapodik Versi 2022.
  2. Kemudian klik menu Validasi dan pilih Validasi Lokal.
  3. Klik seluruh tabulasi data, muli dari Tab Sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombongan Belajar dan Jadwal, Pembelajaran, Nilai dan Referensi.
  4. Kemudian klik menu Pengaturan.
  5. Klik tombol Tukar Akses Pengguna dan masukan Kode Registrasi Sekolah.
  6. Klik tombol Ok.
  7. Cari dan pilih akun Kepala Sekolah.
  8. Setelah itu klik tombol Tukar Pengguna.
  9. Lalu, klik menu Validasi dan klik Validasi Lokal kembali pada seluruh Tabulasi data.
  10. Setelah itu klik menu Sinkronisasi dan akan keluar Informasi, klik tombol Ya.
  11. Akan muncul Lembar Konfirmasi Sinkronisasi, centang pada seluruh isian data.
  12. Setelah dicentang, kemudian klik tombol Konfirmasi Isian Dapodik.
  13. Lalu klik tombol Lanjut Sinkronisasi pada Persetujuan Pengiriman Data.
  14. Dan akan keluar tampilan seperti gambar diatas. Pastikan status koneksi internet "Terhubung", kemudian klik tombol Sinkronisasi.
  15. Tunggu sampai proses sinkron selesai.

Sinau-Thewe.com membahas secara lengkap tentang Aplikasi Dapodik Versi 2022, klik tautan berikut :


Demikian informasi tentang Cara Sinkron Dapodik Versi 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Sinkron Dapodik Versi 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel