Kepala Sekolah / PLT Belum Dipilih Dapodik Versi 2022

Cara Mengatasi Kepala Sekolah atau PLT Belum Dipilih pada Aplikasi Dapodik Versi 2022 - Setelah Operator Sekolah berhasil melakukan Install Aplikasi Dapodik Versi 2022 kemudian dilanjutkan dengan melakukan Registrasi Offline atau Online, Operator Sekolah dapat melanjutkan dengan login / masuk ke Aplikasi Dapodik Versi 2022.

Tetapi jangan kaget apabila pada halaman beranda Aplikasi Dapodik Versi 2022 muncul keterangan bahwa "Kepsek / PLT belum dipilih". Nah, untuk mengatasi hal tersebut, caranya sangat sederhana dan sangat mudah.

Bagaimana caranya?

Sebelum kita membahas Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Kepsek / PLT Belum Dipilih, sebaiknya kita telusuri terlebih dahulu sumber permasalahannya. Apakah Kepala Sekolah pada Satuan Pendidikan berganti? Jika iya, sebaiknya pergantian data Kepala Sekolah sesuai dengan prosedur yang ada yaitu melalui Dinas Pendidikan setempat.

Tetapi apabila data Kepala Sekolah masih menggunakan data lama, artinya tidak ada pergantian Kepala Sekolah tetapi tetap muncul keterangan seperti diatas, maka solusinya cuma satu yaitu dengan melakukan Tarik Data. Bagaimana Cara Melakukan Tarik Data Dapodik Versi 2022? Yuk simak langkah-langkahnya :


Solusi Kepala Sekolah / PLT Belum Dipilih Dapodik Versi 2022



Berikut ini merupakan rincian langkah-langkah mengatasi Kepala Sekolah / PLT belum dipilih:
  • Silahkan buka dan login terlebih dahulu pada Aplikasi Dapodik Versi 2022.
  • Setelah berhasil login, maka akan muncul halaman dengan keterangan seperti gambar berikut:


  • Kemudian klik menu Tarik Data.
  • Setelah itu lakukan validasi lokal pada data Sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombongan Belajar & Jadwal, Nilai serta Referensi.
  • Selanjutnya klik menu Tarik Data kembali dan akan keluar informasi seperti gambar berikut :


  • Klik tombol Ya untuk melanjutkan proses Tarik Data dan akan keluar tampilan seperti gambar berikut :


  • Klik tombol Tarik Data.
  • Jika proses tarik data sudah selesai, silahkan reload browser-nya.
  • Silahkan cek data Kepala Sekolah / PLT di halaman Beranda.
  • Selesai.

Catatan Perlu diketahui bahwa untuk saat ini proses pengiriman data dibagi menjadi 2 bagian :
  1. Tarik Data adalah proses satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang ada di server saja. Proses ini tidak mengirimkan data yang mengalami perubahan dilokal ke server.
  2. Sinkronisasi adalah proses dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan diserver dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan dilokal ke server.

Sinau-Thewe.com membahas secara lengkap tentang Aplikasi Dapodik Versi 2022, klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Kepala Sekolah / PLT Belum Dipilih Dapodik Versi 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Kepala Sekolah / PLT Belum Dipilih Dapodik Versi 2022"

  1. bagaimana jika kepala sekolah tidak ada sama sekali di dapodik, di sp data, dan di verval ptk di nyatakan tidak aktif

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel