Kuis Aktivitas 1 Berbagi Pengalaman "Desain Universal untuk Pembelajaran"

Quis Berbagi Pengalaman Guru Belajar Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif - Setelah Bapak / Ibu menyelesaikan Pre-TestTahap berikutnya adalah Bapak / Ibu akan diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi dalam hal keberagaman Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di dalam kelas melalui sebuah Quis. 

Dalam setting pendidikan inklusif, guru dihadapkan pada keragaman peserta didik baik dalam potensi, tantangan maupun kebutuhannya. Hal ini tentu saja dapat menjadi stimulus yang positif bagi guru untuk terus mengembangkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman di kelasnya.

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI).

Materi pada modul ini membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. Peserta pun akan belajar melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan potensi dan tantangan sekolah serta menganalisisnya guna mendukung implementasi UDL sesuai dengan pembelajaran di sekolah masing-masing.




Quis Berbagi Pengalaman – Desain Universal untuk Pembelajaran



Kita percaya bahwa setiap anak adalah unik, karenanya dalam setiap kelas dimana Anda mengajar tentu akan menemukan keberagaman, baik dalam kemampuan maupun gaya belajarnya.

Yuk bagikan pengalaman Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Coba ceritakan bagaimana keragaman peserta didik yang terdapat di kelas Anda!
Jawab :
“Selain dari karakter, keragaman Peserta Didik dapat di lihat dari cara mereka bertingkah laku, berbicara, bertatap muka, kemajuan belajar dan lain sebagainya. Pembelajaran didalam kelas akan bermakna apabila seorang Pendidik mampu mengolah berbagai keragaman yang dimiliki oleh Peserta Didik ke dalam pembelajaran yang menarik. Bukan bagaimana caranya seorang Pendidik mengendalikan keragaman Peserta Didik. Disini, faktor Pendidik sangat penting pengaruhnya terhadap perkembangan positif yang didasari oleh beragam kemampuan Peserta Didik.”

2. Apakah di kelas Anda terdapat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Jika ada tuliskan ada berapa, dan hambatan apa yang mereka miliki!
Jawab : 
Dikelas saya tidak ada Peserta Didik berkebutuhan khusus / PDBK, meskipun demikian kesulitan-kesulitan yang dihadapi bukan berarti lebih sedikit. Justru sebaliknya, tidak adanya siswa berkebutuhan khusus membuat saya merasa lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan positif peserta didik.

3. Coba ceritakan bagaimana Anda mengelola pembelajaran selama ini untuk mengakomodir keberagaman tersebut, termasuk jika terdapat PDBK di kelas, dan jelaskan apa yang menjadi tantangannya!
Jawab : 
Dalam mengelola pembelajaran, saya mengidentifikasi peserta didik dengan memperbanyak diskusi atau tanya jawab. Dari kegiatan itu, saya mengetahui kekurangan dan kelebihan peserta didik. Memberikan waktu lebih banyak untuk membimbing peserta didik yang memiliki kekurangan dalam pembelajaran ataupun diluar pembelajaran akan memberikan efek positif terutama dari segi sosial dan emosional. Cara tersebut menurut saya sangat efektif untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

Catatan : Tanggapan ini akan diberikan poin penuh secara otomatis, tetapi dapat ditinjau dan disesuaikan setelah diserahkan.


Kuis Aktivitas 1 – Desain Universal



Perhatikan dua desain tangga di bawah ini :

Lalu jawablah pertanyaan berikut!
1. Jelaskan menurut Anda, apa perbedaan tangga A dan tangga B dari segi desainnya?
Jawab : Pada Tangga A hanya memiliki satu desain saja, meskipun demikian desain tangga tersebut memisahkan bagian untuk naik dan turun. Sedangkan pada Tangga B memiliki dua desain yang berbeda, dimana pengguna dapat memilih jenis tangga mana yang cocok untuk naik dan turun sesuai keinginan.


2. Jelaskan menurut Anda, kondisi orang seperti apa yang akan sulit menggunakan tangga A?
Jawab : Seseorang yang memiliki kekurangan fisik terutama pada bagian kaki akan sulit bertumpu pada tangga jenis A.


3.Menurut Anda desain tangga mana yang lebih universal, dan jelaskan mengapa?
Jawab : Tangga yang memiliki fungsi Universal adalah tangga dengan desain B. Mengapa demikian? Tangga yang memiliki Desain B dapat membantu PDBK dengan berbagai kekurangan. Sedangkan tangga Desain B hanya khusus untuk Peserta Didik tertentu.


4. Menurut Anda apa manfaat dari desain universal ketika digunakan untuk merancang sebuah bangunan?
Jawab : Desain universal memungkinkan untuk memberikan bantuan yang lebih fleksibel berdasarkan ragam kebutuhan.


5. Menurut Anda apa saja yang harus dipertimbangkan oleh seorang desainer untuk merancang sebuah bangunan berdesain?
Jawab : Seorang desainer harus mempertimbangkan kebutuhan pengguna bangunan tersebut, dengan cara itu desainer akan dapat mengakomodasi tantangan ataupun kebutuhan.


6. Sebuah bangunan sebaiknya di desain agar semua orang mudah untuk memanfatkannya.
A. Betul
B. Salah


7. Sebuah desain suatu lingkungan supaya dapat diakses, dipahami, dan digunakan semaksimal mungkin oleh semua orang tanpa memandang usia, ukuran, kemampuan, atau kecacatannya disebut desain universal.
A. Betul
B. Salah


8. Sebuah desain universal harus memenuhi tiga prinsip berikut yaitu usable, accessible dan inclusive.
A. Betul
B. Salah


9. Bangunan yang didesain dengan prinsip desain universal tidak efisien karena membutuhkan perencanaan yang lebih lama.
A. Betul
B. Salah


10. Konsep desain universal dalam bidang asitektur dapat diimplementasikan juga dalam pembelajaran.
A. Betul
B. Salah


Sinau-Thewe.com menyediakan Soal & Jawaban Guru Belajar Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (PPSPPI), klik tautan berikut :
B. Desain Universal untuk Pembelajaran
C. Profil Belajar Siswa
D. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
E. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
F. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif


Demikian informasi tentang Kuis Aktivitas 1 Berbagi Pengalaman "Desain Universal untuk Pembelajaran" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kuis Aktivitas 1 Berbagi Pengalaman "Desain Universal untuk Pembelajaran""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel